loading...

7 Poin Penting Yang Akan Menciptakan Goresan Pena Anda Menjadi Berkualitas

Aktivitas menulis hampir semua orang bisa melakukannya. Namun, ternyata untuk merangkai kata menjadi goresan pena berkualitas tidak semua orang bisa membuatnya. Ada banyak tips dan panduan wacana teknik menulis atau hal apa yang menciptakan goresan pena bisa dikatakan mempunyai kualitas yang baik.

Lantas apa goresan pena berkualitas itu ?
Sebenarnya kriteria suatu goresan pena dianggap berkualitas atau tidak bisa dilihat dari sisi pembacanya :

1. Pembaca betah membaca hingga selesai dan puas dengan goresan pena anda

2. Mampu menawarkan solusi untuk sebuah masalah. 
Misalnya anda menulis artikel wacana langkah-langkah menciptakan blog. Pembaca yang ingin menciptakan blog menjadi terbantu sesudah baca goresan pena anda.

3. Mampu menawarkan bimbingan atau panduan. 
Pembaca blog anda akan merasa mendapat sebuah panduan lengkap wacana sesuatu yang mereka inginkan.

4. Mampu menawarkan ide orang lain untuk melaksanakan sebuah tindakan. 
Fokuslah untuk menyajikan konten untuk pembaca blog anda. Lalu tulis seruan semoga mereka melaksanakan ibarat apa  yang anda tulis. Tentu pembaca yang percaya kepada anda sebagai seorang yang lebih berpengalaman akan dengan penuh percaya diri melakukannya.

Jika goresan pena anda minimal memenuhi salah satu kriteria tersebut, goresan pena anda sudah bisa dianggap goresan pena yang berkualitas.
Aktivitas menulis hampir semua orang bisa melakukannya 7 Poin Penting yang Akan Membuat Tulisan Anda Menjadi Berkualitas

Membuat goresan pena berkualitas yang user experience

Tapi bagaimana cara menciptakan goresan pena kita menjadi berkualitas ?
Mengacu pada algoritma Google kini yang lebih mengutamakan user experience. Sebenarnya dalam menciptakan artikel berkualitas, sangat sederhana.

Lupakan dulu segala macam wacana SEO, anda hanya perlu menawarkan pengunjung blog anda artikel yang bermanfaat bagi mereka. Berikan user experience yang baik bagi pembaca semoga blog anda disukai.

Silahkan baca juga : 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

Mungkin anda sanggup menyimak apa yang dirangkum oleh praktisi content marketing Ann Handley wacana hal-hal yang mesti terkadung dalam goresan pena yang berkualitas.

Ia mengulas hal-hal yang perlu ada dalam sebuah goresan pena berkualitas menurut pengalamannya sebagai profesional di bidang editing dan penulisan selama 25 tahun yang lalu ia tuangkan menjadi kerangka penulisan bukunya Everybody Writes.

Apa yang dirangkum oleh Ann Handley setidaknya bisa berkhasiat untuk membantu menilai goresan pena yang kita buat.

Berikut daftarnya :

1. Melayani kebutuhan pembaca

Tulisan yang baik itu melayani pertanyaan pembaca, bukan penulis.

Pada ketika menciptakan artikel, penulis yang menyadari akan hal itu biasanya bersikap tidak puas dengan apa yang ditulisnya. Ia akan menempatkan dirinya sebagai pembaca, dan mempertanyakan banyak sekali hal terkait tulisannya.

2. Sertakan data pendukung

Menyertakan data pendukung yang valid akan menciptakan konten yang ditulis menjadi kaya bahan dan sumber, sekaligus meningkatkan kredibiltas penulis.

Memberikan data dengan fakta, entah itu hasil studi, wawancara, atau data dari pihak lain yang kredibel, bisa menciptakan sebuah goresan pena dengan topik ringan menjadi penting.

Pikiran, ide atau opini penulis bisa merupakan pokok dalam sebuah tulisan, tapi dengan derma data atau fakta yang teruji menciptakan konten itu makin terang dan menarik.

