loading...

Bagaimana Cara Mendapat Uang Dari Blog Yang Tepat

Pada artikel sebelumnya, saya telah mengulas wacana 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet. Maka pada artikel kali ini saya akan membahas lebih detail mengenai Cara Mendapatkan Uang Dari Blog.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya sekilas kita mengenal apa itu blog.

Blog awalnya merupakan catatan harian atau diary online pribadi yang sering diperbarui. Dahulu blog menjadi kawasan seseorang untuk mengekspresikan diri, menyebarkan inspirasi dan hobi. Apapun sanggup ditulis dan dibagi di blog.
 
Sejarah Blog
Blog pertama kali diperkenalkan di Links.net oleh Justin Hall, seorang mahasiswa di Swarthmore pada tahun 1994.

Pada dikala itu lebih dikenal dengan sebutan Weblog yang merupakan kependekan dari kata Web dan Log, seiring berjalannya waktu kemudian disingkat menjadi Blog. Pertama kali media blog dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Yyra Labs dan pada tahun 2002 diakuisisi oleh Google.
 Maka pada artikel kali ini saya akan membahas lebih detail mengenai Cara Mendapatkan Uang Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog yang Tepat

Menghasilkan uang dari blog

Blog menjadi salah satu cara termudah untuk mendatangkan trafik ke website secara gratis ketika Anda memutuskan mulai menjual barang atau jasa apapun di internet.

Karena blog merupakan layanan berbentuk konten atau tulisan, maka kunci utama keberhasilan sebuah blog ialah konsistensi dan kualitas goresan pena atau artikel blog.

Artikel blog yang berkualitas antara lain pembahasan yang spesifik, originalitas atau keaslian konten, dan dilengkapi infographic (seperti video, gambar).

#1. Konten

Semakin banyak konten yang Anda tulis, semakin cepat Anda sanggup mendatangkan traffic. Salah satu permasalahan yang sering muncul ketika menulis konten ialah bagaimana mendapat inspirasi menulis.

Untuk itu, cara paling praktis tentu saja mulai menulis wacana keahlian, hobi atau pengalaman Anda. Anda sanggup menulis wacana sesuatu yang mungkin sanggup berkhasiat dan membantu orang lain, contohnya cara mendapat foto yang elok untuk postingan blog, cara menentukan template blog, dan lain sebagainya.

Ketika Anda mulai menulis mengenai template blog, misalnya, Anda tidak harus menjadi jago dalam pembuatan template. Anda cukup fokus untuk orang-orang (audience) yang mempunyai kesamaan dengan topik Anda, ibarat judul artikelnya mengenai “Bagaimana menentukan template yang sesuai untuk daftar Google Adsense”.

Dari situ Anda sanggup membahas mengenai kriteria template yang baik, cara mengecek kualitas template, hingga kustomisasi dan meningkatkan secara optimal template.

Anda juga sanggup memakai Google Trends sebagai proteksi dalam mencari inspirasi artikel. Di Google Trends, Anda sanggup mengetahui seberapa banyak orang yang mencari dengan kata “template” di Indonesia dalam rentan waktu tertentu dan Anda juga sanggup mengetahui topik apa yang banyak dicari orang yang berkaitan dengan “template”.

Ketika menulis konten, usahakan artikel yang Anda buat sesempurna dan semenarik mungkin.

Pastikan ketika orang lain membaca postingan Anda, mereka mendapat sesuatu yang berharga dari artikel itu sehingga mereka mempunyai impian untuk membaginya dengan orang lain.

Baca artikel Anda berkali-kali sebelum mempublikasikannya, kalau perlu minta sahabat Anda untuk membaca dan mengatakan masukan apa yang kurang dari artikel Anda tersebut.

Satu lagi, artikel yang dilengkapi visual ibarat gambar atau video, akan jauh lebih menarik dibanding artikel yang hanya berisi teks. Dengan beberapa cara tersebut, Anda sanggup membuat artikel berkualitas dan disukai pembaca Anda.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara membuat artikel berkualitas, silahkan Anda baca panduannya dalam 11 cara membuat artikel berkualitas yang SEO frendly dan disukai pembaca.

#2. Audience

Selain faktor konten yang berkualitas, hal yang tidak kalah penting ialah kekerabatan antara Anda sebagai pemilik blog dengan pembaca (audience). Semakin besar audience Anda, semakin besar juga traffic yang Anda terima. Buatlah biar pembaca merasa nyaman ketika mereka mengunjungi blog dan membaca artikel yang Anda tulis.

Beberapa tips biar blog/website nyaman dikunjungi:

Kecepatan/loading website.

