loading...

Blogger Atau Wordpress ? Mana Yang Lebih Bagus, Ini Jawabannya

Seorang blogger sering dibingungkan dengan pilihan antara Blogger atau Wordpress. Setelah mempunyai niat yang berpengaruh untuk menciptakan blog dan sudah memilih niche yang tepat. Saatnya anda menentukan platform apa yang akan dipakai untuk menciptakan dan mengelola blog.

Anda akan dihadapkan pada pilihan platform yang sanggup dipakai untuk menciptakan blog apakah harus menggunakan Blogger atau WordPress.

Biasanya hal ini akan menciptakan seseorang yang mau menciptakan blog menjadi bingung.

Dan kalau anda salah memilih, sanggup berakibat fatal untuk kelangsungan blog anda.
 Seorang blogger sering dibingungkan dengan pilihan antara Blogger atau Wordpress Blogger atau WordPress ? Mana yang Lebih Bagus, Ini Jawabannya

Pilih Blogger atau WordPress ?

Untuk menentukan salah satu diantara platform yang ada bekerjsama mudah. Ada 3 hal yang sanggup menjadi patokan berkaitan dengan pemilihan platform ini :

1. Tujuan anda menciptakan blog

Apakah anda menciptakan blog hanya untuk sarana mengekspresikan diri anda sesaat tanpa memikirkan segala hal yang berkaitan dengan ilmu ngeblog. Jika anda termasuk gologan ini maka Anda tidak perlu menggunakan platform blog yang memerlukan biaya anda sanggup pilih untuk menggunakan Blogger.com atau WordPress.com bahkan Tumblr.

Tetapi kalau anda termasuk orang yang menciptakan blog untuk tujuan jangka panjang dan berorientasi pada sumber penghasilan, maka anda sanggup menentukan WordPress.org atau Blogger.com.

2. Modal biaya yang anda punya

Untuk hal yang satu ini hanya ada dua pilihan, kalau anda belum punya cukup biaya untuk beli domain dan sewa hosting silahkan pilih platform gratis mirip Blogger.com dan WordPress.com.

Tetapi kalau anda sudah mempunyai biaya yang cukup untuk membeli domain dan sewa hosting sendiri pilihlah platform WordPress.org

3. Keleluasaan dalam Ngeblog

Tentunya kita semua tahu, apa bedanya barang yang diberi secara gratisan dan harus membayar....ya keleluasaan kita dalam menggunakan barang tersebut.

Begitu juga dengan blog.

Jika anda menggunakan platform gratisan ada batasan-batasan yang diterapkan oleh platform tersebut sedangkan kalau menggunakan platform yang mengharuskan kita mempunyai domain dan sewa hosting tentu 100% blog di platform tersebut sanggup kita pergunakan secara bebas tanpa ada batasan.

Itu tadi sekilas patokan dalam menentukan platform. Maka dari itu, sebelum anda menentukan platform yang akan dipakai sebaiknya anda simak dahulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform.

Pilih mana, Wordpress.com atau WordPress.org ?

Sebelum kita membahas problem Blogger dan WordPress ada baiknya kita mengenal dahulu WordPress secara sekilas.

WordPress ada dua macam platform :

  • WordPress.com 
  • WordPress.org

Sekarang, akan kita bahas dahulu dua platform yang serupa tapi tak sama ini.

Jangan menganggap dua saudara ini yaitu sama walaupun berasal dari perusahaan yang sama, kesannya diantara keduanya mempunyai perbedaan yang sangat besar.

Intinya, kalau WordPress.com merupakan layanan hosted. Sedangkan WordPress.org merupakan layanan self hosted.

Anda masih belum memahaminya ?

Oke….agar lebih gampang Anda memahaminya, kita ibaratkan saja keduanya mirip sebuah daerah tinggal :
 Seorang blogger sering dibingungkan dengan pilihan antara Blogger atau Wordpress Blogger atau WordPress ? Mana yang Lebih Bagus, Ini Jawabannya
Self hosted itu sanggup kita ibaratkan rumah pribadi. Rumah yang sepenuhnya milik anda sendiri, berdiri di tanah anda sendiri, dan bukan milik orang lain.

Sedangkan hosted itu mirip apartemen atau rumah susun. Tanah daerah berdiri bangunan dbukan milik anda dan anda hanya mempunyai sebuah unit di apartemen tersebut. Apartemen tersebut milik orang lain.
Blogger.com juga termasuk kategori hosted

Gimana, sudahkah anda memahaminya ?

Makara intinya, WordPress.org self hosted ini sepenuhnya 100% milik anda.

