loading...

Panduan Lengkap Cara Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Non Hosted

Cara upgrade akun hosted ke non hosted - Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan salah satu pengunjung blog ini yang menanyakan cara upgrade akun hosted ke non hosted. Memiliki akun Adsense baik itu yang hosted lebih-lebih yang non hosted menjadi impian hampir semua blogger.
Memiliki akun google adsense berarti seorang blogger sudah menjadi seorang publisher Adsense dan sudah sanggup memasang iklan.

Khusus untuk akun adsense non hosted sendiri instruksi iklan sanggup dipasang di banyak blog sekaligus atau di blog mana saja entah itu masih menggunakan sub domain blogspot atau sudah domain TLD tanpa perlu minta persetujuan dari pihak google adsense lagi.

Jenis akun non hosted juga sanggup di gabungkan dengan akun youtube, sehingga penghasilan dari youtube menjadi satu dengan penghasilan blog.

Hal ini akan memudahkan dalam hal penerimaan pembayaran. Juga akan memudahkan dalam mengelola banyak blog dan banyak channel youtube dalam satu alamat peserta pembayaran.

Untuk sanggup memasang instruksi unit iklan di semua jenis blog menyerupai yang saya singgung diatas, maka Anda perlu melaksanakan upgrade perubahan akun adsense dari akun hosted menjadi non hosted.

Oh ya sebelum kita mulai proses upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted, sebaiknya kita ketahui dahulu perbedaan akun google adsense antara akun hosted dan non hosted yang masing masing akun mempunyai perbedaan fungsi, terutama dalam hal penempatan iklan.

Sederhananya, jenis akun adsense hosted hanya sanggup menampilkan iklan di youtube dan blog bersub domain blogspot saja, yaitu web situs yang di hosting oleh pihak google, dan tidak sanggup dipasang di blog yang menggunakan domain sendiri atau domain TLD (Top Level Domain), menyerupai blog dengan domain dot com, dot net, dot co dot id, dot org, dot  xyz dan lain sebagainya.

Sebaiknya Anda baca dahulu : Mengenal perbedaan akun google adsense hosted dan non hosted

Sebagai awal pembahasan ini saya mulai dari cara mendapat akun adsense terlebih dahulu. Ada 3 akun adsense yang sanggup Anda pilih dan dapatkan :

  • Akun hosted youtube, iklan hanya sanggup dipasang di youtube saja.
  • Akun hosted blogspot, iklan hanya sanggup dipasang di blogpsot saja.
  • Akun non hosted, iklan sanggup dipasang di youtube, blogspot dan blog domain TLD

Saya akan bahas satu persatu di bawah ini :
 Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan salah satu pengunjung blog ini yang menan Panduan Lengkap Cara Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Non Hosted

Cara mendapat akun adsense hosted youtube

Biasanya akun adsense hosted youtube ini dipakai oleh seorang blogger untuk mendapat akun adsense non hosted dengan cara melaksanakan upgrade. Karena dinilai lebih gampang ketimbang mendaftarkan lewat blog langsung.

Memang dahulu untuk mendapat hosted youtube seseorang cukup menggunakan akun gmail dan mempunyai 1 video original dan tidak melanggar kebijakan kegiatan Adsense kemudian di upload ke youtube. Setelah melalui masa review yang berkisar 1-3 hari biasanya permohonan eksklusif diterima dan mendapat akun hosted. Untuk akun adsense jenis ini, iklan hanya sanggup tayang di youtube saja.

Tapi dengan kebijakan google yang gres terkait monetisasi youtube kini sangat sulit. Berikut intisari kebijakan google terbaru berkaitan dengan monetisasi channel youtube :

  1. Apabila Anda seorang Youtuber yang ingin mendapat penghasilan dari iklan di Youtube, channel Anda harus mempunyai 1.000 subscribe
  2. Konten dari semua video Anda harus mempunyai jam tayang minimal 4.000 jam terhitung dari 12 bulan terakhir. Dan video tersebut harus asli buatan Anda.

Setelah channel Youtube telah mempunyai 1.000 subscribe dan 4.000 jam tayangan, apakah monetisasi pada channel kita akan eksklusif aktif?

