loading...

Ini Beliau 6 Kiat Sukses Jack Ma Membangun Alibaba Dan Kerajaan Bisnisnya

Kalau kita membaca atau mendengar kisah inspiratif dari para pelaku bisnis yang sukses membesarkan kerajaan bisnisnya, mungkin kita terbesit untuk mengetahui kiat sukses dan mencoba mengikuti jejak langkah mereka.

Rata-rata mereka membangun kerajaan bisnisnya dari nol tanpa mempunyai modal maupun skill yang mumpuni. Tapi mereka berhasil mengelola bisnisnya hingga menjadi besar dan menggurita. Apa bergotong-royong kiat sukses bisnis mereka ?

Ternyata semuanya bermuara pada rujukan pikir bisnis mereka.

Memang kesuksesan sebuah bisnis ditentukan oleh banyak faktor menyerupai taktik yang tepat, jaringan yang luas dan semangat yang kuat. Namun, semua hal tersebut tidak ada artinya bila rujukan pikir kita tidak dirubah layaknya para pebisnis sukses.

Kalau kita membaca atau mendengar kisah inspiratif dari para pelaku bisnis yang sukses mem Ini Dia 6 Kiat Sukses Jack Ma Membangun Alibaba dan Kerajaan Bisnisnya


Kiat sukses membangun bisnis


Dalam artikel kali ini, saya akan mengulas mengenai rujukan pikir para pebisnis sukses yang saya rangkum dari beberapa sumber menyerupai dari buku “Banyak Cara Menjadi Kaya” karya  AJ Hendro Sugianto dan beberapa sumber lainnya termasuk kisah inspiratif kesuksesan pendiri Alibaba, Jack Ma yang saya rangkum dalam 6 poin penting kiat sukses bisnis yang bisa anda terapkan, yaitu :

1. Kesuksesan bukan ditentukan oleh nasib


Jangan menganggap kesuksesan seseorang alasannya memang ia sudah ditakdirkan sukses. Kesuksesan tidak akan diraih bila kita tidak berusaha menggapainya.

Nasib seseorang sangat dipengaruhi oleh semua tindakan yang dilakukannya. Tentu saja tindakan-tindakan tersebut dimotori oleh rujukan pikirnya.

Menjadi orang sukses atau menjadi orang gagal bukanlah alasannya nasib, melainkan alasannya rujukan pikir dan tindakannya yang berakibat  pada keadaan sekarang.

Untuk menjadi sukses dan kaya, orang harus berkemauan keras dan berusaha konsisten dari waktu ke waktu. Untuk mencapai sukses yang besar, anda harus memalsukan cara berpikir dan cara kerja para pebisnis sukses, yaitu mulailah dengan kesuksesan-kesuksesan kecil yang akan mengantar pada kesuksesan besar pada suatu hari nanti.

Setiap waktu secara terus menerus memperbaiki diri dengan dilandasi kemampuan dan pengalaman yang akan mempermudah jalan bisnisnya menuju kesuksesan.

2. Kesuksesan yakni suatu proses perjalanan


Seorang pebisnis sukses menimbulkan bisnisnya sebagai sebuah proses perjalanan yang harus dijalani. Bagi mereka, kesuksesan bukanlah suatu tujuan akhir, melainkan hanya hasil dari proses perjalanan bisnis.

Setiap tindakan yang anda lakukan dan keputusan sempurna yang anda pilih juga cuilan dari sebuah kesuksesan. Dalam suatu perjalanan bisnis, anda akan mendapati banyak kesuksesan kecil yang nantinya terkumpul menjadi sebuah kesuksesan besar.

Sebuah kesuksesan tidak hanya dihasilkan dari satu tindakan atau satu keputusan melainkan kumpulan dari kesuksesan-kesuksesan anda setiap hari dalam menjalankan roda bisnis.

Anda niscaya hafal pepatah waktu kita sekolah

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Begitu juga dengan bisnis. Jadikan bisnis sebagai suatu kebiasaan yang positif dalam perjalanan hidup anda, kelak kesuksesan akan menghinggapi anda.

3. Kesuksesan tidak luput dari kegagalan


Satu rujukan pikir yang selama ini membelenggu kita yakni takut gagal.

Bagi seorang pebisnis sukses kegagalan merupakan salah satu cuilan dari kesuksesan, dengan rujukan pikir ini membuat mereka tidak jera dan berhasil menangkap peluang sukses di masa yang akan datang.

Thomas A Edison, si penemu lampu mengalami 1000 kali kegagalan dalam percobaannya sebelum ia berhasil menemukan lampu yang menerangi seluruh dunia.

Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.

Dengan kegagalan yang kita alami, maka pengalaman dan kematangan kita dalam menjalankan bisnis akan semakin terasah. Sebaliknya, orang gagal akan menganggap kegagalan sebagai suatu pengalaman yang akan membuat takut dan tidak mau untuk mencoba lagi.

Satu dongeng inspiratif dari Jack Ma, pendiri e-commerce terbesar di dunia, Alibaba dan salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaaan ditaksir sekitar Rp. 289 triliun.

Jack Ma sempat gagal ujian masuk SD sebanyak 2 kali, Sekolah Menengah Pertama 3 kali dan ditolak Universitas Harvard hingga 10 kali.

Setelah selesai kuliah, ia melamar ke aneka macam perusahaan, 30 kali melamar 30 kali pula ia ditolak. Termasuk dikala mendaftar di KFC dari 24 pelamar hanya 23 yang diterima dan ia satu-satunya yang gagal waktu itu.

Tapi, kini ia menjadi pebisnis paling sukses di China.

4. Setiap ada duduk kasus disitu ada peluang


Semua orang tidak akan pernah lepas dari duduk kasus dalam hidupnya.

Para pebisnis sukses memandang setiap ada duduk kasus niscaya membutuhkan solusi dan karenanya membuat peluang bisnis. Pola pikir mereka inilah yang membuat mereka tidak gampang mengalah dan tahan banting.

Sebaliknya, orang gagal akan memandang duduk kasus di setiap solusi yang dibuat. Akibatnya, ia cenderung pesimistis dalam menanggapi peluang yang hadir.

Dia lebih menentukan status membisu yang ia anggap paling aman. Orang gagal biasanya takut mencoba. Baginya lebih baik dalam status quo daripada mencoba dan gagal lagi.

Satu lagi dongeng dari Jack Ma, dikala ia mulai mendirikan bisnis e-commerce-nya, ia melihat bahwa duduk kasus utama yang sering dihadapi oleh pengusaha kecil di China yakni kurangnya infrastruktur dan mentor yang menjadi jembatan bagi para pengusaha kecil.

Dengan jeli ia menangkap peluang dari duduk kasus tersebut dan mulailah ia membuatkan bisnis pada perusahaan Alibaba-nya.

5. Bisnis harus dengan sistem


Sebuah bisnis tidak bisa dijalankan dengan ala kadarnya dan asal-asalan. Perlu adanya sistem seberapa besar atau kecil bisnis yang anda geluti.

Dengan sistem yang dibangun semenjak awal berbisnis akan memberi pondasi yang berpengaruh dikala bisnis anda berubah menjadi besar.

Jangan tunggu bisnis anda menjadi besar alasannya sebuah bisnis yang baik yakni bisnis yang djalankan dengan peraturan dan prosedur kerja yang teratur sehingga tidak ada celah untuk mengacaukan proses bisnis anda.

6. Berperanlah menyerupai karyawan


Ketika bisnis kita berkembang niscaya kita membutuhkan orang lain. Rendah hati dan perlakukan diri kita layaknya menyerupai karyawan.

Dengan cara demikian anda akan mempunyai kepekaan lebih dalam mendengarkan pendapat orang lain terhadap bisnis yang kita jalani untuk kita terapkan dalam membangun kerajaan bisnis anda

Dari 6 kiat sukses bisnis yang saya uraikan di atas, semuanya bermuara pada rujukan pikir kita. Apabila mindset kita telah terbentuk dengan rasa cemas, takut, pesimis akan kegagalan maka selamanya kita akan terkungkung oleh mindset kita tersebut.

Jadi, sebelum anda memulai untuk berbisnis sebaiknya anda kaji ulang mindset anda. Sudah berpikir positifkah anda ? sudah optimiskah anda ? Silahkan anda bermimpi setinggi mungkin kemudian kejar mimpi tersebut dengan mindset positif yang anda bangkit dan tuangkan menjadi role mode dalam membangun bisnis anda.

Sekian sedikit coretan saya mengenai kiat sukses berbisnis, biar bisa menjadi pandangan gres dan motivasi bagi anda yang sedang memulai atau membuatkan bisnis.

Jika anda ada pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan kirim melalui kolom komentar yang kami sediakan.

Jika berkenan silahkan SHARE artikel ini kepada kerabat dan sahabat anda melalui tombol Sosial Media (Facebook, Twitter dan Google+) yang tersedia di bawah. Terima kasih.

0 Response to "Ini Beliau 6 Kiat Sukses Jack Ma Membangun Alibaba Dan Kerajaan Bisnisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...