loading...

Contoh Instrumen Eds (Evaluasi Diri Sekolah) Smp/Mts Sebagai Bukti Fisik Akreditasi



Contoh Instrumen EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SMP/MTs, SMA/SMK/MA Sebagai Salah Satu Bukti Fisik Akreditasi -- Evaluasi Diri Sekolah merupakan suatu proses para pemangku kepentingan satuan pendidikan mulai dari kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, dan siswa dalam menilai mutu penyelenggaraan pendidikan menurut indikator 8 (delapan) standar nasional pendidikan.

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) merupakan dasar rekomendasi dalam penyusunan rencana kerja jangka menengah (RKJM) dan rencana kerja tahunan (RKT) sekolah/madrasah. Melalui EDS, kelemahan dan kekuatan sekolah/madrasah sanggup teridentifikasi sehingga kelemahan tersebut sanggup diperbaiki, dan kekuatan sanggup lebih ditingkatkan.

Kenapa dengan EDS kelemahan dan kekuatan sekolah/madrasah sanggup diketahui?

Karena dalam penyusunannya, Evaluasi Diri Sekolah (EDS) melibatkan eksklusif para pemangku kepentingan sekolah mulai dari komite sekolah/madrasah sebagai perwakilan orang renta siswa, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan tentunya siswa sebagai sasaran paling utama dalam penyusunan EDS.

EDS disusun melalui instrumen-isntrumen yang telah dikumpulkan dari banyak sekali pihak dan pemangku kepentingan sekolah/madrasah.

Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sanggup dibentuk dengan banyak sekali metode pertanyaan, salah satunya dengan menciptakan angket pertanyaan ke siswa, guru dan lainnya.

Nah, dokumen isntrumen EDS yang telah disebar melalui angket, selanjutnya dimusyawarahkan dalam rapat dewan guru dan tenaga kependidikan berdasarakan masukan dari perwakilan komite sekolah/madrasah, kemudian disahkan oleh kepala sekolah/madrasah, maka jadilah RKJM/RKT sekolah/madrasah.

Dokumen instruemen EDS akan menjadi bukti fisik pelaksanaan pengakuan sekolah/madrasah disaat visitasi pengakuan dilaksanakan. Dokumen isi sangat penting sekali alasannya ialah akan dicek oleh tim assesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Bukti fisik instrumen EDS (Evaluasi Diri Sekolah) tercantum dalam petunjuk teknis instrumen pengakuan nomor 82 ihwal penyusunan RKJM/RKT sekolah/madrasah.

Contoh Instrumen EDS (Evaluasi Diri Sekolah) untuk siswa, guru, kepala sekolah, komite sekolah SMP/MTs

Lengkapnya silahkan sanggup unduh di bawah:
  • Contoh Angket Instrumen EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SMP/MTs Siswa > download
  • Contoh Angket Instrumen EDS (Evaluasi Diri Sekolah) Guru > download
  • Contoh Angket Instrumen EDS (Evaluasi Diri Sekolah) Kepala Sekolah > download
  • Contoh Angket Instrumen EDS (Evaluasi Diri Sekolah) Komite > download
  • Contoh Demo Instruemn EDS > download

Demikian Contoh Instrumen EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SMP/MTs Sebagai Bukti Fisik Akreditasi. Silahkan instruemen EDS tersebut sesuaikan dengan teladan kurikulum 2013 kini mengacu pada 8 (delapan) standar nasional pendidikan.

0 Response to "Contoh Instrumen Eds (Evaluasi Diri Sekolah) Smp/Mts Sebagai Bukti Fisik Akreditasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...