loading...

Cara Menciptakan Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)

Cara menciptakan blog untuk pemula - Selamat datang....Panduan bagaimana cara menciptakan blog ini tolong-menolong saya buat sebagai tutorial bagi anda yang ingin menciptakan blog sendiri secara simpel dan gratis. Mungkin alasan anda ingin mempunyai blog sebab pernah dengar atau membaca dongeng orang-orang yang sukses dengan menciptakan blog. Ya, blog bisa menjadi salah satu sumber penghasilan anda apabila ditekuni dan dikelola dengan baik.

Sampai ketika ini sudah tidak terhitung berapa jumlah blog yang ada di internet. Banyak orang yang berharap dengan menjadi blogger mereka akan memperoleh dollar mungkin termasuk anda dan juga saya…

Sebenarnya menciptakan blog itu mudah, tetapi bagaimana menciptakan blog kita bisa menghasilkan pundi-pundi dollar itu yang tidak gampang dibutuhkan niat, pengabdian dan kerja keras.

Sekilas wacana blog

Sebelum kita berguru bagaimana cara menciptakan blog bagi anda yang mungkin belum mengetahui apa tolong-menolong blog itu sebaiknya kita mengenal secara singkat lebih dahulu apakah blog itu ?

Blog merupakan abreviasi dari “Web log”, salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web.

Menurut situs Wikipedia, blog ialah sebuah apikasi web yang terdiri dari beberapa halaman yang terdapat tulisan, gambar, video pribadi secara online yang selalu diperbarui.

Blog merupakan sarana untuk mengekspresikan diri kepada dunia.

Sebuah kawasan untuk mengembangkan pikiran dan gairah hidup anda.

Dengan blog kita bisa menulis apapun yang kita inginkan.

Pada awalnya tujuan blog dibentuk ialah sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online, namun seiring perkembangan zaman kini isi dari sebuah blog sangat bervariatif ada yang berisi informasi, tutorial, curhat, toko online dan lain sebagainya.

Secara garis besar, blog tidak ada bedanya dengan website pada umumnya yang ada di internet.

Panduan bagaimana cara menciptakan blog ini tolong-menolong saya buat sebagai tutorial bagi anda ya Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)


Kenapa harus menciptakan blog?

Setiap orang pasti mempunyai tujuan yang berbeda mengapa mereka menciptakan blog. Tapi terkadang tujuan tersebut tidak bisa tercapai, tetapi kita dihentikan putus asa, walaupun gagal tentu ada manfaat yang bisa dipetik dari proses menciptakan blog.

Berikut ini beberapa manfaat mempunyai sebuah blog yang sudah saya rasakan sendiri

1. Menjadi lebih fokus
Dengan kegiatan blogging akan membantu anda untuk berpikir lebih fokus, terarah dan jelas, membantu anda untuk berkomunikasi dengan individu atau komunitas lain dan membangun talenta kreatifitas anda.

2. Meningkatkan kemampuan menulis
Blogging tentu tidak bisa lepas dari aktifitas menulis. Kemampuan menulis anda akan semakin terasah baik dilengkapi dengan latihan dan menulis secara kontinue.

3. Membuat pandangan gres kita terpublikasikan
Melalui blog anda bisa menyuarakan unek-unek, gagasan maupun aspirasi anda. Ya, melalui blog anda bisa menyuarakan gagasan anda kepada orang banyak.

4. Menjadi sumber penghasilan
Ya, ini ialah manfaat konkret yang hanya bisa diwujudkan dengan kerja keras dan ketekunan. Butuh waktu dan janji untuk menciptakan blog kita menjadi sumber penghasilan. Itu memang tidak mudah, tapi jikalau anda sungguh sungguh pasti semua terwujud.

Itulah beberapa manfaat blog yang bisa anda dapatkan. Dengan beberapa manfaat tersebut tidak heran jikalau perkembangan blogger kini semakin pesat.

Langkah-langkah cara menciptakan blog yang benar

Sebelum blog kita terwujud, ada beberapa langkah yang sangat perlu dilakukan semoga blog yang kita buat nantinya bisa optimal menjadi sumber penghasilan kita, Berikut langkah-langkah yang saya lakukan :
  • Memilih niche
  • Memilih nama domain
  • Memilih plaform
  • Instalasi blog
  • Membuat konten berkualitas
Itu 5 langkah yang sebaiknya anda lakukan untuk menciptakan sebuah blog yang berkualitas.
mari kita lakukan langkah demi langkah

1. Memilih niche

Ini ialah langkah paling awal yang harus anda lakukan. Jangan hingga anda salah dalam menentukan niche yang ingin anda gunakan.

Kesalahan dalam menentukan niche akan berpotensi menciptakan blog tidak berkembang.

Sering saya jumpai di forum-forum diskusi banyak sekali terutama para blogger pemula yang berhenti ngeblog sebab kehilangan pandangan gres menulis konten maupun blog tidak sanggup pengunjung yang memadai.

Setelah saya telaah, salah satu penyebab utama hal ini bisa terjadi ialah sebab mereka salah dalam menentukan niche. Jadi, sebelum anda melangkah lebih jauh sebaiknya anda tentukan kira-kira niche apa yang pas dengan anda.

