loading...

Cara Menentukan Template Blog Yang Baik Dan Benar

Cara menentukan template blog - Masalah menentukan template yang baik bagi seorang blogger terutama pemula ternyata bukan kasus yang mudah. Hal ini pernah saya rasakan pada awal-awal mulai ngeblog. Mungkin begitu juga dengan Anda dikala ini.

Alasan kenapa kita sering gonta-ganti template kebanyakan alasannya terpengaruhi dengan tampilan blog milik blogger lain yang menarik. Hal ini gotong royong sah-sah saja dilakukan tetapi kalau terlalu sering sanggup berakibat jelek pada blog itu sendiri. Sering mengganti template termasuk salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan blogger pemula dan ironisnya masih banyak yang melakukannya.

Template memang salah satu faktor yang sanggup menciptakan visitor tertarik bahkan betah berkunjung ke blog kita tetapi bukan merupakan satu-satunya faktor. Ada faktor yang lebih penting dari template yaitu konten.

Semenarik dan sebagus apapun template yang Anda gunakan, tetapi sajian konten yang dibentuk ternyata tidak memuaskan pengunjung pada akibatnya blog akan ditinggalkan oleh mereka.

Hal inilah yang tidak disadari oleh blogger pemula khususnya, mereka terlalu sibuk memikirkan template blognya tetapi lupa untuk membuat artikel berkualitas untuk blog itu sendiri.

Sebenarnya dikala ini sudah banyak sekali template yang sanggup Anda pilih, blogger sendiri sebagai salah satu platform blog sudah menyediakan banyak sekali template yang sanggup dipakai secara gratis menyerupai template default terbaru mereka : contempo, soho, emporio

Di samping itu ada banyak penyedia template baik yang gratisan maupun premium yang sanggup Anda pilih sesuai selera.

Mungkin alasannya terlalu banyaknya pilihan template itulah yang mengakibatkan kita justru gundah untuk menentukan pilihan.

Sebenarnya, biar Anda tidak sering mengganti template cara yang paling baik ialah jangan pernah tergiur dengan template yang dipakai oleh blogger lain.

Ada sebagian blogger pemula yang percaya bahwa template sanggup menciptakan artikel pageone di search engine.  Itu tidak benar.

Template hanya sebagai kulit, yang sanggup masuk halaman pertama mesin pencari tentu saja isi dari blog itu sendiri yaitu artikel berkualitas.

Walaupun template tidak ada efek eksklusif terhadap trafik dan peringkat sebuah blog di search engine, tetapi menentukan template juga dihentikan secara asal-asalan.

Template yang berat dan memerlukan loading yang lama, tidak responsive di semua perangkat hanya akan menciptakan visitor enggan untuk berkunjung apalagi berlama-lama di blog kita.

Lantas, bagaimana menentukan template yang baik itu ?
 Masalah menentukan template yang baik bagi seorang blogger terutama pemula ternyata bukan pe Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

Cara Memilih Template Blog yang Baik

Sebenarnya masing-masing template mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri di mata penggunanya. Ada yang merasa sudah cocok dengan desain dan kombinasi warna template tetapi ternyata loadingnya lambat, ada juga template yang loadingnya sangat cepat tetapi desainnya cukup sederhana dan terkesan kurang menarik.

Semua kembali kepada Anda untuk menentukan template mana yang cocok dengan selera Anda. Tetapi ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan ketika menentukan sebuah template.

Meskipun gotong royong tidak ada kriteria khusus dalam menentukan template blog yang baik untuk blog, tetapi sesuai isyarat dari search engine bahwa ada 2 hal pokok yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan template pada blog.

  • Struktur data yang baik
  • Kenyamanan pengguna

2 hal itu menjadi prioritas utama sebuah template yang baik.

Persoalan desain, kombinasi warna maupun jumlah kolom itu terserah selera pengguna yang terperinci harus memenuhi 2 unsur di atas.

