loading...

Solusi Ditolak Google Adsense Alasannya Yaitu Konten Tidak Memadai

Pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan bocoran kepada teman-teman blogger yang hingga ketika ini belum berhasil diterima sebagai publisher Adsense. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi diterima sebagai publisher Adsense sesudah beberapa kali mengalami penolakan.

Sebenarnya pembahasan ihwal penolakan Adsense ini pernah saya singgung dalam artikel 12 hal penting yang harus diperhatikan semoga blog gampang diterima Adsense. Disitu saya jelaskan beberapa poin penting yang harus ada dalam sebuah blog sebelum diajukan ke adsense semoga tidak mendapatkan email penolakan Adsense.

Dalam aneka macam forum, group maupun komunitas yang saya ikuti banyak sekali blogger yang berulang kali ditolak Google Adsense dengan aneka macam alasan. Umumnya ada 3 jenis alasan penolakan dari pihak Google Adsense.

  • Konten tidak memadai
  • Situs tidak sesuai kebijakan Google
  • Akun yang terkait dengan akun lain

Dari ketiga jenis alasan penolakan di atas yang sering dialami oleh teman-teman blogger yakni alasan yang pertama, yaitu alasannya yakni konten tidak memadai

Seperti yang kita ketahui, Google selalu mengupdate algoritmanya dan itu menjadikan Google semakin canggih dan terkesan lebih ketat. Hal ini dilakukan untuk lebih selektif dalam menentukan konten-konten yang ada di search engine.

Sehingga kalau ketika ini anda masih sulit diterima google Adsense dengan alasan konten tidak memadai, maka sanggup dipastikan konten yang anda buat bermasalah berdasarkan Google. Makara pastikan anda lihat, cek dan perbaiki kembali konten yang ada pada blog anda.
Pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan bocoran kepada sahabat Solusi Ditolak Google Adsense Karena Konten Tidak Memadai

Masalah ditolak Adsense dengan alasan konten tidak memadai

Untuk memandu anda dalam memperbaiki dan mengetahui apa penyebab anda ditolak Google Adsense dengan alasan konten tidak memadai berikut beberapa penyebab konten yang anda buat dianggap tidak memadai oleh Google

#1. Isi artikel kurang padat.

Konten yang kurang padat gotong royong tidak ada kaitannya dengan panjang pendeknya sebuah artikel. Meskipun jumlah kata dalam suatu artikel hanya berisi 300 kata tetapi isinya padat itu lebih baik dibandingkan dengan artikel yang berisi 2000 kata tetapi hanya berisi basa-basi saja.

Blog yakni produk google yang berbasis konten, maka sudah niscaya mereka membutuhkan goresan pena yang benar-benar berisi info bermanfaat dan berkualitas tinggi bagi penggunanya.

Saya sudah 5 kali mengajukan permohonan google adsense, dan permohonan itu selalu ditolak dengan alasan yang sama, yaitu konten tidak memadai.

Konten sanggup dikatakan padat jikalau artikel anda memuat suatu bahasan yang tuntas dan tidak bertele-tele mulai dari paragraf pembuka hingga penutup.

Sehingga gotong royong tidak problem apakah artikel anda hanya berisi 300 kata atau 2000 kata, asalkan  artikel anda tersebut menyajikan bahasan yang tuntas dan to the point, maka konten anda yakni konten yang padat.

Oleh alasannya yakni itu silahkan cek kembali artikel anda, apakah pembahasannya sudah tuntas atau belum. Apakah selama ini anda masih sering memakai kalimat-kalimat yang tidak perlu dalam konten anda.

Meskipun google lebih memprioritaskan konten yang isinya panjang dan berisi informasi bermanfaat tetapi kalau bahasan dalam artikel anda hanya memerlukan beberapa ratus kata saja kenapa harus dipanjang-panjangkan.

Intinya buatlah konten yang berisi informasi bermanfaat dan eksklusif ke pokok bahasan

# 2. Isi konten terlalu banyak gambar. 

Ini juga salah satu penyebab lain artikel dianggap tidak memadai, yaitu terlalu banyak gambar dan sedikit teks.

Menurut pendapat beberapa kawan blogger senior gotong royong tidak problem memasang beberapa gambar, contohnya 4 atau 5 gambar. Tetapi dengan syarat artikel anda harus cukup panjang minimal berisi 2.000 kata.

Yang terpenting seimbangkan rasio penggunaan gambar dengan panjang pendek artikel anda.
Memasang banyak gambar gotong royong tidak problem asal relevan dengan konten anda. Misalnya untuk blog tutorial yang memerlukan gambar sebagai tambahan panduan maka memasang beberapa gambar malah lebih bagus.

Yang tidak disarankan oleh google yakni blog yang hanya berisi gambar atau berisi sedikit teks dan penggunaan gambar yang tidak relevan dengan isi konten.

