loading...

Seo On Page Dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Meningkatkan Secara Optimal Seo Pada Blog

Panduan cara meningkatkan secara optimal SEO bekerjsama telah banyak di internet, tetapi terkadang malah membingungkan bagi para blogger. Buktinya bagaimana performa blog anda dikala ini ? Sudahkah mendapat hasil yang memuaskan?

Jika blog anda masih belum mencapai sasaran yang anda inginkan, mungkin anda belum melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO (Search Engine Optimization) yang benar untuk meningkatkan peringkat blog anda. Jangan biarkan kegiatan blogging anda berlalu tanpa menghasilkan kesuksesan yang lebih dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Seorang blogger pasti tidak aneh dengan istilah SEO. Bahkan ada yang menyampaikan SEO ialah ilmu yang wajib dikuasai oleh para blogger jikalau ingin sukses dalam dunia blogging. Ya, blog harus SEO Friendly untuk meningkatkan peringkat blog di mesin pencari.

Tapi bagaimana caranya supaya blog kita menjadi SEO Friendly ?

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut kita pahami dulu, apakah SEO untuk blog itu ?

Secara singkat, SEO (search engine optimization) untuk blog ialah teknik meningkatkan secara optimal yang dipakai untuk meningkatkan peringkat sebuah blog dimata mesin pencari (search engine). Semakin tinggi peringkat blog dimata mesin pencari, maka semakin besar peluang mendapat trafik pengunjung.

Saat ini mesin pencari khususnya Google Search Engine melihat kinerja sebuah blog dari dua elemen yaitu konten dan blog itu sendiri.

Dengan pembaruan algoritma Google dikala ini, mesin pencari paling terkenal ini semakin cendekia daripada sebelumnya. Dulu, kita sanggup memakai jurus pura-pura (blackhat) SEO untuk meraih pageone di mesin pencari. Tetapi kini hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan lagi alasannya Google lebih mementingkan user experience dan user engagement.

Kaprikornus dari segi konten anda harus membuat artikel berkualitas yang bermanfaat dan memperlihatkan pengalaman yang berkhasiat bagi pembaca.

Mau artikel anda disukai pembaca? Silahkan baca : 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

Sedang untuk meningkatkan secara optimal SEO pada blog sendiri ada 2 jenis meningkatkan secara optimal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari (search engine).

  • Optimasi on-page atau meningkatkan secara optimal dalam halaman blog. 
  • Optimasi off-page atau meningkatkan secara optimal di luar halaman blog.

Dalam artikel ini saya akan memberi panduan bagaimana membuat blog SEO Friendly menurut dua jenis meningkatkan secara optimal yang saya sebutkan di atas.
Panduan cara meningkatkan secara optimal SEO bekerjsama telah banyak di internet SEO On Page dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO pada Blog

Praktek Optimasi SEO On Page dan SEO Off Page Terbaik untuk Blog Anda

1. Optimasi SEO on-page

Dalam meningkatkan secara optimal SEO on-page ada dua poin utama yang harus diperhatikan.

  1. Blog attribute 
  2. Content attribute.

A. Blog Attribute

Hal ini berkaitan dengan sesuatu yang menempel pada blog anda. Apa saja blog attribute yang perlu diperhatikan? Blog attribute yang perlu diperhatikan ketika mulai membuat blog atau ingin memaksimalkan SEO blog yang telah anda buat ialah :

1. Pemilihan nama domain   
Nama domain ialah alamat URL blog anda. Misalnya, nama domain blog ini adalah
panduaneka.com.” Meskipun ada anggapan dikala ini nama domain tidak lagi terlalu diperhitungkan sebagai elemen utama SEO tetapi tetap mempunyai tugas dalam SEO.

Kalau dalam SEO dahulu memasukkan kata kunci dalam nama domain merupakan salah satu faktor penting dalam SEO, tetapi untuk dikala ini anda tidak perlu terobsesi untuk memasukkan kata kunci anda dalam nama domain.

Misalnya, blog dengan niche memasak tidak harus dengan nama “teknikmemasak.com” atau “rahasiamemasak.” Saat ini, usahakan untuk menentukan nama domain gampang diingat dan gampang dilafalkan sebagai merk blog anda.