Pastikan bahwa situs Anda cepat dibuka. Banyak situs gratis yang sanggup Anda gunakan untuk mengukur kecepatan susukan blog Anda antara lain gtmetrix.com dan pagespeed insight. Dari hasil analisa dari beberapa situs tadi, Anda sanggup memperbaiki penyebab lambatnya performance blog Anda.

Untuk mengatasi permasalahan loading blog ini, Anda sanggup membaca panduannya dalam
Dalam sebuah penelitian memperlihatkan bahwa insan membutuhkan sekitar 2,6 detik untuk menilai sebuah situs dan 8 detik untuk memutuskan apakah tetap membaca atau meninggalkan situs tersebut.

Makara waktu Anda hanya 8 detik untuk mengatakan kesan terbaik mengenai blog Anda biar pengunjung sanggup menjadi pembaca tetap blog Anda.

Apakah website Anda masih lamban ? Sebaiknya Anda baca dahulu 11 cara mempercepat loading blog untuk meningkatkan trafik pengunjung di blog ini.

Kenyamanan dikala membaca

Pengunjung harus merasa nyaman ketika membaca artikel di blog. Usahakan untuk memakai perpaduan warna yang menyejukkan mata dan hindari penggunaan warna-warna yang tidak nyaman di mata ibarat kuning, merah, atau hijau jelas yang membuat mata tidak sanggup berlama-lama melihatnya.

Sesuaikan antara background dengan tulisan, contohnya background putih, maka goresan pena berwarna hitam (bukan kuning). Anda sanggup memakai kalkulator penghitung tingkat kontras warna dan ukuran karakter di http://webaim.org/resources/contrastchecker/

Banyak sahabat blogger yang bilang bahwa google sangat menyukai kombinasi warna putih dan biru alasannya ialah mempunyai kombinasi warna yang terkesan clean dan sanggup menyejukkan mata.

Bayangkan kalau Anda mungunjungi website yang iklannya bertebaran dimana-mana, ketika Anda klik sebuah link, bermunculan iklan-iklan yang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Gimana perasaan Anda?

Begitu juga yang mungkin pembaca Anda rasakan. Anda sah-sah saja memasang beberapa iklan di blog biar mendapat penghasilan dari iklan, tapi pastikan bahwa iklan tersusun rapi dan tidak mengganggu kenyamanan pembaca.

Kecepatan dan kenyamanan pengunjung yang baik sanggup menurunkan persentase bounce rate/rasio pentalan situs Anda. Semakin kecil bounce rate mengindikasikan bahwa pengunjung betah berlama-lama di blog Anda dan itu merupakan sinyal elok situs Anda di mata Google.

Supaya pengunjung merasa lebih akrab, perlakukan mereka ibarat teman. Ajak mereka berdiskusi, beri hadiah, tanyakan apa yang mereka suka atau kalau perlu buatkan komunitas dan sesekali ajak mereka melaksanakan pertemuan, entah hanya sekedar untuk minum kopi dan menyebarkan ide.

Untuk berinteraksi dengan pembaca, Anda sanggup memakai social media (seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube) atau mengirim newsletter.

Cantumkan social media yang Anda miliki di area blog yang praktis terlihat oleh pengunjung sehingga mereka sanggup me-Like atau follow sosial media Anda.

#3. Email Subscribers

Sediakan juga fitur/wdiget subscribe box bagi para pengunjung untuk memasukkan alamat email mereka biar sanggup mendapat update blog. Berikan promosi atau sesuatu yang menarik lainnya yang sanggup membuat mereka mau mengatakan email mereka.

Untuk memasang widget subscribe box di blog sangat gampang, Anda sanggup membaca panduan cara membuat widget subscribe box keren yang telah saya buat.

EDM atau Email Direct Marketing ialah salah satu cara paling efektif dalam pemasaran secara eksklusif (direct marketing). Ada beberapa model EDM diantaranya email Newsletter, email katalog dan video, email Press release, email seruan dan survey, email Terima kasih.

83% internet marketer memakai EDM sebagai media marketing mereka alasannya ialah efektif dan murah bahkan sanggup mengatakan laba hingga 3800% dari biaya yang dikeluarkan jikalau dilakukan dengan benar (sumber: Campaignmonitor.com).

Dari data diatas, kita menjadi tahu betapa pentingnya sebuah email untuk kesuksesan marketing kita. Marketing tidak selalu berbicara mengenai promosi dan transaksi jual-beli.

Marketing juga sanggup diartikan lebih luas contohnya EDM yang Anda kirimkan mengenai berita-berita terbaru yang menarik sehingga di share di social media oleh orang lain. Untuk itu, pastikan Anda mempunyai fitur email subscribe (subscribe box) di blog Anda.

