Contoh Rpp K13 Keyakinan Adat Revisi 2017 Integrasi Ppk, Literasi, 4C Dan Hots

Contoh RPP K13 Akidah Akhlak Revisi 2017 Integrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS -- Kali ini saya akan share bagaimana teladan RPP Kurikulum 2013 yang sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS. RPP dengan penguatan pendidikan karakter, lalu siswa dituntut lebih religius, nasionalis, gotong royong, integritas. Lalu ada 4C artinya siswa dituntut harus lebih kreatif, berfikir kreatif, membiasakan kerjasama dan komunikatif dalam acara berguru mengajar bantu-membantu sudah dilakukan oleh guru mata pelajaran. Namun untuk lebih menguatkan RPP maka abjad tersebut harus tertuang dalam acara pendahuluan dan acara inti RPP.
Untuk itu saya akan berikan teladan mata pelajaran iktikad watak yang didalamnya sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS.
Satuan Pendidikan | MTs Nurul Falah Kota Cimahi |
---|---|
Kelas/Semester | VII/1 |
Mata Pelajaran | Akidah Akhlak |
Topik | Akidah Islam |
Pertemuan ke | 1-3 |
Alokasi Waktu | 6 x 40 menit (3x pertemuan) |
- Menghargai dan menghayti fatwa agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong, disiplin, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkaungan pergaulan dalam keberadaanya.
- Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu dengan ilmu pengetahuan, teknoligi, seni, budaya, terkait fenomena kejadian yang nyata.
- Mencoba mengolah dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abnormal sesuai yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang dan teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator |
---|---|
3.1 Memahami dalil, dasar dan tujuan iktikad Islam | 3.1.1 Menjelaskan Pengertian iktikad Islam |
3.1.2 Mengidentifikasi dalil perihal iktikad Islam | |
3.1.3 Menjelaskan Dasar dan Tujuan Akidah Islam | |
3.1.4 Menjelaskan kekerabatan unsur-unsur Akidah Islam (iman, ihsan dan Islam) | |
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran iktikad Islam | 4.1.1. Mengamati fakta dan fenomena kebenaran iktikad Islam. |
4.1.2.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran iktikad Islam. |
Pertemuan ke-1
- Siswa sanggup menghayati nilai-nilai iktikad Islam
- Siswa sanggup menampilkan sikap yang mengimani iktikad Islam dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa sanggup memahami dalil dasar iktikad Islam
- Siswa sanggup memahami tujuan iktikad Islam
- Siswa sanggup memahami unsur-unsur iktikad islam yang mencakup iman ihsan dan islam
- Menghayati nilai-nilai iktikad Islam
- Mengamati dan menyajikan fakta fenomena kebenaran iktikad Islam
- Fakta: dongeng Nabi Ibrahaim as dikala mencari Tuhannya
- Konsep: Pengertian iktikad Islam
- Prinsip: Dalil-dalil perihal iktikad Islam dan Dasar Akidah Islam berdasarkan al Alquran Hadits.