Lalu, bagaimana menentukan template yang memenuhi 2 hal pokok tersebut ? Setidaknya 6 kriteria yang sanggup Anda jadikan anutan dalam menentukan template blog yang paling cocok untuk blog Anda.

#1. Template yang Responsif

Kini ialah abad mobile, dimana perangkat mobile menyerupai smartphone sudah menjadi alat sehari-hari orang untuk melaksanakan banyak sekali aktivitas, tidak terkecuali untuk mengakses internet.

Untuk itu pilihlah template yang tampilannya sanggup menyesuaikan dengan banyak sekali perangkat yang dipakai pengunjung, contohnya dikala pengunjung mengakses situs memakai smartphone maka secara otomatis tampilan blog sanggup menyesuaikan dengan ukuran layar pada smartphone sehingga tidak memerlukan setting lagi pada layar pengguna menyerupai melaksanakan zoom atau memperbesar layar secara manual.

Hal ini sangat penting, alasannya mengacu pada algoritma MobileGeddon yang diluncurkan pada 21 April 2015 dimana algoritma google ini bertujuan untuk memperbarui pencarian yang sanggup sesuai dengan versi mobile atau ponsel.

Artinya google sedang membuatkan algoritma dimana situs web yang belum memakai theme user untuk mobile akan mendapatkan hukuman keras dari google webmaster.

 Dengan adanya algoritma ini, berarti google sangat memperhatikan tampilan website dan memprioritaskan website dengan tampilan mobile frindly yang ramah ponsel.

Tentunya dengan tampilan responsive akan memperlihatkan kenyamanan bagi pengguna dikala mengakses blog melalui banyak sekali device tanpa ribet melaksanakan settingan lagi.

Untuk mengecek apakah template yang Anda gunakan sudah responsif atau belum, Anda sanggup uji melalui tools ini : https://www.responsinator.com/ atau http://ami.responsivedesign.is/

Caranya cukup mudah, tinggal masukkan alamat blog Anda pada kotak URL yang tersedia

#2. Template yang User Friendly dan Bersih

Selanjutnya gunakan template dengan desain yang sederhana, minimalis dan higienis alasannya google menyukai kesederhanaan. Google sangat menyukai web yang mengutamakan konten.

Hindari penggunaan template yang ramai cenderung norak, baik itu dari segi pemilihan kombinasi warna maupun penggunaan widget dan gambar.

Selain hanya akan menciptakan loading blog menjadi lambat juga sanggup menciptakan pengunjung tidak nyaman.

Untuk warna sendiri gotong royong tidak ada ketentuan pasti, tetapi warna yang cenderung kalem menyerupai putih dan biru lebih disukai alasannya tidak cepat menciptakan mata lelah.

Dalam pemasangan widget, pilihlah widget yang memudahkan navigasi pada blog Anda, jangan memasang widget yang gotong royong tidak terlalu penting.

Blog dengan template yang rapi dan higienis akan menciptakan Anda dipandang oleh pengunjung sebagai blogger yang serius dan profesional daripada tampilan blog yang norak bahkan alay.

Untuk menilai sudah user friendly atau belum, cara sederhana ialah posisikan diri Anda sebagai pengunjung, apakah Anda nyaman dengan tampilan blog Anda atau minta evaluasi dari orang lain untuk menilai seberapa nyaman mereka mengakses dan melihat blog Anda tersebut.

#3. Template yang Fast Loading

Kecepatan loading menjadi faktor penting yang menjadi perhatian google. Anda harus memperhatikan kecepatan blog Anda.

Hal ini berkaitan dekat dengan user experience atau pengalaman pengunjung. coba Anda bayangkan, bagaimana jengkelnya kalau hanya untuk membuka konten suatu situs yang diinginkan harus menunggu usang untuk loading, mungkin Anda juga pernah mengalaminya.