Perbandingan Antara Blogger dan WordPress

Sekarang, mari kita lihat dan bandingkan ketiga platform tersebut dari aneka macam sudut/aspek.

1. Kepopuleran Platform
Platform WordPress baik hosted maupun self-hosted ketika ini berada di peringkat pertama sebagai CMS yang paling terkenal dan paling banyak dipakai dengan persentase sebesar 40% dari total pengguna CMS lain.

Sedangkan Blogger berada di peringkat 4 dengan persentase tidak lebih dari 5%.

2. Kepraktisan Platform
Untuk aspek ini WordPress.com dan Blogger sanggup dikatakan dalam level yang setara. Keduanya merupakan platform yang paling gampang dibentuk lantaran anda hanya perlu mendaftarkan akun anda di website mereka masing-masing. 

Sedangkan WordPress.org sedikit lebih sulit tapi akan terasa gampang kalau Anda mengikuti panduan ini hingga selesai.

Kenapa Wordpress.org lebih sulit ?

Karena untuk menciptakan blog atau situs berbasis WordPress.org, Anda harus menyewa hosting dan domain terlebih dahulu kemudian melaksanakan instalasi.

3. Biaya Membuat dan Mengembangkan Blog
Untuk problem yang biasanya menjadi hambatan bagi blogger pemula ini antara WordPress.com dan Blogger dalam level yang sama.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menciptakan akun dan blog di keduanya. Meskipun ada batasan storage atau kapasitas, nantinya Aanda sanggup membayar bulanan untuk meningkatkan kapasitas.

WordPress.com dibatasi 3 GB, $99/tahun untuk upgrade menjadi 13 GB.

Sedangkan di Blogger gratis 15 GB (untuk foto tidak terbatas). Untuk menambah kapasitasnya, mulai dari $4/bulan.

Anda juga tidak perlu membeli domain kalau Anda suka alamat blog atau situs anda mirip ini: bloganda.blogspot.com atau bloganda.wordpress.com.

Agar menjadi bloganda.com, bloganda.co.id atau bloganda.net biayanya Rp 100.000 per tahun.

Sebagai informasi, saya beli domain (.com) di Niagahoster Rp.115.000,-

Sedang untuk WordPress.org mirip yang saya kemukakan di awal, anda butuh biaya untuk hosting dan domain.

Estimasi biaya hosting dan domain sekitar Rp 350.000 – 400.000 per tahun. Kapasitas hosting untuk harga ini rata-rata 1-10 GB (tergantung dari layanan hosting mana yang anda gunakan)

Jadi, pada dasarnya :
WordPress.com dan Blogger tidak butuh biaya di awal sedang WordPress.org butuh biaya awal.

4. Kemudahan dalam Penggunaan
Sebenarnya diantara ketiganya sama mudahnya.

Dengan mempelajari prinsip dasarnya, dari awal hingga anda sanggup menulis dan menerbitkan tulisan, ketiganya mempunyai fasilitas yang sama.

Tapi di sini ada beberapa hal yang perlu jadi materi pertimbangan lagi :

WordPress.com dan Wordpress.org lebih gampang untuk dikelola dan punya tampilan dashboard yang lebih ramah. Sedang Blogger mungkin akan sedikit lebih membingungkan anda contohnya ketika anda ingin mencari suatu sajian di dashboardnya.

Meskipun begitu, perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Ingin buat blog, sebaiknya anda baca : Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula (100% Gratis)

5. Tampilan
Ada 2 hal yang ingin saya bahas dalam potongan ini.

Pertama, kalau kita lihat tampilan dasarnya tanpa mengubah apapun di dalamnya. WordPress (baik .com maupun .org) lebih baik daripada Blogger.

Karena tampilan dasar Wordpress lebih terlihat elegan dan modern daripada Blogger yang mirip ketinggalan zaman.

Kedua, dalam fleksibilitas tampilan.

Tentu yang paling fleksibel yaitu WordPress.org.

Ada ribuan theme gratis maupun premium berbayar yang sanggup anda pilih dan gunakan. Kalau anda masih tidak puas dengan theme anda, sanggup dirubah sendiri sesuai selera.

Di peringkat kedua yaitu Blogger.

Bagi anda yang ingin menentukan Blogger tidak perlu khawatir, kini banyak pilihan template keren baik gratis maupun berbayar yang sanggup anda pilih, apalagi kalau anda mengerti CSS dan HTML maka tampilannya sanggup anda rubah sendiri sesuai selera.

Sedangkan WordPress.com yaitu yang paling tidak fleksibel. Hanya ada sedikit pilihan theme dan itupun tidak sanggup dirubah lagi.

