loading...

6 Taktik Content Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online - Industri digital di Indonesia semakin hari semakin berkembang pesat termasuk tentunya bisnis online. Sebagai salah satu jenis bisnis dengan memanfaatkan teknologi internet, bisnis online dengan content marketing terbukti efektif untuk memasarkan produk atau jasa alasannya ialah pengguna internet yang semakin meningkat di Indonesia.

Itulah mengapa sekarang banyak pelaku bisnis online gres yang menjamur serta sangat aktif memperlihatkan produk atau jasanya di dunia maya baik melalui media umum atau website.

Walau sepintas terlihat gampang, ternyata menjalankan bisnis online tidak semudah yang dibayangkan.

Diperlukan beberapa taktik semoga bisnis online anda nantinya dikenal banyak orang. Dengan demikian, diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan akan simpel ditemukan ketika seseorang mencarinya di mesin pencarian menyerupai Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online 6 Strategi Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Menjalankan bisnis online melalui content marketing


Salah satu taktik yang banyak juga dipakai oleh para pemasar online dengan membuat content marketing yang menarik di website atau blog untuk memikat calon pelanggan mereka di dunia maya.

Membuat content marketing untuk bisnis online melalui website atau blog mempunyai 3 keuntungan, yaitu :

1. Mempermudah anda memasarkan produk atau jasa
Tentunya dengan mempunyai website sendiri, anda tinggal memposting setiap produk atau jasa yang ingin anda tawarkan setiap dikala tanpa tergantung kepada pihak lain.

Keberadaan website juga menjadi jembatan bagi anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan mengenai produk yang anda tawarkan.

2. Mempermudah pelanggan menemukan produk atau jasa anda
Dengan adanya website, para pelanggan anda akan semakin simpel untuk mengakses dan melihat banyak sekali produk atau jasa yang anda tawarkan secara lebih detail

3. Meningkatkan dapat dipercaya dan kepercayaan di mata pelanggan
Melalui blog atau website yang anda kelola dengan baik, para pelanggan akan melihat anda sebagai seseorang yang profesional dalam menjalankan bisnis online. Kalau kita melihat para pemasar terkemuka dunia hampir semuanya didukung dengan keberadaan sebuah website.

Tentunya website atau blog yang baik tidak sanggup dipisahkan dengan pertolongan konten-konten yang ada di dalamnya.

Bila content yang anda publikasikan berkualitas dan mengatakan banyak manfaat bagi para pengunjung, sanggup dipastikan traffic blog atau website tersebut akan meningkat cukup pesat.

Strategi dalam membuat content marketing

Membuat konten marketing yang menarik untuk menunjang keberhasilan bisnis online anda diharapkan beberapa taktik yang perlu anda lakukan, berikut  6 taktik yang sebaiknya anda lakukan:

1. Buat tampilan dan bahan website anda semenarik mungkin
Seperti yang saya utarakan di atas, website sanggup meningkatkan dapat dipercaya anda sebagai seorang online marketing profesional.

Tapi mempunyai website saja tidak cukup, anda harus mengemas website anda semenarik mungkin.
Untuk membuat tampilan website atau blog anda menarik perhatikan 2 hal berikut :
  • Pilih template/theme blog yang responsive dan fast loading
  • Pergunakan hidangan navigasi blog yang sederhana
Yang perlu diingat, meskipun anda sudah mempunyai tampilan website yang menarik ternyata itu saja tidak cukup.

bila anda ingin dianggap serius oleh pelanggan anda, jangan lupa perhatikan segi bahan dengan membuat konten semenarik mungkin.

Konten marketing yang dikemas dengan menarik dari sisi isi bahan akan membuat pengunjung website akan terus kembali untuk melihatnya.

2. Perhatikan permasalahan dan pertanyaan konsumen anda
Saya ingin mengutip salah satu kiat sukses Jack Ma dalam membangun Alibaba,
“Permasalahan Anda ialah peluang bisnis bagi saya”.
Ya, Dalam menjalankan sebuah bisnis, setiap permasalahan dan cita-cita yang dihadapi konsumen ternyata juga menjadi potongan penting yang perlu kita perhatikan.

