loading...

Optimasi Seo 10 Menit Untuk Meningkatkan Peringkat Blog Di Mesin Pencari

Mungkin selama ini ada beberapa sahabat blogger yang menganggap optimasi SEO atau search engine optimization merupakan sesuatu yang sulit dan menciptakan pusing. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. SEO gotong royong bukanlah sesuatu yang susah tetapi tentu saja perlu perjuangan untuk mengoptimalkannya.

Jika pada artikel saya sebelumnya mengenai SEO On Page dan SEO Off Page, sudah saya ulas panjang lebar beberapa poin yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ranking blog dan masuk pageone SERP secara keseluruhan dalam mengelola situs. Maka pada artikel ini saya akan mengulas meningkatkan secara optimal SEO secara sederhana yang bisa Anda lakukan dalam waktu yang sangat singkat setiap harinya. Kuncinya hanya pada konsistensi Anda sebagai seorang blogger.

Jadi, jangan berpikir melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO itu perlu waktu berjam-jam atau bahkan hingga berhari-hari. Anda hanya perlu rutin melaksanakan beberapa tips di bawah ini dalam waktu 10 menit setiap hari untuk melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO pada konten Anda.

Kalau Anda lakukan dengan benar, maka lambat laun Anda akan mendapat hasil yang menggembirakan pada blog/situs Anda.
Mungkin selama ini ada beberapa sahabat blogger yang menganggap  Optimasi SEO 10 Menit Untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Mesin Pencari

6 Optimasi SEO dalam Waktu 10 Menit

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan secara optimal SEO konten blog

#1. Update Konten Blog Anda

Sebagai seorang blogger, pekerjaan Anda tidak berhenti sesudah menerbitkan artikel. Tetapi cari gosip lain yang mungkin terlewatkan terkait topik artikel yang Anda publish tersebut.

Seiring berjalannya waktu, tidak jarang gosip dalam artikel yang kita terbitkan beberapa waktu sebelumnya mengalami penambahan gosip baru.

Sehingga kalau konten yang telah kita terbitkan tidak kita update informasinya niscaya akan dilibas oleh artikel lain yang lebih fresh.

Update konten juga akan menciptakan pengunjung merasa mendapat gosip gres meskipun gotong royong konten yang mereka baca telah diterbitkan beberapa waktu yang lalu.

Kaprikornus kalau Anda mendapat gosip gres yang terkait topik artikel usang Anda, segeralah perbaharui. Atau luangkan waktu untuk membaca konten usang Anda dan cari konten yang berdasarkan Anda masih bisa dikembangkan sehingga lebih bermanfaat bagi pembaca.

#2. Promosikan Konten Anda di Media Sosial

Dalam memilih peringkat, algoritma Google terbaru tidak menyebutkan media umum sebagai faktor yang mempunyai dampak besar terhadap rangking suatu situs. Namun, hal tersebut bukan berarti sosial media tidak mempunyai kegunaan sama sekali.

Dengan menggunakan meningkatkan secara optimal SMO (Social Media Optimization), media umum bisa membantu mengirim kemudian lintas ke situs Anda. Di samping itu dengan mempunyai counter share sosial media yang tinggi akan menawarkan otoritas situs Anda lebih banyak di mata pengunjung.

Jika postingan Anda mempunyai ratusan bahkan ribuan share di media sosial, pembaca konten Anda akan lebih cenderung mempercayai apa yang Anda tulis. Akibatnya, mereka dengan sukarela akan kembali membagikannya di akun media umum milik mereka, kepada keluarga, ataupun teman, sehingga hal tersebut bisa memperkuat jangkauan konten blog Anda.

Jadi, sehari luangkan waktu sedikit saja untuk membuatkan konten Anda dan terlibat di media umum yang Anda ikuti.

#3. Perbaiki Permalink, Judul, dan Meta

Memiliki struktur permalink/URL yang membingungkan tidak baik untuk SEO. Cobalah untuk menyederhanakan URL yang ada sehingga lebih relevan dengan topik dan jangan lupa sertakan kata kunci.


