loading...

Ingin Menciptakan Konten Berkualitas ? Cukup Lakukan 10 Kebiasaan Ini

Konten berkualitas merupakan kunci sukses blog mendapat banyak traffik. Ya, anda niscaya pernah dengar istilah “Content is king”, konten/artikel yang anda buat sangat kuat pada perkembangan blog anda.

Meskipun teknik untuk menciptakan konten yang berkualitas sangat bermacam-macam dari masing-masing blogger namun pada pada dasarnya yaitu bisa menulis konten yang menarik dan secara konsisten dari waktu ke waktu.

Bagaimana cara menulis konten yang berkualitas akan bervariasi antara blogger satu dengan blogger lain sebab setiap blogger mempunyai gaya dan kebiasaan mereka masing-masing tetapi ada beberapa prinsip dasar penulisan konten blog yang mungkin perlu diingat.

Menulis yaitu keterampilan yang sulit kalau tidak dilakukan secara rutin. Anda bisa membuatkan ketrampilan menulis ini menjadi sebuah kebiasaan sehingga semakin terasah.

Jika anda seorang blogger maka anda dituntut untuk menulis dengan baik dan menarik bagi pengunjung anda.

Konten berkualitas merupakan kunci sukses blog mendapat banyak traffik Ingin Membuat Konten Berkualitas ? Cukup Lakukan 10 Kebiasaan Ini

Buatlah konten berkualitas untuk pembaca Anda


Algoritma Google terbaru mengharuskan kita untuk tidak hanya menciptakan konten yang SEO friendly di mata robot mesin pencari tetapi juga konten yang human friendly di mata pengunjung blog.

Bagaimana cara semoga artikel kita human friendly yang mengikat pembaca untuk betah lama-lama membacanya ?

Sebenarnya sangat simpel, cukup memenuhi 2 syarat ini ...

Menurut buku Menulis Secara Populer yang disusun Ismail Marahimin, untuk jadi penulis bagus, kita perlu mempunyai kepekaan yang tajam!

Dalam buku itu disebutkan, setidaknya ada dua kepekaan utama yang perlu dimiliki penulis :

1. Kepekaan berbahasa

Maksudnya, peka soal gaya penulisan yang digunakan; termasuk juga teliti dengan detail teknis menyerupai ejaan, kiasan, pilihan dan permainan kata, penataan kalimat, dan juga paragraf.

2. Kepekaan materi

Anda pernah mungkin pernah membaca goresan pena yang panjang dengan susunan kalimat berbunga-bunga, padahal bahwasanya isinya sedikit.

Atau mungkin sebaliknya, goresan pena yang data dan informasinya seabrek, tapi susah dipahami, hingga bikin dahi mengerut.

Nah, ini biasanya terjadi sebab salah dalam meramu tulisan. Karena, ada juga goresan pena yang tampaknya biasa saja, tapi yummy dibaca dan dipahami, bahkan mencerahkan pembacanya.

Formula yang diolah untuk suatu goresan pena belum tentu pas kalau digunakan pada goresan pena lain. Maka itu, diharapkan kepekaan bahan yang artinya jeli meramu kecocokan bahan atau topik yang dibahas, dengan gaya tulisannya secara seimbang.

Sebaiknya anda baca dulu : 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

Dalam menciptakan konten ada banyak hal yang harus anda lakukan untuk memberi kesan yang baik pada pembaca.

Cobalah untuk menulis dan menjelaskan hal-hal dengan cara yang terperinci dan komprehensif dalam artikel anda.

Dalam artikel kali ini saya akan membagi informasi beberapa kebiasaan yang sanggup membantu anda dalam menulis artikel yang berkualitas.

1. Lakukan penelitian dan buat kerangka sebelum menulis


Sebelum mulai menciptakan konten, lakukan penelitian menyeluruh wacana topik yang akan anda tulis.

Ini akan meningkatkan pengetahuan anda wacana topik itu, sehingga anda bisa menulis dengan bebas dan informatif.

Memiliki pengetahuan yang lebih dalam terkait topik yang ditulis akan menciptakan konten anda unik dan berharga bagi pengunjung blog.

Setelah anda memeliki cukup rujukan mengenai topik yang akan ditulis, buatlah kerangka dasar mengenai permasalahan yang akan dibahas.

Dengan menciptakan kerangka, maka anda mempunyai patokan apa saja yang akan anda tuangkan dalam konten dan menciptakan konten menjadi sistematis.

Untuk lebih jelasnya wacana pembuatan kerangka tulisan, silahkan baca : Cara Membuat Kerangka Tulisan yang Benar Agar Artikel SEO Friendly

2. Menulis di pagi hari


Pagi hari identik dengan udara segar dan pikiran yang masih fresh. Pagi hari memungkinkan kita mendapat ide-ide segar yang bisa kita tuangkan dalam konten.