Sebelum lanjut silahkan simak...Cara Memilih Niche Blog yang Tepat Untuk Blog dan Bisnis Online Anda

2. Memilih nama domain

Setelah anda menentukan niche yang pas untuk blog anda, langkah selanjutnya ialah menentukan nama domain.

Nama domain tolong-menolong bisa apa saja tergantung selera anda, tetapi juga jangan sembarangan.

Karena nama domain bisa besar lengan berkuasa besar pada perkembangan blog ke depan. Blog dengan konten yang menarik akan semakin terlihat menarik dan profesional jikalau mempunyai nama domain yang juga menarik. Usahakan untuk menentukan nama domain yang sesuai dengan niche yang anda pilih.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca.... 15 Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Blog Baru

3. Memilih platform blog

Langkah ketiga yang perlu anda lakukan ialah menentukan platform untuk instalasi blog anda.

Anda bisa memakai platform gratis menyerupai blogger, weebly, wordpress.com maupun.tumblr. Kalau anda punya budget untuk sewa hosting, anda bisa menentukan wordpress.org.

Silahkan anda pilh yang mana sesuai kebutuhan anda. Sekedar saran dari saya, sebagai media berguru anda bisa memakai platform gratis terlebih dahulu menyerupai blogger.com

Mengapa harus menciptakan blog di blogger.com ?

Ya, pertanyaan itu sering muncul ketika seseorang ingin menciptakan blog pribadi. Kenapa harus menciptakan blog di blogger.com padahal ada beberapa platform lain sebagai penyedia layanan blog gratis, menyerupai WordPress.com, BlogDetik, Tumblr, Webbly dan lain lain.

Sebenarnya sederhana, sebab dibanding yang lain blogger.com punya beberapa kelebihan, diantaranya :

Blogger.com itu milik Google
Platform blogger.com atau sering dikenal sebagai blogspot ialah kepunyaan Google. Kita semua tahu, hingga ketika ini Google ialah search engine terbaik di seluruh dunia.

Maka, secara tidak pribadi blogger.com itu istimewa, sebab itu blog dengan platform blogger.com lebih gampang mendapatkan peringkat atas di mesin pencari walau itu juga harus ditunjang dengan konten blog yang menarik
.
Blogger.com itu gampang digunakan
Ya, blogger.com sangat user friendly atau gampang dipakai sehingga sangat cocok untuk para pemula yang ingin berguru blog.

Inilah salah satu alasan mengapa saya menyarankan untuk menciptakan blog di blogger.com, sebab selain gratis, juga gampang untuk digunakan, walaupun anda ialah seorang pemula.

Blogger.com itu SEO Friendly
Kalau anda belum mengetahui apa SEO friendly, pengertian simpelnya dari SEO friendly ialah blog yang ramah dengan mesin pencari atau bisa dibilang sahabat mesin pencari.

Blogger.com itu gampang sekali dioptimasi, anda tidak memerlukan tools atau plugin komplemen untuk menciptakan dan memodifikasi blog, anda hanya perlu memahami sedikit teknik coding HTML yang bisa dipelajari di internet.

Jika anda tidak paham dan tidak mau riber dengan dilema coding HTML, anda tinggal pilih template yang SEO friendly gratis di internet tanpa anda harus dipusingkan dengan peng-codingan HTML.

Blogger.com bisa didaftarkan Google Adsense
Ya jikalau anda berniat untuk mengakibatkan blog sebagai sumber penghasilan melalui Google Adsense tetapi belum mempunyai modal untuk menyewa hosting dan domain sendiri, maka solusinya ialah blogger.com.

Seperti yang saya utarakan di atas, sebab blogger.com ialah milik Google maka otomatis blog dengan platform tersebut bisa didaftarkan di Google Adsense. Hal ini berbeda dengan WordPress.com yang tidak memperbolehkan blog dengan platform tersebut memasang iklan.

Ya, walaupun sebuah blog untuk diterima sebagai publisher Adsense bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan pengetahuan dan kesabaran hal itu bukan sesuatu yang mustahil.

Walaupun tentu saja ada kelemahan pada platform blogger.com, tapi secara peringkat platform blogger ialah pilihan nomer satu sebagai platform gratis yang dihentikan anda lewatkan. Jadi, anda jangan ragu untuk menciptakan blog di blogger.com

Masih bimbang...baca dulu Blogger atau WordPress ? Mana yang Lebih Bagus, Ini Jawabannya

4. Instalasi blog

Untuk pemula yang sedang berguru blog dan ingin menciptakan blog sendiri alangkah baiknya jikalau kita memanfaatkan platform gratis.

Kita bisa memakai salah satu penyedia blog gratis yang cukup terkenal ketika ini ialah blogger.com atau blogspot.com, dimana kita mendaftar untuk mulai menciptakan blog melalui situs blogger.com dan nanti nama domain yang akan anda dapatkan ialah sub domain dari blogspot, contohnya: namablog.blogspot.com

Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk menciptakan blog di blogger.com, namun ada beberapa kelebihan yang dimiliki blogger.com daripada platform blog yang lain khususnya untuk pemula.