Pembahasan lengkap mengenai permalink, bisa Anda baca di mengenal permalink dan cara membuatnya SEO Friendly

Memang memperbarui permalink bisa dianggap konten Anda sebagai konten yang gres oleh Google, tetapi dengan cara mensubmit ulang konten tersebut melalui fetch as google di webmaster bisa membantu memperpecat konten Anda terindeks kembali

Di edit halaman postingan, Anda juga harus perbaiki judul dan deskripsi meta Anda jikalau memang perlu diperbaiki. Dengan membuat judul dan deskripsi meta menjadi lebih menarik, akan meningkatkan rasio klik-tayang dari hasil penelusuran.

#4. Periksa Setiap Broken Link

Periksa link internal maupun eksternal blog Anda apabila ada yang rusak alasannya hal ini sangatlah penting bagi SEO.

Untuk mengeceknya Anda bisa memasang ekstensi Chrome yang juga disebut Broken Link Checker, atau melalui tool online seperti Brokenlinkcheck.com yang akan mengusut halaman dengan broken link.

Jika Anda pengguna WordPress, Anda bisa memasang plugin ibarat Broken Link Checker yang bisa membantu Anda mengusut tautan yang error pada blog Anda

Jangan lupa juga untuk menambahkan link internal yang relevan didalam postingan di blog Anda.

Jika artikel di postingan tersebut bekerjasama dengan artikel yang pernah Anda tulis, silakan dihubungkan. Hal tersebut bisa meningkatkan jumlah pageview dan menurunkan skor bounce rate blog.

#5. Analisa Kompetitor Anda

Anda tidak sendirian menjadi blogger, di luar sana mungkin ribuan bahkan jutaan orang yang menjadi blogger ibarat Anda. Jadi, Anda harus bisa bersaing dengan mereka.

Untuk menjadi yang terbaik, Anda bisa intip belakang layar dapur kompetitor Anda tersebut.

Dengan memakai tools ibarat Buzzsumo dan SEMRush, Anda cukup mengetikkan URL kompetitor Anda dan melihat konten mana yang paling terkenal dan kata kunci mana yang paling banyak menghasilkan kemudian lintas di situs pesaing Anda.

Misalnya saja Buzzsumo mempunyai fitur yang akan memperlihatkan orang-orang yang membuatkan konten tertentu. Sedang SEMRush bisa memberi Anda data backlink dari konten kompetitor sehingga Anda bisa menjangkau orang-orang yang sama ketika mempromosikan konten yang serupa juga.

Meluangkan waktu setiap hari untuk menganalisa para kompetitor Anda akan memberi inspirasi dan peluang gres untuk mempromosikan artikel Anda.

#6. Terlibat dengan Blog atau Situs besar di Niche Anda

Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel saya mengenai backlink berkualitas, bahwa berkomentar di blog orang lain bukanlah cara terbaik untuk menambah backlink ke blog Anda.

Beberapa blog memang mempunyai bab komentar yang memungkinkan Anda memposting nama dan link, namun tujuan utama berkomentar bukanlah menambah backlink ke blog Anda.

Meskipun begitu berkomentar jikalau dilakukan dengan cara benar, bisa membantu membuka peluang meningkatnya kemudian lintas yang masuk di blog Anda juga.

Luangkan waktu sejenak Anda untuk blogwalking untuk mendapat backlink sekaligus mencari ide-ide gres untuk blog Anda

Cara terbaik ialah menjadi guest blog di beberapa blog maupun situs dan menawarkan tautan ke konten blog kita yang relevan dengan topik tersebut.

Mudah-mudahan beberapa tips di atas mengenai optimasi SEO bisa membantu Anda meningkatkan peringkat di search engine dalam jangka panjang. Yang perlu diingat, SEO bukanlah sulap tetapi sebuah metode untuk jangka panjang yang bisa dipengaruhi oleh perubahan-perubahan kecil yang Anda lakukan setiap hari.

0 Response to "Optimasi Seo 10 Menit Untuk Meningkatkan Peringkat Blog Di Mesin Pencari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...