Suasana pagi yang terasa cukup hening dan energik bisa membantu anda menulis konten secara lebih mendalam . Konten-konten yang saya buat sebagian besar juga saya tulis pada pagi hari dan saya publish pada sore harinya.

Kalau selama ini anda belum pernah mencoba menulis konten di pagi hari, coba anda rasakan pengalaman gres tersebut.

3. Menulis ke pokok permasalahan dan sederhana


Ingat, menulis untuk blog tidak sama dengan menulis novel. Membuat konten untuk blog harus sederhana dan ilustratif sehingga siapapun bisa mengerti apa isi dari konten anda.

Kalau selama ini ada anggapan untuk menciptakan konten menjadi rangking 1 di search engine harus dengan konten yang panjang tidak sepenuhnya benar.

Memang Google sangat menyukai artikel yang panjang tetapi harus relevan, sistematis dan tidak asal panjang saja.

Jangan cuma mengejar menciptakan artikel yang panjang kalau memang konten yang sedang anda bahas hanya cukup dibentuk konten yang pendek.

Hal ini menyangkut dengan kepekaan materi. Sesuaikan porsi goresan pena anda dengan informasi yang ada jangan dilebih-lebihkan.

Konten yang berisi 300-500 kata sudah cukup baik di mata Google kalau isinya memang cukup berkualitas. Google menyukai konten yang pribadi memberi solusi dan informasi bukan hanya berisi basa-basi.

Untuk menghasilkan kemudian lintas yang manis pada konten, cara menulis anda harus cukup sederhana.

Untuk itu ungkapkan pandangan anda dengan cara yang sederhana dan tepat. Hal Ini akan membantu pembaca untuk gampang memahami maksud dari konten yang anda tulis.

Yang perlu diperhatikan juga, jangan gunakan kata-kata pada paragraf awal yang menciptakan pembaca sulit memahami arti kata-kata anda. Buat yang sesederhana mungkin dan pribadi ke pokok masalah.

4. Jangan ulangi kata yang sama lagi


Hal itu bisa mengurangi daya tarik artikel anda. Cobalah untuk memakai kata-kata yang berbeda. Selain kurang nyaman bila dibaca pengunjung juga bisa terindentifikasi sebagai spam oleh mesin penelusur dan menurunkan pagerank blog.

Jika perlu mengulangi kata apapun, maka cobalah untuk mencari tahu sinonimnya dan menggunakannya di artikel.

Anda bisa memakai kamus Bahasa Indonesia atau kalau blog anda berbahasa Inggris bisa mencoba memakai tool WordWeb untuk mencari sinonim kata.

5. Baca kembali goresan pena anda


Bacalah konten yang sudah dibentuk setidaknya dua kali.

Anda bisa memilah-milah beberapa kesalahan pada dikala pertama kali membaca. Sedang membaca yang kedua memastikan abolisi kesalahan tersebut telah benar.

Jika memungkinkan bacalah dengan nyaring. Anda sanggup dengan gampang menghapus banyak kesalahan dari artikel anda.

Bila anda membaca kedua kalinya anda akan membacanya dari perspektif pembaca dan ini akan banyak membantu anda dalam konstruksi kalimat.

Membaca kembali konten membantu dalam memilih apa yang harus disertakan dan apa yang harus dibuang.

Jika anda menemukan kata yang tidak memberi nilai pada konten maka lebih baik membuang kata itu dari konten.

Contohnya kalimat "Samsung yaitu brand smartphone terbaik dikala ini" akan lebih baik daripada "Samsung yaitu merek smartphone terbaik, terkeren dan terlaris dikala ini".

6. Pelajari tata bahasa


Tata bahasa memilih kualitas posting. Jika anda menciptakan terlalu banyak kesalahan tata bahasa di artikel anda maka tidak ada yang mau membacanya.

Anda juga akan mendapat banyak komentar yang tidak menyenangkan atas kesalahan anda tersebut.

Kaprikornus saran saya belajarlah tata bahasa untuk menghindari kesalahan penulisan anda.

Sewaktu Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas bahwasanya kita telah berguru wacana tata bahasa ini tetapi ternyata masih banyak juga para blogger yang mengalami duduk kasus dalam tata bahasa ini juga.

Saya pribadi merasa tata bahasa saya tidak begitu manis dan ketika saya baca kembali konten-konten yang ada dalam blog saya terkadang menemukan kesalahan tata bahasa ini.

7. Menggunakan alat pemeriksa ejaan


Kalau anda enggan berguru tata bahasa, anda bisa memanfaatkan proteksi alat pemeriksa ejaan yang sangat membantu dalam menemukan kesalahan ejaan anda terlebih lagi kalau blog anda berbahasa Inggris.

Jika anda memakai windows Live writer untuk menulis postingan, maka anda bisa memakai tombol F7 untuk segera menyidik kesalahan ejaannya.

