loading...

Contoh Buku Tata Tertib Siswa Sd/Mi, Smp/Mts, Sma/Ma/Smk Terbaru 2019

 Buku tata tertib siswa ini merupakan buku saku siswa yang didalamnya memuat seluruh tata  Contoh Buku Tata Tertib Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Terbaru 2019
Image: fixabay.com
-- Kali ini saya akan share contoh buku tata tertib siswa-siswi di sekolah untuk SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Buku tata tertib siswa ini merupakan buku saku siswa yang didalamnya memuat seluruh tata tertib dan aturan sekolah yang dicatat lebih spesifik mulai dari biodata sekolah, visi-misi sekolah/madrasah hingga dengan poin-poin pelanggaran yang sudah ditetapkan disekolah sesuai dengan hasil keputusan musyawarah.

Buku tata tertib siswa ini dapat dibawa oleh masing-masing siswa sebagai pengingat dan perjuangan perlindungan sekolah biar siswa-siswi selalu mematuhi tata terib sekolah. Siswa akan lebih berhati-hati kalau bertindak yang tidak sesuai dengan tata tertib sekolah dan norma-norma yang berlaku disekolah maupun diluar sekolah. Jika melanggar tata tertib sekolah/madrasah, maka berlaku pengurangan poin sesuai dengan jenis pelanggarannya.

LANDASAN TATA TERTIB SEKOLAH/MADRASAH

Mengapa tata tertib sekolah/madrasah harus dilaksanakan dan ditegakan semaksimal mungkin? Sebagaimana kita ketahui bahwa sekolah/madrasah merupakan forum pendidikan yang mempunyai 2 (dua) fungsi utama: yang pertama berfungsi sebagai forum pendidikan, dan yang kedua berfungsi sebagai forum pengajaran. Kedua fungsi tersebut akan berjalan dengan baik apabila kondisi sekolah kondusif, terutama kesiapan dan kedisiplinan siswa-siswi sebagai warga sekolah dalam menjalankan tata tertib sekolah.

Dalam kurikulum 2013, buku tata tertib siswa ini dapat menjadi pola salah satu evaluasi perilaku siswa secara keseluruhan disamping evaluasi perilaku dikelas yang guru lakukan.

Nah salah satu dasar aturan perihal penegakan kedisplinan sekolah ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 sehabis perubahan Bab XIII pasal 31 ayat 1,2 dan 3. Lalu Undang-Undang Dasar sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 4 bahwa:

''Pendidikan dilaksanakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan dan membuatkan kreatifitas penerima didik dalam proses acara pembelajaran''

Selanjutnya Pasal 12 ayat 2 a, bahwa: Setiap Peserta Didik Berkewajiban Menjaga Norma-Norma Pendidikan untuk Keberlangsungan Proses Keberhasilan Pendidikan.

FUNGSI TATA TERTIB SEKOLAH/MADRASAH

Sekolah yang baik ialah sekolah yang menerapkan tata tertib dan kedisiplinan warga sekolahnya. Salah satu sasaran paling utama ialah tata tertib untuk penerima didiknya. Sekolah yang menerapkan tata tertib artinya sudah melakukan amanat Undang-Undang Dasar dan fungsi sekolah sebagai forum pendidikan. Nah, ada beberapa fungsi pelaksanaan tata tertib sekolah diantaranya:
  • Melakukan pemeriksaan data pelanggaran dan penyimpangan penerima didik terhadap norma dan peraturan sekolah/madrasah yang berlaku,
  • Melakukan penelitian terhadap kendala, persoalan dan hambatan-hambatan dalam menuntaskan persoalan yang menyebabkan pelanggaran selalu dilakukan oleh penerima didik,
  • Menciptakan suasana tertib, aman, nyaman (kondusifitas sekolah) baik dikelas saat proses pembelajaran maupun dilingkungan sekolah,
  • Memberikan teladan/contoh yang sesuai dengan susila dan norma yang sudah diterapkan di masing-masing sekolah.

CONTOH BUKU TATA TERTIB SEKOLAH

Buku tata tertib sekolah/madrasah ini disusun secara sistematis sesuai dengan panduan contoh buku tata tertib disekolah/madrasah lainnya. Buku ini dapat dipakai unstuk semua jenjang baik sekolah dasar, menengah dan tingkat atas. Poin-poin apa saja yang tercantum didalam buku tata tertib siswa ini? cek dibawah ini:

Daftar Isi Buku Tata Tertib Siswa:
  • Cover,
  • Identitas Siswa,
  • Daftar Isi,
  • Visi dan Misi Sekolah,
  • Tujuan Sekolah,
  • Tata Tertib,
  • Hak Siswa,
  • Kewajiban Siswa,
  • Larangan Siswa,
  • Sanksi,
  • Penilaian Sikap Siswa,
  • Poin-poin Pelanggaran,
  • Catatan
  • Refleksi

Itulah citra buku tata tertib siswa, kurang lebih ada 12 poin didalamnya yang sudah memuat seluruh aturan dan tata tertib sekolah/madrasah. Selengkapnya silahkan unduh disini.

Jenis pelanggaran dan jumlah poin dapat anda sesuaikan dan ganti menurut hasil keputusan musyawarah yang dilaksanakan tim pengembang kurikulum dalam penyusunan Buku 1 KTSP (Dokumen 1 KTSP).  Contoh dokumen 1 KTSP lihat disini.

Setelah diputuskan melalui musyawarah, maka tata tertib sekolah tersebut disosialisasikan kepada seluruh siswa-siswi, guru dan orang renta siswa.

Demikian Contoh Buku Tata Tertib Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Terbaru 2019 yang dapat saya share. semoga bermanfaat, aamiin.

0 Response to "Contoh Buku Tata Tertib Siswa Sd/Mi, Smp/Mts, Sma/Ma/Smk Terbaru 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...