Sebab, dari keluhan maupun pertanyaan yang sering dilontarkan para konsumen, kita sanggup mengetahui ekspresi dominan atau isu terbaru yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat.

Di samping itu, kita juga sanggup lebih memahami permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi para konsumen.

3. Jangan pribadi menjual produk
Meskipun bisnis online yang anda lakukan bertujuan untuk menghasilkan penjualan dan memperoleh pendapatan, tetapi sebaiknya anda lakukan content marketing menggunakan cara pendekatan “umpan balik”.

Yaitu bagaimana kita mengatakan suatu nilai kepada konsumen supaya konsumen  memberikan feedback pada produk kita.

Hal ini dikarenakan psikologis konsumen lebih cenderung untuk melihat dan menyaring informasi terhadap suatu produk daripada pribadi membeli produk tersebut.

Intinya ialah bagaimana kita mengedukasi, menghibur, dan mengatakan nilai ke tangan konsumen. Baru kemudian kita memperlihatkan produk dan jasa anda.

4. Berikan nilai tambah pada konten 
Agar konsumen anda menjadi pelanggan yang loyal terhadap produk anda, berikan nilai tambah pada konten website.

Misalnya anda mempunyai toko online busana muslim, maka anda sanggup mengatakan konten-konten seputar tutorial menggunakan hijab atau cara mix and match gamis dengan hijabnya.

Hal ini akan mengatakan nilai tambah terhadap konsumen, alasannya ialah selain mendapat produk yang mereka cari mereka juga mendapat pengetahuan seputar pemakaian hijab.

Sebaiknya anda baca juga : 10 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Untuk Memperoleh Keuntungan Maksimal

5. Tambahkan informasi ringan yang menghibur
Disamping menginformasikan content marketing yang bersifat formal, sebaiknya anda juga menambahkan informasi atau isu ringan yang bersifat menghibur dalam website.

Contohnya saja ketika anda ingin memasarkan produk atau jasa biro tour and travel, selain anda memperlihatkan jasa paket wisata, anda juga sanggup menambahkan informasi mengenai beberapa daerah wisata menarik untuk dikunjungi.

Hal ini selain menambah informasi bagi konsumen anda juga sanggup meningkatkan loyalitas mereka terhadap jasa yang anda tawarkan.

6. Beri susukan konsumen untuk sharing dan berbagi
Meskipun dalam bisnis online internal link jarang dibicarakan tetapi sebaiknya setiap halaman dalam website atau blog anda harus mempunyai banyak tautan (link) ke content lainnya.

Sehingga pengunjung blog anda akan dipermudah dan berlama-lama untuk  membaca konten-konten dalam blog alasannya ialah saling berkaitan.

Jangan lupa untuk menyediakan tombol share alasannya ialah bila konten anda dianggap menarik dan bermanfaat, maka kemungkinan besar konsumen anda akan sukarela untuk membagikan konten anda tersebut kepada orang lain, sehingga penting untuk menyediakan fitur share untuk mereka.

Penutup

Begitu besar imbas content marketing terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, perlu dipersiapkan dengan matang.

Jangan terlalu fokus pada penjualan tetapi buatlah content yang mencerdaskan, dalam artian mengedukasi para pembaca atau calon konsumen.

Dengan membuat content yang menarik, relevan dan bermanfaat terlebih dahulu, maka acara penjualan anda akan lebih simpel diterima para konsumen anda.

Sekian sedikit goresan pena saya mengenai content marketing sebagai salah satu taktik bisnis online yang sebaiknya anda terapkan dalam bisnis anda juga.

Jika ada pertanyaan atau komplemen informasi mengenai artikel ini silahkan berdiskusi melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Terima kasih

0 Response to "6 Taktik Content Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...