Maka, sesuai klarifikasi di atas, untuk fleksibilitas tampilan rangkingnya :
1. WordPress.org
2. Blogger
3. WordPress.com

6. Ketersediaan Fitur
Kalau kita lihat fitur dasar sebagai sebuah CMS, ketiganya sama. Ketiganya sama-sama sanggup menciptakan post dan page, memasukkan gambar, video, dan multimedia lain.

Tapi di Blogger ada kelemahannya :

1 halaman dibatasi hanya sanggup berukuran 1 MB. Makara anda tidak sanggup menciptakan 1 halaman yang berisi banyak gambar.

Kalau kita lihat secara fleksibilitas, WordPress.org unggul.

Di WordPress.org self hosted, anda sanggup menambahkan fitur-fitur ekstra dengan pemberian plugin yang tersedia. Ada ratusan ribu plugin yang sanggup anda manfaatkan secara gratis.

Karena sifatnya yang open source, jadi kita juga sanggup memodifikasi semua fiturnya.

Untuk aspek fitur ini peringkatnya :
1. WordPress.org
2. Blogger
3. WordPress.com

7. Memasang Iklan
Inilah yang paling utama, lantaran tujuan kebanyakan orang yang ingin menciptakan blog yaitu untuk mendapat uang dengan memasang iklan di blognya (misalnya dengan Google Adsense).

Maka ada hal penting yang perlu anda ketahui:

WordPress.com hosted tidak memperbolehkan memasang Google AdSense.

Makara anda tidak sanggup mendapat penghasilan dari iklan kalau anda menggunakan WordPress.com. Tapi anda tetap sanggup mendapat penghasilan dengan metode lain contohnya dengan menjual produk.

Untuk lebih lengkapnya untuk WordPress.com mirip ini :

  • Tidak memperbolehkan Iklan dari advertising network (Google Adsense dan sejenisnya)
  • Tapi anda diijinkan menyediakan slot iklan secara manual
  • Sponsored post juga diperbolehkan
  • Kalau blog anda sudah cukup populer, anda sanggup memasang WordAds (sejenis AdSense, tapi ini milik WordPress)
  • Kalau anda menggunakan WordPress VIP, iklan diperbolehkan

Sedangkan di Wordpress.org tidak ada problem lantaran tidak ada yang mengatur lantaran sepenuhnya milik anda, jadi anda sanggup menggunakan AdSense atau advertising network manapun.

Untuk Blogger, lantaran platform ini yaitu milik Google sendiri sudah niscaya sanggup untuk dipasang iklan dari Google Adsense.

Ada sedikit mitos, kalau ingin mendaftar menjadi Publisher Google Adsense sebaiknya menggunakan platform Blogger biasanya lebih gampang dan cepat di setujui....tapi untuk kebenarannya masih misteri...

8. Kepemilikan dan Kontrol
Karena WordPress.com dan Blogger bersifat hosted, jadi keduanya mempunyai problem :

Blognya bukan sepenuhnya 100% milik anda.

Ada banyak keterbatasan di dalamnya, termasuk yang sudah dijelaskan tadi. Seperti tidak sanggup mengganti template dan menambah plugin.

Selain itu, ada 1 hal yang lebih penting lagi…

…blog anda sanggup dihapus sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Meskipun hal ini jarang terjadi dan mustahil tanpa ada sebabnya, tapi kalau blog anda ada sesuatu yang salah atau melanggar peraturan/kebijakan, maka baik WordPress.com maupun Blogger punya hak untuk menghapus blog anda tersebut.

Kalau sudah dihapus, blog yang anda buat akan hilang.

Tidak sanggup dikembalikan lagi. Bahkan konten-konten yang sudah anda buat tidak sanggup diambil kembali.

Tentunya sangat mengecewakan bukan ?

Fakta dan Mitos seputar Blogger atau WordPress

Anda harus jeli lantaran di luar sana sering ada informasi yang salah lantaran banyaknya orang yang mempertimbangkan dalam menentukan Blogger atau WordPress.

Maka hal ini yang harus anda perhatikan…

Berikut beberapa pernyataan yang salah tapi sering malah dijadikan fatwa :

1. WordPress.org hanya untuk orang yang sudah berpengalaman
Ada anggapan yang menyampaikan WordPress.org lebih sulit dan membutuhkan pengalaman serta pengetahuan yang cukup mengenai ilmu ngeblog untuk menggunakannya.

Seperti yang sudah diuraikan di atas, WordPress.org self hosted memang memerlukan sedikit proses dan upaya dalam proses instalasinya.

Tapi sebetulnya sama sekali tidak sulit.

Kalau anda bertanya kepada orang yang sudah pernah mencoba kedua platform ini, baik Blogger dan WordPress, mereka niscaya akan menyampaikan WordPress lebih gampang untuk digunakan.