Untuk mengaktifkan pengecekan ejaan secara realtime silahkan klik sajian Tools> Option> Spelling> check. Gunakan opsi pemeriksa ejaan real time (squiggles).

Anda juga bisa memakai extension Grammarly di Google Chrome yang sangat membantu dalam mengecek tata bahasa dan ejaan yang kita gunakan.

Tingkat akurasi Grammarly cukup baik dengan menawarkan tanda garis merah kepada setiap kata yang dianggap belum benar.

8. Jangan terburu-buru untuk publish


Setelah selesai menciptakan konten jangan segera menekan tombol publish.

Silahkan di save terlebih dahulu dan cobalah untuk mengeditnya kembali dengan pikiran yang lebih segar.

Kebiasaan ini sangat membantu dalam menemukan beberapa kekurangan dan kesalahan sebab terkadang konten yang kita buat masih terasa ada yang janggal dan kurang.

9. Minta teman untuk mengoreksi konten anda


Anda bisa bertanya kepada teman atau anggota keluarga anda (yang mempunyai pengetahuan tata bahasa yang baik) untuk mengoreksi artikel anda.

Seringkali konten yang kita rasakan telah benar ternyata kalau dibaca oleh orang lain masih terasa ada kekurangan atau kejanggalan.

Hal ini membantu anda menciptakan konten yang yummy dibaca dan dipahami oleh pembaca artikel anda nantinya.

10. Teruslah membaca konten terbaik


Jika anda ingin menulis konten yang terbaik maka anda harus membaca konten yang terbaik juga.

Misalnya anda mempunyai topik seputar blogging, ada beberapa blog yang menawarkan konten berkualitas seputar blog kepada pembacanya secara gratis.

Cobalah untuk membaca Panduanim milik mas Darmawan salah satu blog favorit saya yang sangat sistematis dengan gaya bahasa yang gampang dipahami.

Kalau anda ingin membaca tips-tips seputar teknik penulisan yang baik, silahkan kunjungi Yellowcabin yang membahas secara lengkap segala hal wacana komunikasi termasuk teknik penulisan.

Anda juga bisa membaca artikel-artikel  berbahasa Inggris milik Copyblogger dari Brian Clark sebab menawarkan konten terbaik dengan cara yang paling sederhana sesuai apa yang anda butuhkan

Kesimpulan


Blogger yang ingin menciptakan konten yang berkualitas niscaya tahu menulis artikel membutuhkan banyak waktu, dan proses tahap demi tahap untuk menghasilkan sebuah konten yang unik dan berharga.

Setidaknya ada 5 tahap yang harus dilalui untuk menciptakan sebuah konten berkualitas :

  1. Anda harus menganalisis topik yang akan anda tulis di dalamnya. 
  2. Anda harus menciptakan daftar dan kerangka goresan pena beberapa gagasan wacana topik yang terkait. 
  3. Anda perlu melengkapi kalimat dan paragraf artikel, yang terkait dengan topik Anda.
  4. Anda perlu mengedit artikel anda dan biarkan semua pertanyaan selesai. 
  5. Terakhir membaca kembali yaitu keharusan.

Inilah tahapan yang sebaiknya anda lalui menulis artikel suatu topik.

Jika anda melaksanakan 10 kebiasaan di atas, berarti anda juga telah melewati 5 tahapan dalam pembuatan artikel yang berkualitas.

Pastikan semua tahap ini anda lalui dengan benar. Untuk itu, anda tidak perlu terburu-buru menghasilkan konten sebanyak-banyaknya.
Kesuksesan sebuah blog tidak diukur dari banyaknya konten, tetapi seberapa berkualitas konten tersebut
Mungkin anda pernah dengar istilah, "Praktik menciptakan seseorang sempurna,"

Jika kita ingin menjadi blogger yang baik dengan artikel-artikel berkualitas kita harus menciptakan kebiasaan menulis tersebut secara teratur.

Ingat, seorang penulis yang manis harus mempunyai kepekaan bahan dan kepekaan bahasa yang oke.

Untuk bisa begitu, kita mesti rajin membaca dan mengamati goresan pena orang lain, terutama yang yummy dibaca.

Di samping itu, kita harus menulis sesering mungkin, latihan, latihan, dan latihan. Dengan begitu, jam terbang dan pengalaman akan mengasah kepekaan bahan dan kepekaan bahasa kita makin baik.

Untuk itu, anda perlu mempunyai ketekunan dan kesabaran mengikuti langkah-langkah di atas, dan saya yakin kebiasaan-kebiasaan ini akan sangat membantu anda semua di masa depan.

Apakah anda mempunyai kebiasaan lain dalam menciptakan konten berkualitas untuk blog anda? Silahkan tambahkan informasinya di potongan komentar. Semoga bermanfaat

0 Response to "Ingin Menciptakan Konten Berkualitas ? Cukup Lakukan 10 Kebiasaan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...