Anda masih resah untuk menentukan nama domain, sebaiknya baca dulu : 15 Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Blog Baru

2. Nama blog
Kebanyakan para blogger memakai nama blog sesuai dengan nama domainnya dan itu sah-sah saja. Tetapi anda juga sanggup memakai nama blog yang berbeda dengan nama domain blog anda.
Dalam kacamata SEO, meta tag nama blog mempunyai tugas penting.

Ada baiknya anda membuat nama blog sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Misalnya nama blog untuk niche tutorial blogging: Panduaneka: “Aneka Panduan Blog dan Bisnis untuk Anda”.

Meski demikian, jangan membuat nama blog yang susah diingat, terlalu umum dipakai atau terlalu panjang.

3. Meta Tag
Secara sederhana, meta tag ialah uraian ringkas mengenai isi blog dan kata kunci yang anda bidik dengan blog anda. Meta tag menyerupai kunci rumah yang khusus untuk membuka pintu.

Meta tag menjadi mediator blog kita dengan mesin pencari supaya informasi di blog kita sanggup dengan gampang terindeks oleh mesin pencari. Informasi yang diberikan blog kita ke Google akan lebih spesifik sehingga setiap kata yang diketikkan di Google Search Engine sanggup mengarah ke blog kita.

Dengan cara manual, anda sanggup mengatur sendiri deskripsi blog dan kata kunci yang anda inginkan. Panjang deskripsi meta tag sebaiknya tidak lebih dari 80 karakter.

Anda sanggup menambahkan meta tag pribadi di template, caranya sebagai berikut :
1. Silahkan masuk ke akun Blogger anda
2. Klik Template > Edit Template
3. Cari isyarat di bawah ini dengan menekan tombol CTR+F
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
4. Lalu copy paste isyarat di bawah ini sempurna sesudah isyarat di atas
<meta content='DESKRIPSI BLOG' name='description'/>
<meta content='KATA KUNCI BLOG' name='keywords'/>

Keterangan :
Deskripsi Blog : Untuk deskripsi blog ini isilah sesuai dengan blog anda. Misal blog ihwal investasi, deskripsinya sanggup mirip ini " Blog yang memperlihatkan informasi ihwal cara berinvestasi yang kondusif dan menguntungkan". Usahakan panjang deskripsinya antara 150-160 abjad saja.

Kata Kunci Blog : Untuk meta keywordsnya isi dengan kata kunci yang mengacu pada judul blog buat memaksimalkan pencarian di mesin pencari. Misal dari teladan di atas keywordnya sanggup dipakai kata "investasi, reksadana, saham, investasi syari’ah, jenis investasi, tips berinvestasi" dan seterusnya. Usahakan keywordsnya jangan terlalu banyak, cukup 8-10 kata saja supaya lebih SEO friendly.

Untuk lebih lengkapnya pembahasan mengenai meta tag ini, silahkan baca mengenal meta tag beserta fungsi dan keuntungannya yang telah saya ulas lengkap dalam blog ini.

4. Desain dan layout blog
Desain dan layout blog mempunyai nilai cukup penting dalam SEO on-page optimization. Pemilihan template memegang peranan penting supaya blog lebih optimal. Kebanyakan template kini bekerjsama telah bersifat SEO-friendly dan juga mobile-friendly.

Namun, sebaiknya diperiksa struktur isyarat untuk konten harus selalu berada di bab paling atas daripada bab yang lain.

Jangan abaikan struktur konten anda. Atur header, paragraf, daftar, dan tabel dengan stuktur yang baik sehingga mesin pencari sanggup mengerti apa bekerjsama sasaran topik anda. Sebuah blog yang baik mempunyai struktur yang mencakup judul topik, bab pendahuluan, dan kesimpulan yang dibentuk dengan susunan paragraf dan tata letak yang baik.

