loading...

Contoh Soal Pat/Pas Bahasa Indonesia Terbaru 2019/2020 Mts/Smp Kelas 7,8,9



Contoh Soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) Bahasa Indonesia Kelas 8 MTs/SMP – Teman-temanku yang masih duduk di Sekolah Tingkat Pertama, baik itu SMP/MTs kali ini saya akan menyebarkan salah satu rujukan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia. Soal dibawah ini hanyalah rujukan dan sanggup saja berubah namun tidak akan keluar dari materi pelajaran bahasa indonesia yang selama ini sudah diajarkan di sekolah.

Soal bahasa indonesia hampir seluruhnya soal teks bacaan sehingga teman-teman perlu memahami lebih dalam terlebih dahulu materi pokok pembelajaran bahasa indonesia. Silahkan pelajari tentang:

kutipan teks ulasan terstruktur, perbedaan puisi, novel, drama, dan cerpen. Kutipan teks ihwal sinopsis, evaluasi, analisis, argumentasi. Kata teknis ibarat ciptaan, karya, panitia, seniman. Kelebihan dan kelemahan sastra. Pengertian tafsiran, evaluasi, orientasi dan rekomendasi.

Berikut rujukan soal PAT Bahasa Indonesia SMP/MTs:

1. Salah satu yang menarik dari gugusan itu ialah dongeng letusan Gunung Merapi, 18 Desember 1930 sehingga terjadi tragedi yang dahsyat. Lebih dari 1500 dari 2500 binatang mati, sawah dan ladang hancur dan ratusan rumah terbakar. Objek ulasan dalam cuplikan teks diatas adalah:
a. Gunung Merapi
b. Bencana dahsyat
c. Letusan Gunung Merapi
d. Musibah di Indonesia

2. Bacalah teks ini: (1) Secara garis besar isi buku ini ihwal cara membubudidayakan tumbuhan buah dalam pot (2) Penggunaan kalimat yang lugas yang disertai gambar menarik, memudahkan pembaca memahaminya (3) Sayang, desain penjilidan terkesan asal-asalan sehingga gampang lepas (4) Selain itu, Kalimat keunggulan buku pada teks tersebut ditandai nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

3. Bacalah teks: (1) Secara umum, buku ini isinya gampang dipahami sebab menggunakan kalimat-kalimat yang lugas, (02) Selain itu, dilenmgkapi pula dengan ilustrasi gambar yang menarik dan mendukung isi buku, (3) Namun, sangat disayangkan kertas yang dipakai terlalu tipis, (4) Meskipun demikian, buku ini layak dibaca sebab menambah ilmu dan wawasan.
Kalimat kelemahan buku pada teks tersebut ditandai nomor:
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

4. Bacalah teks ini: Suara gong tiba-tiba bergema dari arah alun-alun Majapahit, ketika Ratu Kencana Wungu yang bertakhta di Kerajaan Majapahit menggelar sayembara bagi siapa saja yang sanggup membunuh kebo Mencruet, pemberontak yang selama ini menciptakan bingung dan bergairah menggulingkan Ratu. Bagi yang berhasil akan menjadi suami ratu sekaligus menjadi raja di Majapahit. Kutipan di atas termasuk dalam cuilan ….
a. sinopsis
b. evaluasi
c. analisis
d. argumentasi

5. Bacalah teks berikut: Bapak-bapak, apa yang dimaksud aoptek hidup? Apotek hidup ialah tumbuh-tumbuhan yang berguna obat yang ditanam di halaman rumah. Tumbuhan yang dipelihara ini sanggup jadi obat, contohnya pepaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan penyakit malaria. Dalam struktur teks persuasi cuplikan tersebut termasuk dalam bagian…..
a. pengenalan isu
b. pernyataan umum
c. rangkaian argumentasi
d. saran

6. (1) Penyakit gangguan pencernaan memang sangat mengganggu, (2) Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain makan tidak teratur, (3) contohnya sering terlambat makan, kurang mengkonsumsi sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan, (4) Salah satu upaya menjaga kalimat yang isinya menyatakan permintaan dalam cuplikan teks persuasi diatas ialah………
a. Nomor 1
b. Nomor 2
c. Nomor 3
d. Nomor 4