Kalau artikel anda hanya berisi gambar atau terlalu banyak gambar dibanding teks anda sudah niscaya blog anda oleh google ditandai sebagai : Konten tidak memadai

# 3. Artikel tidak relevan.

Anda mungkin pernah mendengar istilah click bait, yaitu penggunaan judul yang tidak nyambung dengan isinya. Biasanya metode ini sering digunakan dalam pembuatan konten-konten viral.

Kalau anda sering mengakses sosial media terutama facebook niscaya sering menjumpai metode click bait ini. Anda mungkin salah satu orang yang kejebak dengan judul yang menciptakan anda ingin tau tetapi sesudah dibuka ternyata isinya tidak sesuai dengan judul yang terpampang.

Ya, tujuan dari metode click bait yakni untuk menciptakan para pembaca ingin tau sehingga mengklik judul informasi tersebut. Kebanyakan judul beritanya sengaja dilebih-lebihkan, bahkan cenderung lebay. Setelah kita klik ternyata isi informasi tidak sesuai dengan judulnya.

Metode click bait ini merupakan salah satu bentuk konten yang tidak relevan berdasarkan google.

Juga yang disebut artikel tidak relevan adalah, sebuah artikel yang melenceng terlalu jauh dari topik dan tema utama. Misalnya anda menciptakan artikel yang topik dan tema utamanya membahas ihwal kesehatan, tetapi anda malah berputar-putar membahas ihwal tahu dan tempe.

Artikel anda menjadi tidak relevan lagi jikalau isinya melebar ke mana-mana, ibarat hingga membahas cara pembuatan tahu atau cara mengolah tempe.

Tetapi jikalau pembahasannya masih terhubung dengan topik anda, ibarat cara pengolahan tahu yang sehat atau efek konsumsi tempe bagi kesehatan, ini masih relevan. Begitu kira-kira maksud konten yang relevan yang diinginkan google.

Kenapa google sangat menitikberatkan semoga konten itu relevan?

Karena google sebagai mesin pencari tidak ingin ditinggalkan penggunanya yang mencari sebuah konten melalui search engine-nya tetapi ternyata pengguna mendapati sebuah artikel yang judul dan isinya sama sekali tidak relevan.

Kalau ini dibiarkan, google pastinya khawatir kredibilitasnya sebagai search engine terbesar di dunia menurun dan penggunanya pindah ke mesin penelusur saingannya ibarat Bing dan Yahoo.

Untuk alasan itulah google sangat menomor satukan user experience atau kepuasan penggunanya, salah satunya dengan menyajikan konten-konten yang relevan.

Jujur gotong royong saya sendiri dalam dilema pada problem satu ini, yaitu artikel yang tidak relevan. Karena saya sendiri juga mempunyai beberapa artikel berkategori tidak relevan.

Jadi, kalau anda ingin diterima adsense hindari penggunaan metode click bait, alasannya yakni hal itu hanya akan merusak dapat dipercaya anda dimata pengunjung blog anda sendiri dan tentunya di mata google.

Akibatnya, kalau anda tetap nekat mendaftarkan blog ke Adsense jawabannya tetap : Konten tidak memadai

# 4. Kerapian artikel blog

Kerapian artikel juga sanggup menjadi salah satu faktor diterima tidaknya blog oleh google adsense. Saya menyakini dalam melaksanakan review, pihak google adsense sangat memperhatikan kerapihan hingga detail terkecil dari sebuah blog.

Sebuah blog mulai template hingga navigasinya harus benar-benar rapi, usahakan blog anda dalam bentuk yang sesederhana mungkin alasannya yakni google menyukai kesederhanaan dan beri akomodasi pengguna untuk mengakses setiap konten di dalamnya.

Di samping itu perhatikan penggunaan bahasa dalam artikel yang anda buat.

Sebetulnya sah-sah saja anda mau memakai bahasa alay atau gaul pada blog anda, toh itu blog anda sendiri.

Tetapi ingat, blog anda sanggup diakses semua orang di seluruh penjuru dunia. Semua orang tanpa batasan gender, usia semua sanggup mengaksesnya. Kenapa penggunaan EYD ini penting ?

Karena saya yakin, yang mereview blog dari pihak google adsense yakni orang-orang yang berpendidikan. Kalau anda memakai bahasa yang keluar dari kaidah formal yang ada, sanggup jadi anda dianggap belum mempunyai kecakapan secara intelektual oleh pihak google.