3. Mendidik

Kualitas bacaan menjadi semakin tinggi nilainya bila bisa menjelaskan sesuatu yang mencerahkan pembacanya; isinya menciptakan kita jadi makin jernih melihat atau memahami sesuatu, sekalipun hanya sekadar ulasan produk/jasa.

4. Melengkapi dengan perspektif lain

Tulisan dari satu sudut pandang bergotong-royong sah-sah saja, tetapi akan lebih menarik bila ditambah dengan sudut pandang yang berbeda sehingga pembaca mempunyai citra lain dan bisa membandingkannya mana yang lebih baik.

5. Diulas lagi sebelum benar-benar tuntas

Terkadang sesudah kita membaca postingan yang telah kita buat merasa ada yang masih kurang. Memang goresan pena yang pertama kali dihasilkan biasanya masih mentah. Untuk membuatnya menjadi lebih baik, bacaannya mengalir dan yummy dibaca, goresan pena perlu dibaca lagi untuk lalu diulas kembali (rewriting).

Kalau topik anda memang harus diulas dengan panjang lebar, lebih baik anda buat menjadi beberapa artikel semoga pengunjung anda tidak lelah membacanya.

Ya, menulis memang melelahkan dan bukan sesuatu yang mudah dikerjakan. Perlu ketelitian dan ketekunan untuk menghasilkan artikel berkualitas yang disukai pembaca.

6. Dibuat dengan cermat dan penuh perhitungan

Menulis juga ada proses dalam pembuatannya. Menulis itu ibarat matematika yang harus mengalami proses menjumlah, membagi bahkan mengkali untuk mendapat suatu hasil/jumlah. Setidaknya ada dua hal yang menegaskan kesimpulan itu.

  • Menulis mempunyai keteraturan budi dan struktur. Tulisan yang yummy dibaca biasanya dibentuk dengan cermat, teliti, dan hati-hati.
  • Menulis yaitu cabang ilmu yang bisa dipelajari, ibarat halnya aljabar dalam matematika menulis juga punya ilmu jurnalistik.

Profesor dalam bidang jurnalistik Matt Waite lewat esainya yang berjudul How I Faced My Fears and Learned To Be Good at Math mengatakan,
Perbedaan antara jago matematika dengan yang tidak bisa matematika yaitu kerja keras. Yang perlu dilakukan yaitu mencoba, mencoba lagi, mencoba lebih keras, terus menerus, lebih dari yang biasa kita lakukan.
Begitupun dengan menulis.

Untuk memudahkan proses dalam menulis, maka perlu menciptakan kerangka goresan pena apa saja yang akan dituangkan dalam artikel nantinya.

Dengan membuat kerangka tulisan terlebih dahulu, langkah-langkah dalam penulisan artikel akan terstruktur dan sistematis.

7. Simpel, tapi tidak menggampangkan

Hidup ini sudah rumit, apalagi bisnis juga sama rumitnya, tetapi jangan hingga goresan pena anda juga rumit dibaca pengunjung blog anda. Karena goresan pena yang anggun yaitu yang bisa menyederhanakan hal yang sangat kompleks.

Tulisan anda harus mudah dipahami pembaca, tapi bukan berarti lantas anda menciptakan artikel yang hanya sepotong-potong saja.

Buat bahasan yang lengkap tetapi dengan gaya bahasa yang simpel jangan hanya dipenuhi dengan pengulangan kata dan bumbu kata-kata yang tidak ada kaitannya dengan topik bahasan
Anggap pembaca tidak tahu apa-apa, tapi jangan pikir mereka bodoh.
Hindari kata atau istilah yang rumit, cari sinonim kata yang lebih umum bila bertemu kata yang dirasa sulit dipahami semua orang.

Dengan menerapkan ke 7 poin di atas, artikel anda berpotensi untuk disukai pembaca sebab bermanfaat dan menawarkan pengalaman yang baik untuk mereka.

Demikian sedikit ulasan bagaimana menciptakan goresan pena menjadi berkualitas, semoga bermanfaat dalam membantu anda menciptakan artikel berkualitas di blog anda masing-masing. Terima kasih.

0 Response to "7 Poin Penting Yang Akan Menciptakan Goresan Pena Anda Menjadi Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...