Dengan kecepatan loading yang lambat sangat berpotensi menciptakan bounce rate blog Anda menjadi gendut dan itu hal yang jelek untuk sebuah blog. Karena sanggup berdampak pada menurunnya rangking di search engine.

Apakah Anda sudah memakai template yang fast loading ? Silahkan Anda cek kecepatan loading blog Anda melalui tools Caranya dengan mengunjungi link berikut https://gtmetrix.com/ atau https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Mengenai cara mempercepat loading blog selengkapnya sanggup Anda baca di artikel 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

#4. Struktur Data Template

Template dengan struktur data error sanggup menciptakan halaman-halaman blog Anda juga nantinya akan terdapat error pada webmastertools.

Google memastikan bahwa template yang mengikuti kebijakan aturan,dimana template dengan no error pada struktur data akan lebih simpel dikenali oleh mesin perayap.

Oleh alasannya itu cek template blog Anda apakah ada struktur data yang error, kalau ada segera perbaiki. Kalau Anda gres akan menciptakan blog silahkan pilih template tanpa struktur data error. Untuk menguji apakah template yang Anda gunakan tidak ada struktur data error sanggup dicek dengan mengunjungi link berikut https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/

#5. Template SEO Friendly

Sebenarnya kriteria ini tidak akan saya masukkan, tetapi banyak teman-teman blogger sering menanyakan wacana template SEO Friendly akibatnya kriteria ini saya cantumkan.

Berbicara mengenai SEO, kalau kita lihat di beberapa penyedia template rata-rata sudah menyertakan pelengkap SEO Friendly pada fitur template buatannya.

Kalau berdasarkan saya pribadi, duduk kasus SEO sebaiknya Anda difokuskan pada sisi konten saja. Karena kalau template yang Anda pilih sudah memenuhi 4 kriteria sebelumnya di atas, kemungkinan besar sudah SEO Friendly. Kalau Anda kurang yakin, silahkan cek di chkme.com

#6. Ada Fitur Facebook Debugger

Fitur ini berdasarkan saya cukup penting dalam suatu template alasannya memudahkan kita untuk mempromosikan blog khususnya konten yang kita buat.

Di abad milenial dikala ini, tugas media umum cukup penting dalam perkembangan sebuah blog. Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel saya wacana SMO (Social Media Optimation), media umum merupakan daerah terbaik untuk promosi biar konten blog cepat dikenal orang.

Maka, dengan adanya fitur facebook debugger ini Anda akan simpel menampilkan gambar, judul, dan kutipan alinea pertama (deskripsi posting) dikala share postingan di Facebook.

Dan template blog yang baik wajib mempunyai fitur facebook debugger ini.
 Masalah menentukan template yang baik bagi seorang blogger terutama pemula ternyata bukan pe Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar


Untuk mengecek, copy dan paste salah satu postingan di demo blog. Lihat apakah Facebook Open Graph-nya sudah baik menyerupai rujukan gambar di atas.

Kesimpulan

Menurut saya hingga dikala ini, cukup 6  kriteria di atas yang menjadi patokan ketika Anda sedang menentukan template.

Jangan simpel terpengaruhi dengan iming-iming Template Seo Friendly, alasannya sejatinya template hanya sebagai sarana biar pengunjung merasa nyaman sedangkan yang mengakibatkan datangnya trafik visitor yang banyak ialah konten.

Ketika Anda mempunyai blog dengan template yang sesuai dengan kriteria diatas, tentu saja sanggup menjadi indikasi bagi mesin penelusur bahwa situs Anda sanggup memberi user experiance yang baik sehingga blog/website Anda akan mendapatkan perhatian lebih dibanding website yang memakai template yang tidak memenuhi kriteria diatas dan tidak sesuai kebijakan google.

Demikian ulasan wacana cara menentukan template blog yang baik, semoga bermanfaat untuk teman-teman blogger. Terima kasih

0 Response to "Cara Menentukan Template Blog Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...