Sebaiknya hindari penggunaan kata yang disingkat-singkat dan bahasa gaul yang kurang sanggup dimengerti secara umum, ibarat :

  • kata 'baik-baik' ditulis menjadi 'baik2',
  • kata 'yang' disingkat 'yg', 
  • menggunakan kata ‘boncos’ untuk sinonim kata rugi dan lain sebagainya

Perhatikan juga penggunaan tanda baca pada kalimat. Artikel juga harus ditulis secara runtut dan terstruktur. Jangan terbalik-balik antara pembuka, isi dan penutup. Itulah mengapa menciptakan kerangka goresan pena sangat penting dalam penulisan konten. Untuk lebih jelasnya mengenai pembuatan kerangka goresan pena anda sanggup membaca cara menciptakan kerangka goresan pena yang benar semoga artikel SEO friendly.

Termasuk dalam kerapian artikel yakni kelayakan artikel yang sesuai standar mutu webmaster. Diantaranya penerapan tag heading H1, H2 dan H3 serta hukum paragraf yang jelas.

Fungsi tag heading dan sub heading (H2 dan H3) yakni untuk memperjelas keberadaan artikel atau menekankan poin-poin penting dalam artikel.

Penerapan tag heading dan sub heading merupakan salah satu syarat kelayakan standar mutu webmaster untuk sebuah artikel.

Pemisahan antar paragraf juga perlu diperhatikan. Sebenarnya dalam penulisan blog tidak ada hukum baku layaknya hukum menulis pada sebuah buku. Yang perlu diperhatikan pada pemisahan antar paragraf yakni kenyamanan pengguna ketika membaca konten anda.

Coba anda bayangkan apabila goresan pena saya ini tidak ada paragrafnya atau paragrafnya panjang-panjang, niscaya akan menciptakan mata anda cepat lelah dan kurang nyaman bukan ?

Apabila blog anda kelihatan rapi pada setiap detailnya, itu sanggup menjadi indikator dan pertimbangan bagi pihak Google Adsense untuk mendapatkan blog anda sebagai mitranya alasannya yakni melihat keseriusan anda dan kecakapan anda dalam mengelola blog.

Lagipula, kalau blog anda rapi tidak hanya google yang akan menyukainya, tapi pengunjung juga akan merasa nyaman menjelajahi setiap isi blog anda.

# 5. Orisinalitas artikel

Hal ini sudah tidak sanggup dibantah lagi. Google sangat membenci artikel hasil copas. Jangan sekali-kali melaksanakan copas dalam pembuatan konten.

Tindakan copas biasanya dilakukan oleh para blogger yang kehilangan pandangan gres menulis untuk blognya atau memang sengaja melaksanakan copas hanya semata-mata mengincar keyword berharga tinggi dari suatu niche meskipun gotong royong ia tidak menguasai niche tersebut.

Kalau anda terpaksa melaksanakan copas jangan menyalin mentah-mentah artikel blog orang lain, tetapi gunakan teknik tulis ulang (rewrite) dengan mengambil pokok-pokok bahasan dan susunan kalimat anda sendiri.

Yang sering tidak disadari oleh kebanyakan blogger yakni ketika menyalin goresan pena dari buku atau majalah, terutama terbitan beberapa tahun belakangan ini.

Kebanyakan buku atau majalah kini juga mengambil referensi dari internet, jadi anda harus berhati-hati kalau ingin menyalin goresan pena dari buku atau majalah.

Yang juga perlu diperhatikan yakni ketika menyalin goresan pena atau artikel yang pernah anda buat di media umum ibarat facebook atau artikel yang pernah anda buat sebagai penulis tamu di blog orang lain.

Sebisa mungkin sebelum anda publish ulang cek terlebih dahulu dengan tools ibarat smallseotools/plagiarisme-checker untuk mengetahui goresan pena anda tersebut terdeteksi plagiat atau tidak.

Jangan hingga nanti menyebabkan duplikat konten pada blog anda.

Tindakan copas sanggup berdampak pada sisi SEO dan keputusan ketika pengajuan review Adsense.

Dari sisi SEO terang tindakan copas akan berdampak pada adanya duplicate content yang berpotensi menurunkan peringkat blog di mata mesin pencari.

Ingat, dalam pengajuan adsense itu yang mereview yakni orang (tim pakar google) dan juga robot (google bot).

Robot google sudah sangat canggih untuk mendeteksi mana artikel yang orisinal mana yang hasil copas. Jadi, meskipun goresan pena yang anda publish di blog gotong royong juga goresan pena anda sendiri di postingan sosial media atau artikel anda sebagai guest writer ada kemungkinan tetap dianggap sebagai duplikat konten, walaupun yang menulis yakni orang yang sama.

Sekian sedikit tips mengatasi penolakan google Adsense dengan alasan konten tidak memadai, semoga sanggup membantu anda dalam pengajuan Google Adsense selanjutnya.

Selalu berusaha dan terus berupaya semoga sanggup berguru dari setiap kesalahan semoga menjadi lebih baik.

0 Response to "Solusi Ditolak Google Adsense Alasannya Yaitu Konten Tidak Memadai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...