Biasanya orang menyampaikan bahwa WordPress itu sulit dan rumit lantaran ada script, database, kode-kode PHP, dan lain sebagainya.

Padahal pada kenyataannya hal-hal mirip itu tidak perlu anda sentuh sedikit pun.

Sekedar mengembangkan pengalaman, saya pernah menggunakan keduanya dan saya rasa memang WordPress terasa lebih gampang dipakai bagi para blogger yang sama sekali tidak mengerti problem pengkodean HTML dan CSS.

Tetapi memang hambatan terbesar bagi para blogger kalau ingin menggunakan WordPress yaitu problem biaya yang tergolong cukup mahal untuk sewa hosting.

Buat anda yang gres berguru blog, saya rasa tidak perlu memaksa diri untuk eksklusif menentukan WordPress, tetapi cukup dengan Blogger anda sudah sanggup menciptakan blog ditambah dengan berjalannya waktu dan pengalaman, menggunakan Blogger juga akan terasa gampang dan nyaman.

2. Hanya pengguna WordPress.org yang sanggup sukses
Mitos ini sama sekali tidak benar. Secara fitur, tampilan, dan fleksibilitas, WordPress.org memang lebih unggul dibandingkan yang lain.

Tapi blog berbasis WordPress.org tidak punya hak khusus kalau dibandingkan Blogger dalam hal pembuatan konten dan pemasarannya (selain branding).

Yang penting yaitu isinya dan cara kita menyajikan isinya.

Blogger dan WordPress.com juga sanggup sukses.

Meskipun fiturnya terbatas, tapi kalau anda sanggup menciptakan konten yang berkualitas, maka blog anda niscaya juga sanggup sukses.

Sudah banyak blogger-blogger sukses yang menggunakan Blogger dan berdasarkan saya, kebanyakan para blogger yang menggunakan WordPress pertama kali ngeblog juga menggunakan Blogger

3. Blogger lebih kondusif daripada WordPress
Sekilas memang ada benarnya…

…mengingat lantaran Blogger yaitu miliknya perusahaan sebesar Google, sedangkan WordPress itu kita berdiri sendiri.

Tapi faktanya tidak juga.

Software WordPress selalu diupdate secara rutin semoga celah keamanannya tertutup rapat.

Keduanya sama.

Yang perlu diperhatikan :

Asalkan anda tidak menginstall plugin atau theme bajakan yang berpotensi terinfeksi virus maka WordPress sangat aman.

Lagipula kalau blog anda masih baru, orang mustahil akan melaksanakan tindakan iseng atau hacking terhadap blog Anda.

4. WordPress sering down atau tidak sanggup diakses
Mitos ini sanggup dikatakan benar kalau anda menentukan hosting yang tidak terperinci kredibiltasnya.

Kalau anda membeli hosting yang umum dipakai oleh kebanyakan blogger, niscaya tidak ada masalah.

5. WordPress sering rusak/error
Hal ini juga akan terjadi kalau anda iseng mengutak-atik kode-kode di dalamnya.

Alasan kenapa WordPress.com dan Blogger tidak sanggup rusak lantaran anda tidak sanggup mengubah kodenya (selain HTML dan CSS).

WordPress.org juga tidak akan sanggup rusak kalau anda tidak mengutak-atik hal yang tidak anda ketahui fungsinya.

Itulah beberapa perbandingan ketiga CMS yang paling banyak dipakai ketika ini.

Tulisan di atas saya tulis dengan seobyektif mungkin berdasarkan pengalaman saya dalam menciptakan blog baik menggunakan Blogger maupun Wordpress.

Dengan segala pertimbangan yang telah saya utarakan di atas, silahkan anda menentukan platform mana yang akan anda gunakan apakah Blogger atau WordPress.

Apapun pilihan yang anda gunakan, sukses tidaknya blog semuanya tergantung kepada anda sebagai pemilik blog dan kualitas konten yang anda sajikan.

Penutup

Semoga dengan coretan sederhana saya ini, anda sudah mempunyai pilihan mana yang akan dipilih Blogger atau WordPress.

Jika anda ada pertanyaan mengenai artikel ini, jangan sungkan yah untuk bertanya melalui kotak komentar yang telah disediakan. Sampai jumpa dan terima kasih banyak sudah membaca artikel pendek saya ini.

Semoga bermanfaat informasinya dan salam blogging....

Jika anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, silahkan SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter  dan Google+) yang kami sediakan. Terima kasih

0 Response to "Blogger Atau Wordpress ? Mana Yang Lebih Bagus, Ini Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...