7. Menghentikan merokok bagi seorang pecandu rokok sangat sulit. Meskipun harga rokok mahal, tidak akan menghentikan mereka. Harga 20 batang rokok di Mlaysia setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Simpulan isi teks diatas ialah …………..
a. Betapa sulitnya pecandu rokok menghentikan merokok
b. Kebiasaan merokok harus tidak boleh biar tidak menjadi pecandu
c. Seberapa mahal pun harga rokok tidak menghentikan kebiasaan merokok
d. Rokok merupakan masakan pokok pecandu

8. Cermati kalimat berikut! Saluran …...... yang telah rusak hendaknya segera diperbaiki untuk mencegah banjir. Istilah yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ….
a. sanitasi
b. irigasi
c. instalasi
d. sarana

9. Cermati kalimat berikut: Kita harus sanggup ….. kebiasaan yang kurang terpuji, menjadi kebiasaan baik. Kata kerja yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ….
a. merubahi
b. mengubah
c. berubah
d. perubahan

10. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Oleh sebab itu masyarakata harus berhati-hati terhadap oknum tersebut.
2) Sejak terjadinya gempa bumi dan gelombang tsunami sering sekali tragedi tersebut dijadikan sarana untu memungut uang dari masyarakat
3) Banyak organisasi kelompok atau seseorang yang tidak bertanggung jawab meminta pertolongan korban bencana.
4) Mereka beroperasi di lampu merah, bus kota, pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial.
Kalimat diatas akan menjadi teks persuasi yang sempurna kalau disusun urutan…..
a. 2134
b. 2341
c. 4132
d. 4231

11. Bacalah teks berikut!
Arif: Ayah, boleh tidak saya ikut nonton sepak bola di stadion?
Ayah: Kesananya naik apa?
Arif: Naik motor sama kak Gunawan, Yah!
Mufti: Ya, tuh Yah. Adik merengek terus ingin ikut nonton sepak bola ke stadion!
Ayah: Yah sudah, boleh pergi sama kak Gunawan!
Arif: Ok baik Yah, terima kasih!
Ayah: Jangan lupa pakai helm. Patuhi rambu kemudian lintas ya, was jangan ngebut, Hati-hati!..
Amanat yang terkandung dalam penggalan drama tersebut ialah ….
a. Pengendara sepeda motor harus mematuhi rambu-rambu lalulintas
b. Apabila keluar rumah harus menggunakan sepeda motor
c. Kita harus pamit kepada ayah setiap keluar rumah
d. Kita harus menaati perintah orang tua.

II. Essai

1. Tentukan langkah-langkah menyusun teks ulasan dengan tepat!
2. Bacalah teks berikut ini!
Belajarlah dengan tata cara yang baik, yaitu berdoalah sebelum berguru dengan niat nrimo dan sungguh-sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar. Ketika kau mulai merasa jenuh dan penat, berhentilah sejenak untuk menenagkan otak, sanggup dengan nonton televisi (minimal 10 menit), berdiri, duduk, rileks, berjalan mengelilingi ruangan, atau menggerak-gerakan badan.
Tulislah kalimat permintaan dalam kutipan teks persuasi tersebut!
3. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata teknis berikut!
a. internet
b. seniman
c. imunisasi
4. Acara lain yang sangat menarik ialah program ‘’ dari desa ke desa’’. Dalam program ini kita menyaksikan wajah desa yang hijau, tenang, dan jauh dari hirup pikuk. Prilaku masyarakat desa yang polos murni sepatutnya dicontoh oleh orang-orang kota. Kecantikan alam desa selalu menggugah rasa, ingin kita mengunjunginya.
Tentukan frasa adjektif yang terdapat dalam teks tersebut!

Demikian salah satu rujukan soal penilaian simpulan tahun (PAT) pelajaran bahasa Indonesia untuk Madrasah Tsanawiyah (MTS/SMP). Jumlah soal PAT 45. 40 soal pilihan ganda dan 5 soal essai. Jenis soal hampir semuanya teks bacaan sesuai dengan KD kelas VIII yang telah dipelajari semester 1 dan 2.

Selamat mengerjakan!

0 Response to "Contoh Soal Pat/Pas Bahasa Indonesia Terbaru 2019/2020 Mts/Smp Kelas 7,8,9"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...