Mungkin saja dikala ini Anda belum punya inspirasi konten atau promosi yang akan Anda kirimkan ke subscriber Anda, tapi suatu saat, database dari email yang Anda kumpulkan akan sangat berharga. Entah untuk promosi produk atau untuk berjualan di situs Anda

#4. Afiliasi

Menurut Wikipedia, afiliasi merupakan salah satu cara pengembangan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, tubuh perjuangan atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapat laba ibarat yang sudah disepakati bersama.

Ada beberapa alasan mengapa cara afiliasi ini menjadi salah satu alternatif untuk sanggup penghasilan embel-embel dari internet atau blog Anda, antara lain karena:

Cepat

Anda tidak perlu pusing memikirkan produksi barang, distribusi barang, kompetitor, dan lain-lain. Tugas Anda hanya mereferensikan produk yang Anda afiliasikan. Semakin banyak orang yang membeli dari acuan Anda, semakin besar komisi yang akan Anda terima.

Pasif

Biasanya, seorang afiliasi akan diberikan isyarat berupa link yang berisi alamat URL produk yang akan dipromosikan dan nomor acuan orang yang mempromosikan.

Selama link itu tetap ada dan pengguna internet membeli produk yang Anda promosikan dari link tersebut, Anda selamanya akan mendapat komisi.

Bisa dijadikan sebagai Ide produk Anda

Kalau hasil dari afiliasi lebih baik, artinya audience Anda tertarik dengan produk yang Anda promosikan. Anda sanggup mendapat inspirasi untuk membuat produk sendiri yang serupa.

Semua blogger sebaiknya melaksanakan bisnis model ini kecuali kalau yang Anda tawarkan di blog ialah service atau jasa, bukan produk.

Kalau Anda menjual jasa di blog, sebaiknya Anda mulai menawarkannya semenjak hari pertama blog di buat. Berbeda dengan produk, menjual jasa tidak membutuhkan waktu yang usang ibarat produksi, packaging, dan distribusi.

Bagaimana afiliasi bekerja?
Ketika Anda bergabung ke dalam jadwal afiliasi dan menentukan produk yang ingin dijual, contohnya produk hosting Niagahoster. Anda akan mendapat link/kode dari Niagahoster yang sanggup Anda pasang di mana saja, ibarat di blog, website orang lain, social media, dan lain sebagainya.

Niagahoster mempunyai jadwal afiliasi dimana akseptor afiliasi akan diberikan komisi hingga 40% untuk setiap produk yang berhasil mereka jual dan Anda tidak dipungut biaya alias GRATIS untuk menjadi akseptor jadwal afiliasi.

Sistem afiliasi di Niagahoster sangat transparan dan praktis jadi Anda sanggup mengetahui seberapa komisi yang diterima melalui dashboard member area Anda.

#5. Iklan

Iklan yang dipasang di situs atau blog Anda sanggup berasal dari aneka macam sumber. Bisa eksklusif dari orang yang mau menjual barangnya (iklan mandiri) atau iklan yang berasal dari penyedia layanan jadwal periklanan ibarat yang paling terkenal ialah Google Adsense.

Kedua jenis iklan tersebut mempunyai perbedaan, tetapi punya satu persamaan yang fundamental yaitu blog Anda harus mempunyai traffic yang cukup banyak untuk mendapat hasil yang maksimal.

Untuk iklan mandiri, biasanya sebelum memasang iklan, si advertiser atau pemasang iklan akan bertanya terlebih dahulu, “Berapa traffic bulanan di blog anda?”. Si pemasang iklan akan tertarik menempatkan produknya di blog Anda jikalau mempunyai traffic yang besar dan relevan dengan produk yang ingin mereka pasarkan.

Sedang cara memasang iklan Google Adsense sendiri, Anda sanggup menentukan beberapa jenis iklan yang sangat beraneka ragam, ada yang berbentuk teks, gambar, multimedia, flash, video iklan gambar animasi, audio atau link.

Kalau iklan mandiri, komisi dan pembayaran ditentukan oleh Anda sebagai pemilik blog dan pemasang iklan, maka berbeda dengan iklan dari Google Adsense, komisi yang Anda terima akan dihitung menurut beberapa cara, jumlah klik atau jumlah banner Adsense tampil di blog.

Pembayaran dari Google Adsense dilakukan 1 bulan sekali. Pembahasan mengenai cara hitung dan pembayaran Adsense yang lebih detail mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Demikian sedikit citra bagaimana cara mendapat uang dari blog yang sanggup Anda terapkan dikala ini juga. Cara ini bukanlah cara tercepat dan instan untuk memperoleh penghasilan dari blog tetapi yakinlah bahwa ini ialah cara paling tepat bagi Anda untuk mendapat sumber penghasilan dari blog secara konstan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jika berkenan silahkan tinggalkan komentar Anda untuk kesempurnaan artikel ini.

0 Response to "Bagaimana Cara Mendapat Uang Dari Blog Yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...