Seperti yang sedikit saya utarakan di atas, diantara kelebihan platform blogger dibanding yang lain yaitu pengoperasian yang gampang sehingga cocok untuk pemula yang sedang berguru menciptakan blog sendiri, lebih leluasa dalam mengganti dan mengedit template sehingga tampilan blog akan lebih fresh sebab hasil kreasi sendiri.

Selain itu anda juga sanggup mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan namablog.blogspot.com diubah menjadi namablog.com dengan tetap memakai hosting blogger.com yang gratis.

Perlu saya tekankan sebelumnya bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan menciptakan blog ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com ketika ini

Berikut ini langkah-langkah dalam menciptakan blog di blogger.com :

Membuat email
Langkah pertama yang harus kita lakukan ialah mempunyai alamat email yang masih aktif. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di Gmail sebab blogger ialah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email di Gmail.

Jika anda belum mengetahui bagaimana cara menciptakan email di Gmail, berikut langkah-langkahnya :

1. Buka situs gmail.com

Panduan bagaimana cara menciptakan blog ini tolong-menolong saya buat sebagai tutorial bagi anda ya Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)

2. Isi semua form yang ada
Khusus untuk form alamat email bisa dikosongkan sebab kita gres pertama kali menciptakan email
4. Setelah selesai mengisi form yang silahkan klik Langkah Selanjutnya
5. Setelah anda mendapatkan arahan verifikasi via SMS dan masukkan arahan tersebut di kotak yang tersedia maka email anda sudah bisa digunakan.

Membuat blog di blogger.com
1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
2. Setelah halaman registrasi terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan bawah, ubah bahasa ke Indonesia semoga anda lebih gampang memahami.

Panduan bagaimana cara menciptakan blog ini tolong-menolong saya buat sebagai tutorial bagi anda ya Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)

3. Silahkan klik Create Your Blog dengan memakai username serta password gmail anda (akun email anda bisa untuk login ke blogger).
4. Isilah formulir yang ada :
  • Nama Tampilan : isi dengan nama yang ingin tampil pada profile blog anda.
  • Jenis Kelamin : pilih sesuai dengan jenis kelamin anda, misal : pria.
  • Penerimaan Persyaratan : Beri tanda cheklist sebagai tanda oke dengan peraturan yang telah di menetapkan oleh pihak blogger.
Sebaiknya anda membaca terlebih dahulu persyaratan yang ada semoga anda mengetahui dan mengerti apa yang boleh dan tidak diperbolehkan ketika memakai layanan blogger.

5. Kemudian klik tanda panah yang bertuliskan “Lanjutkan”.
Lalu klik tombol “Blog Baru”.

6. Isilah formulir :
  • Judul : Isi dengan judul blog yang di inginkan, contohnya : masmilano
  • Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan.
Ingat ! apabila anda ingin serius dalam menggeluti dunia blogging, sebaiknya pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan dan jangan sering gonta-ganti nama blog.

Panduan bagaimana cara menciptakan blog ini tolong-menolong saya buat sebagai tutorial bagi anda ya Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)

  • Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai sesuai selera (dapat diganti dengan template hasil download sendiri).
  • Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”.
7. Selamat, hingga tahap ini berarti anda sudah mempunyai blog baru.

5. Mulai menciptakan artikel

Sebagai langkah terakhir dan untuk menghindari spam filter, sebaiknya anda pribadi posting artikel sederhana saja.

Panduan bagaimana cara menciptakan blog ini tolong-menolong saya buat sebagai tutorial bagi anda ya Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)

1. Silahkan klik goresan pena “Mulai nge-blog!
2. Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol “Publikasikan”.
3. Silahkan lihat blog anda dengan klik tombol “Lihat blog

Panduan bagaimana cara menciptakan blog ini tolong-menolong saya buat sebagai tutorial bagi anda ya Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)

4. Selesai.
Kini blog anda sudah selesai dibentuk dan sanggup dibuka di banyak sekali belahan dunia.

Sebagai final dari panduan cara menciptakan blog ini, perlu saya ingatkan, blog ialah konten. Sumber utama kehidupan sebuah blog terbangun dari konten yang disajikan.

Berikan pengunjung anda artikel yang berkualitas, bermanfaat buat pengunjung blog anda. Untuk memberi panduan kepada Anda bagaimana menciptakan konten yang menarik dan berkualitas, silahkan anda baca panduan bagaimana menciptakan konten berkualitas dan SEO friendly yang telah saya buat.

Demikian uraian dan panduan wacana cara menciptakan blog untuk pemula di blogspot yang sanggup saya berikan, semoga bermanfaat untuk anda. Beritahukan kepada teman-teman bahwa Anda kini telah mempunyai blog sendiri.

Jika anda suka atau merasa artikel cara menciptakan blog ini bermanfaat, silahkan SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, dan Google+ ) yang kami sediakan.

Anda juga bisa menawarkan komentar atau pertanyaan anda seputar cara menciptakan blog ini di pecahan kolom komentar dan akan kami respon secepatnya. Terimakasih

0 Response to "Cara Menciptakan Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...