Tidak, pihak Youtube masih melaksanakan review pada channel Anda, jikalau dinilai layak, permohonan monetisasi akan aktif.

Lantas, channel yang monetisasinya telah aktif sebelumnya tetapi belum mempunyai 1.000 subscribe dan 4.000 jam tayang, apakah monetisasi akan di nonaktifkan?

Kemungkinan besar akan di nonaktifkan, channel yang monetisasinya telah aktif tetapi belum memenuhi kebijakan terbaru Youtube ini akan ditinjau ulang dan biasanya akan dinon aktifkan hingga memenuhi kebijakan tersebut.

Hal ini telah menimpa channel youtube saya yang sebelumnya telah aktif monetisasinya tetapi kemudian di nonaktifkan oleh pihak Youtube alasannya ialah belum memenuhi ketentuan tersebut.

Jadi, untuk mendapat akun hosted youtube ketika ini Anda mungkin memerlukan usaha yang lebih berat daripada sebelumnya

Cara mendapat akun adsense hosted blogspot

Untuk mendapat akun adsense blogspot tentunya Anda harus mempunyai blog yang menggunakan kemudahan hosting gratis dari google dan bersub domain blogspot, kemudian menulis konten yang asli dan tidak melanggar kebijakan kegiatan adsense.

Untuk mendaftar adsense hosted blogspot pengguna di wajibkan menunggu hingga blog layak untuk di daftarkan.

Setidaknya menurut pengalaman saya waktu diterima full approved oleh Google Adsense, blog yang didaftarkan berisi setidaknya 20 hingga 30 artikel, atau dalam waktu 3 bulan. Anda sanggup membaca terkait problem kelayakan blog untuk berpartisipasi dalam kegiatan Adsense ini di kelayakan untuk berpastisipasi di AdSense

Setelah itu blog sanggup di daftarkan ke Adsense melalui sajian earning/penghasilan yang ada di dashboard blogspot. Untuk akun adsense jenis ini, iklan hanya sanggup tayang di blogspot saja.

Agar instruksi iklan kedua akun adsense hosted di atas (youtube dan blogspot) sanggup di tampilkan di blog/situs yang di hosting diluar google atau di situs sendiri, maka Anda perlu melaksanakan upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted dengan syarat menyediakan domain tingkat atas (Top level domain) atau sering di sebut domain TLD.

Untuk Anda yang menggunakan platform blogspot dan mempunyai nama domain TLD sendiri, Anda harus melaksanakan custom domain.

Untuk cara custom domain, Anda sanggup bertanya ke penyedia layanan daerah Anda membeli domain, alasannya ialah kemungkinan setiap penyedia layanan mempunyai cara yang berbeda-beda.

Bagi Anda pemakai wordpress sanggup menggunakan kemudahan CMS dari wordpress.org yang di hosting sendiri.

Cara upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted

1. Masuk ke akun adsense Anda
2. Pilih Setelan/Settings (ikon roda gigi)
3. Klik sajian Akses dan otorisasi.
4. Di bab “Tampilkan iklan di situs web lain”, masukkan URL situs. Gunakan www.bloganda.com.
5. Jika sudah, klik kirim.
6. Terakhir, Anda harus menerapkan instruksi iklan AdSense di blog Anda.

Sedang untuk youtube, dengan adanya kebijakan gres yang telah saya utarakan di atas, saya hanya akan memperlihatkan panduan cara monetisasi saja alasannya ialah terus jelas monetisasi youtube saya juga dinon aktifkan.

1. Silahkan masuk ke akun youtube Anda
2. Pada akun Anda pilih Creator Studio
3. Pilih sajian Channel dan klik sajian monetization
4. Lihat pada tab Monetization, apabila tertulis Not Enabled, silahkan klik tombol Enable disebelahnya
5. Anda akan dibawa ke sajian Monetization dan disitu silahkan klik tombol Start
6. Apabila disetujui Anda gres mengaitkan blog Anda dengan akun hosted youtube

Jika tujuan Anda daftar Adsense melalui Youtube ini semoga iklan sanggup dipasang di blog, maka akun Adsense Anda yang sudah diterima tersebut harus dirubah jenis akunnya dari Youtube Hosted menjadi Non Hosted terlebih dahulu dengan memperhatikan beberapa faktor berikut :

Berapa banyak video dalam channel yang sudah ditonton ?