Selain struktur konten, anda juga harus memperhatikan struktur blog secara keseluruhan. Tempatkan konten-konten yang penting pada kawasan yang paling gampang dilihat pembaca.
Panduan cara meningkatkan secara optimal SEO bekerjsama telah banyak di internet SEO On Page dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO pada Blog
image from Niagahoster.co.id

Setiap halaman blog mempunyai bagian-bagian yang berbeda: header, footer, sidebar, dan lain-lain. Sudah semenjak lama, mesin pencari menentukan bahwa bab terpenting dari sebuah blog berada di bab main body.

Konten yang diletakkan pada bab main body (tengah) akan dianggap oleh Google sebagai konten utama yang penting sedangkan teks yang ada pada kawasan lain ialah pendukung. Kaprikornus pastikan bahwa template anda mendukung peletakan konten utama pada main body.

5. Optimasi Gambar
Karena Google juga mempunyai Search Image, maka dalam meningkatkan secara optimal SEO on-page, atribut gambar juga menjadi penting untuk diperhatikan. Dengan memperlihatkan atribut untuk gambar, maka peluang blog anda mendapat pengunjung semakin besar selain dari konten.

Misalnya, ketika anda membuat konten disertai gambar orang sedang memotret dan mencantumkan atribut gambar “tips memotret pemandangan,” maka ketika ada orang mengetikkan kata kunci “tips memotret pemandangan” dalam pencarian images Google, maka besar peluang blog anda sanggup ditemukan di hasil pencarian.

Lebih jelasnya mengenai meningkatkan secara optimal gambar, silahkan baca : Cara Optimasi Gambar Postingan Agar SEO Friendly Secara Otomatis

6. Struktur Heading Tag
Struktur heading H1, H2, atau H3 dalam blog ialah penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten yang akan memperlihatkan nilai tersendiri dalam SEO.

Periksalah semua elemen heading diatas dan manfaatkan untuk membidik kata kunci yang anda inginkan. Tapi, yang perlu diingat, jangan terlalu banyak memasukkan keyword dalam tag heading alasannya sanggup dianggap spam, cukup pada heading H1 atau H2 saja.

B. Content Attribute

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menulis sebuah konten blog adalah:

1. Riset kata kunci (Keywords)
Kata kunci ialah kata yang menjadi topik atau inspirasi utama di dalam sebuah artikel blog. Hal yang dihentikan diabaikan begitu saja dalam meningkatkan secara optimal SEO ialah riset kata kunci.

Semua hal yang berkaitan dengan SEO berawal dari riset kata kunci yang baik walaupun kata kunci saja tidak cukup berpengaruh untuk membangun pondasi konten.

Kehadiran kata kunci di dalam konten mempunyai nilai yang sangat penting. Melalui kata kunci mesin pencari akan memperlihatkan nilai sebuah artikel atau blog di dalam hasil pencarian mesin pencari (Search Engine Result Pages). Semakin sempurna pilihan kata kunci yang dipergunakan dan kepadatan kata kunci dalam sebuah artikel, memungkinkan konten anda mendapat  ranking yang tinggi dimata mesin pencari.

2. Jumlah kata kunci
Selain pemilihan kata kunci, tingkat kepadatan (density) kata kunci juga sangat penting. Jumlah kata kunci harus sesuai dengan panjang pendeknya sebuah artikel.

Namun demikian, density kata kunci dalam setiap artikel setidaknya harus ada 2-4 kata kunci yang dibidik. Tidak adanya kata kunci sama sekali dalam konten akan membuat konten anda sulit ditemukan alasannya tidak ada panduan yang sanggup diolah oleh mesin pencari

Jangan terlalu memaksakan menebar kata kunci di dalam konten yang membuat tata bahasa konten anda menjadi rancu dimata pembaca. Hal ini sanggup berakibat jelek pada konten anda dimata mesin pencari alasannya dianggap spam dan juga memberi kesan negatif pada pembaca setia blog anda.

3. Variasi kata kunci
Selain jumlah atau kepadatan, variasi kata kunci juga menjadi salah satu faktor penentu dalam SEO on-page SEO. Dalam istilah SEO variasi kata kunci sering disebut dengan LSI (Latent Semantic Index).