- Prosedur: Tujuan iktikad Islam, kekerabatan unsur-unsur iktikad Islam dan menyajikan fakta dan fenomena iktikad Islam
- Model: Discovery Learning
- Metode: Diskusi, Tanya jawab, Penugasan
- Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Pendahuluan | Deskripsi | Waktu |
---|---|---|
PPK | (Penguatan Pendidikan Karakter/PPK) | 10 |
Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas. | ||
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif perihal hal-hal yang berkaitandengan materi Akidah Islamiyah yang diketahui akseptor didik | ||
Peserta didik diberi klarifikasi perihal manfaat mempelajari iktikad Islambagi kehidupanyang akan dipelajari | ||
Guru memberikan tujuan pembelajaran | ||
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok | ||
Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran | ||
Kegiatan Inti | Deskripsi | |
*** Stimulation (stimulasi/pemberian rangsang) | Peserta didik memperhatikan dan merenungkan dongeng Nabi Ibrohim a.s mencari dewa dan teladan gambar, video atau fenomena perihal kebenaran iktikad Islam yang ada pada rubrik “Amati dan Perhatikan”( Literasi) | 60 |
Peserta didik mendengarkan klarifikasi guru perihal dongeng dan gambar yang diamati | ||
4C (creative, comunicative, critical thinking, colaboratifI) | Peserta didik menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”. | |
Peserta didik bertanya jawab perihal pengertian iktikad Islam | ||
Peserta didik bertanya jawab perihal dalil iktikad Islam | ||
Peserta didik bertanya jawab perihal dasar-dasar iktikad Islam | ||
PPK | Peserta didik membaca materi/pemahaman konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!” | |
Peserta didik mengidentifikasi pengertian iktikad Islam | ||
Peserta didik mengidentifikasi dalil iktikad Islam | ||
Peserta didik mengidentifikasi dasar-dasar iktikad Islam | ||
HOTS | Peserta didik melaksanakan acara dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!” | |
Peserta didik menyimpulkan pengertian iktikad Islam | ||
Peserta didik menuliskan dalil iktikad Islam | ||
Peserta didik menuliskan selesai perihal dasar-dasar iktikad Islam | ||
Peserta didik mengerjakan soal-soal pilihan ganda untuk menguatkan pemahaman konsep | ||
Peserta didik menjelaskan pengertian iktikad Islam | ||
Peserta didik menyebutkan dalil iktikad Islam | ||
Peserta didik menjelaskan dasar-dasar iktikad Islam | ||
Penutup | Guru menciptakan kesimpulan perihal materi ajar | 10 |
Guru mengadakan evaluasi. | ||
Guru menugaskan akseptor didik mencari materi perihal iktikad Islam dari banyak sekali sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi. | ||
Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya | ||
Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. |
G. Alat dan Sumber Belajar
- Sumber: Buku Akidah Akhlak..........
- Media: Video, Slide dll
- Sikap: Observasi
- Pengetahuan: Kisi-kisi, Soal, Kunci Jawaban, Skor Tes Lisan dan Tulisan
- Keterampilan: Unit kerja Performance
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2017 Kelas 7
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2017 Kelas 8
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2017 Kelas 9
- Silabus Akidah Akhlak Revisi 2017 Kelas 7 (2 semester)
- Program Tahunan Akidah Akhlak Kelas 7 (2 semester)
- Program Semester Akidah Akhlak Kelas 7 (2 semester)
- Analisis Keterkaitan SKL, KD, KI Akidah Akhlak Kelas 7
Lengkapnya Silahkan unduh >>> DISINI <<<
Terbaru RPP Akidah Akhlak Kelas 7, 8 dan 9 Integrasi PPK, Literasi dan HOTS
Disini saya akan share RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak MTs Kelas 7 revisi terbaru 2018. Sebenarnya tidak ada perubahan yang signifikan hanya ada beberapa kolom yang dirubah dan di satukan dalam satu bab.
>> RPP Akidah Akhlak Kelas VII
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 8. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 9. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 10. Download
>> RPP Akidah Akhlak Kelas VIII
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 8. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 9. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 10. Download
>> RPP Akidah Akhlak Kelas IX
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 8. Download
Nah itulah salah satu teladan RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 revisi tahun 2018 dengan mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C dan pembelajaran kurun 21 HOTS. RPP diatas mungkin masih banyak kekurangannya namun itulah sebagian kecil teladan integrasi model pembelajaran kurun 21. Saya yakin model diatas sudah diterapkan oleh guru bidang study disekolah masing-masing.
Terima kasih supaya bermanfaat, aamiin.
0 Response to "Contoh Rpp K13 Keyakinan Adat Revisi 2017 Integrasi Ppk, Literasi, 4C Dan Hots"
Posting Komentar