Hal ini berkaitan dengan keaktifan Anda dalam mengelola channel yang dimonetisasi. Apakah selama menjadi kawan Google Adsense hosted Anda memaksimalkan kesempatan tersebut.

Berapa penghasilan yang didapatkan dari channel Anda tersebut ?

Hal ini juga sanggup menjadi pertimbangan oleh pihak Google.

Apakah selama Anda mempunyai akun hosted berhasil mendapat penghasilan yang memadai atau hanya sekedar  punya akun dan semata-mata hanya ingin mengajukan upgrade ke akun non hosted.

Hal ini yang kini banyak menjadi pertanyaan para publisher Adsense yang mencicipi betapa susahnya untuk upgrade dari Youtube Hosted ke blog Non Hosted. Saya sendiri pernah mencoba untuk upgrade akun Youtube Hosted saya yang sama sekali tidak saya kelola dan kesannya memang upgrade saya ditolak oleh Google.

Di tingkat apa jam tanyang channel Anda ditonton oleh pemirsa ?

Google Adsense menghitung penayangan sah ialah 30 detik. Jika video di channel Anda yang menonton kurang dari 30 detik, maka tayangan itu tidak sah untuk dimonetisasi dan sanggup dianggap SPAM., Jadi, catatan masa kemudian di channel Youtube Anda juga menjadi pertimbangan.

Google Adsense tidak suka bermitra dengan channel yang upload video asal saja yang menjadikan pembaca tidak betah untuk menonton. Sebaiknya Anda kelola channel Anda terlebih dahulu dengan baik sebelum memutuskan upgrade ke level yang lebih tinggi atau ke akun non hosted.

Hal ini saya utarakan alasannya ialah jangan hingga aAda daftar Google Adsense melalui Youtube dengan tujuan semoga sanggup memasang iklan di blog Anda menjadi sia-sia. Jadi, pikirkan dengan matang sebelum Anda mendaftar apakah Anda siap untuk mengelola channel Youtube Anda ?

Sedikit saran dari saya, apabila Anda belum siap untuk mengelola channel Youtube dan Anda sudah mempunyai blog dengan pengunjung yang stabil dan Anda perkirakan tidak ada yang melanggar kebijakan Google sebaiknya Anda mencoba daftar Google Adsense melalui blog saja.

Karena, bayang-bayang masa kemudian akun Youtube Hosted anda yang kelam sanggup menjadi salah satu penghambat Anda menjadi Publisher Adsense.

Apabila ada teman-teman yang punya informasi dan pengalaman terkait upgrade akun hosted youtube ke non hosted silahkan tulis di kolom komentar

Kembali ke problem upgrade, sehabis proses pengajuan upgrade Anda selesaikan, maka tim google adsense akan mereview blog Anda kembali, untuk proses ini kita hanya menunggu hingga tim google adsense memutuskan kelayakan blog Anda untuk mendapat persetujuan sepenuhnya, sambil menunggu review sebaiknya tetap update artikel menyerupai biasa.

Jika pengajuan upgrade Anda diterima akan ada pemberitahuan melalui email bahwa akun google adsense non hosted anda telah diaktifkan sepenuhnya.

Untuk jangka waktu review tergantung dari tim google adsense, ada yang hanya beberapa hari hingga ada yang berbulan-bulan. Mungkin tergantung banyak tidaknya antrian blog yang mengajukan permohonan upgrade akun adsense tersebut.

Ada yang bilang jikalau proses upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted ini penuh misteri, tapi yakinlah jikalau blog Anda sudah memenuhi kriteria dan mematuhi segala kebijakan kegiatan adsense kemungkinan untuk diterima selalu terbuka.

Kaprikornus tetap yakin, terus update artikel dan berdoa semoga mendapat persetujuan sepenuhnya (full approved).

Demikian panduan cara upgrade akun Adsense hosted menjadi non hosted, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Non Hosted"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...