Ketika menulis konten, sebaiknya kata kunci yang dibidik tidak perlu ditulis sempurna sama dan hanya diulang-ulang. Carilah sinonim atau padanan kata dari kata kunci yang dibidik.

Hal ini selain untuk mencegah deteksi spam oleh mesin pencari, juga akan semakin memperkaya perbendaharaan kata kunci yang anda bidik.

4. Posisi kata kunci
Posisi kata kunci yang dibidik sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada kalimat pertama paragraf terakhir.

Di samping itu anda sanggup meletakkan di salah satu Tag heading. Anda juga perlu menyebar kata kunci di dalam artikel secara natural dan mengalir dengan variasi kata yang anda gunakan

5. Internal link dan anchor text
Penggunaan internal link dan anchor text sangat disarankan dalam pembuatan konten alasannya memudahkan navigasi pengunjung dan mengurangi nilai bounce rate yang tinggi.

Yang patut diperhatikan dalam pembuatan internal link dan anchor text harus mempunyai relevansi dengan konten yang dibentuk dan dibentuk senatural mungkin menyatu dengan kalimat dalam konten.

2. Optimasi SEO off-page

Sementara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ranah SEO Off-Page atau meningkatkan secara optimal di luar blog adalah:

1. Mencari backlink berkualitas
Sebenarnya problem backlink ini, saya sendiri masih dalam tahap belajar. Jadi, apabila ada kesalahan dalam informasi yang saya berikan, mohon dikoreksi melalui kolom komentar.

Saya akan memberi panduan seputar backlink ini persis mirip pemahaman yang saya dapatkan hingga dikala ini.

Apa itu backlink? Dari pemahaman yang saya dapatkan, backlink ialah link yang berasal dari blog lain ke blog kita.

Jadi, semakin banyak backlink berkualitas yang memperlihatkan tautan ke blog kita, semakin mendongkrak posisi blog di ranking Search Engine Result Pages (SERP) mesin pencari.
Ada tiga elemen yang efektif untuk SEO, yaitu: komunikatif, informasi yang berguna, dan backlink yang berkualitas — SEO Refugee 
Anda sanggup mendapat backlink dengan cara:

  • Meminta backlink secara pribadi kepada blogger lain 
  • Melakukan tukar backlink dengan blogger lain 
  • Membuat backlink sendiri dengan dummy blog 
  • Melakukan linkbait (menulis konten berkualitas yang membuat blogger lain mau secara sukarela memperlihatkan backlink kepada blog anda ketika mereka mengutip artikel anda)

Di samping jumlah backlink, anda juga harus memperhatikan kualitas backlink blog anda. Backlink yang berkualitas mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berasal dari blog dengan niche yang sama 
  • Berasal dari authority blog 
  • Bukan dari tukar backlink
  • Tidak berasal dari backlink yang disediakan oleh situs penyedia backlink gratis

2. Natural backlink
Secara sederhana, natural backlink ialah backlink yang diberikan kepada sebuah blog dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Link diletakkan di dalam kalimat (contextual backlink)
  • Link tidak berasal dari IP yang sama 
  • Link berupa link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage blog


3. Promosikan konten blog di Media Sosial 
Meskipun media umum tidak siginifikan dalam mensugesti peringkat suatu blog, tetapi bagi mesin pencari, banyaknya Like, Share, Tweet dan Google +1 ialah tanda konten anda berkualitas.

Promosi lewat Media Sosial sedikit banyak akan membantu trafik blog meningkat yang tentunya membuat blog anda juga dinilai semakin baik oleh mesin pencari.

Dengan melaksanakan langkah-langkah meningkatkan secara optimal SEO on-page dan off-page SEO diatas, upaya memperbaiki posisi ranking blog anda di SERP (Search Engine Result Pages) niscaya
akan mendapat hasil mirip yang anda harapkan.

Dengan peringkat di mesin pencari yang tinggi, maka peluang blog anda untuk menghasilkan uang tentu akan semakin besar.

Demikian panduan sederhana yang sanggup saya bagikan untuk teman-teman blogger semua. Semoga bermanfaat untuk kemajuan blog anda.

0 Response to "Seo On Page Dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Meningkatkan Secara Optimal Seo Pada Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...