loading...

7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Wajib Dibenahi Kini Juga

Kesalahan Blogger Pemula - Anda berniat menjadi seorang blogger ? Saya harap Anda sudah benar-benar menyiapkan mental Anda mulai ketika ini juga. Saat Anda memutuskan untuk menjadi blogger, maka ketika itu juga Anda harus bersiap untuk menghadapi apa yang akan Anda alami sebagai seorang blogger nantinya.

Mungkin selama ini Anda memandang menjadi seorang blogger itu mudah, padahal kenyataannya tidaklah demikian.

Mungkin selama ini yang Anda lihat ialah blogger-blogger yang telah sukses dengan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya. Tapi Anda tidak melihat bagaimana awal mula ketika mereka memutuskan terjun ke dunai blogging.

Kalau Anda masih gres atau malah akan mulai terjun di dunia blogging, sebaiknya Anda pertimbangkan dengan seksama biar Anda tidak salah jalan dan hanya membuang waktu, energi dan biaya.

Pasalnya, menjadi blogger itu tidak gampang apalagi pemula, selalu saja ada kesalahannya.

Salah dalam melangkah, saja maka blog Anda tidak akan berkembang, justru kegagalan yang akan menghampiri Anda.

Terus terang, artikel ini sebagian merupakan pengalaman langsung selama saya menjadi blogger dan sebagian ialah curahan hati beberapa sahabat blogger di banyak sekali lembaga atau komunitas.

Postingan ini sengaja saya buat biar teman-teman blogger khususnya pemula terhindar dari kesalahan alasannya ialah memakai pola-pola yang salah.

Kalau Anda merasa sudah menjadi master blogger atau sudah merasa berhasil dari dunia blog, silahkan abaikan goresan pena saya ini, tetapi jikalau Anda salah satu blogger yang belum tahu langkah apa yang mesti dilakukan atau Anda ialah seorang blogger yang merasa gagal dan sadar bahwa Anda selama ini dalam aktifitas ngeblog memang salah, maka sebaiknya Anda simak postingan ini hingga selesai dan segera benahi cara ngeblog Anda.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan apa saja kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula dan mungkin juga Anda lakukan ketika menjadi seorang blogger.

Menjadi blogger yang sukses tidak sanggup dilakukan secara instan, tetapi memerlukan proses yang panjang apalagi untuk pemula yang belum paham sama sekali wacana blog sebelumnya.

Anda harus siap berguru banyak sekali banyak hal yang mungkin sebelumnya belum pernah Anda dengar, menyerupai SEO, backlink, riset keyword dan lain sebagainya.

Meskipun nantinya Anda sudah menjadi blogger profesional, tetapi semangat berguru layaknya seorang blogger pemula yang haus bimbingan tetap harus ada, alasannya ialah dunia blogging ialah dunia yang terus berkembang menyerupai halnya algoritma google.

Kunci pokok bagi seorang blogger biar sukses (menurut saya) ada 2 :

  • Kemauan untuk belajar
  • Mau memperbaiki kesalahan.

Dua hal tersebut penting alasannya ialah sebanyak apapun tutorial dan panduan yang ada tidak akan mempunyai kegunaan jikalau kemauan berguru tidak ada. Dan sebaik apapun Anda dibimbing oleh para master blogger kalau Anda tidak mau memperbaiki kesalahan juga akan sia-sia.

Maka dari itu kalau Anda selama ini menjalani aktifitas ngeblog terasa berat dan belum mencapai apa yang diharapkan, mungkin Anda melaksanakan kesalahan-kesalahan di bawah ini
benar menyiapkan mental Anda mulai ketika ini juga 7 Kesalahan Blogger Pemula yang Wajib Dibenahi Sekarang Juga

Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Diperbaiki

Terdapat hal-hal yang biasanya dilakukan oleh blogger pemula yang justru sanggup berakibat jelek untuk jangka panjang dan parahnya kebanyakan dari blogger malah sering melakukannya sehingga tidak berhasil mengembangkan blognya.

#1. Belum siap mental dan ilmu

Tidak jarang, orang-orang yang nekat menceburkan diri ke dunia blog sehabis mengetahui kesuksesan blogger yang mendapat jutaan rupiah setiap bulannya. Padahal mereka sama sekali tidak mempunyai dasar pengetahuan wacana blog.

Sebenarnya hal ini tidak menjadi problem selama Anda mau berguru dan konsisten, tetapi kebanyakan blogger ternyata tidak siap menanggung sulit dan lamanya proses menjadi blogger sukses.

Yang terjadi selanjutnya ialah timbul rasa malas dan semuanya ingin serba instan. Kalau Anda termasuk tipe blogger menyerupai ini berarti Anda belum siap menjadi blogger sejati.

Seperti yang saya utarakan di atas, ada banyak hal yang mesti dipelajari di dunia blog. Jangan samakan diri Anda dengan blogger-blogger lain yang telah usang berkecimpung di dunia blog alasannya ialah terang akan berbeda.

Sebagai blogger pemula, Anda perlu kesiapan dan motivasi biar terus terpacu untuk berguru dan berguru biar sanggup menjadi blogger sukses.

#2.Gagal fokus

Biasanya blogger pemula sering mengalami hal ini. Gagal fokus terjadi alasannya ialah tidak adanya sasaran dan tujuan yang jelas.

Kebanyakan blogger pemula itu kelewat sering mencari panduan dan tutorial blogging yang kesudahannya malah menciptakan gundah diri sendiri. Tetapkan satu panduan yang berdasarkan Anda sanggup dijadikan satu rujukan/referensi dan ikuti panduan tersebut dari awal hingga akhir.

Hal ini dulu juga menimpa saya waktu awal-awal mulai menciptakan blog. Terlalu banyak mencari dan membaca tutorial atau panduan, terutama berkaitan dengan desain template yang kesudahannya justru lupa pada esensi ngeblog itu sendiri yaitu menciptakan artikel.

Sehingga dalam kurun waktu hampir 1 tahun gres sekitar 25 artikel yang saya buat. Ironis bukan ...
Anda harus fokus, buatlah sasaran dan tujuan setiap hari dalam aktifitas ngeblog Anda.

Dengan mempunyai sasaran dan tujuan yang terang maka langkah-langkah Anda dalam menjalani rutinitas blogging akan lebih terarah.

Misalnya, hari ini fokus pada desain template kemudian hari berikutnya fokus pada penulisan konten dan seterusnya.

Untuk penulisan artikel juga harus fokus dan tertarget apalagi buat blog baru, contohnya targetkan Anda harus menciptakan 1 artikel setiap hari.

#3.Pemilihan Niche

Salah satu point yang sering dilupakan oleh blogger pemula dan berakibat tidak berkembangnya blog ialah salah dalam pemilihan niche blog. Apa maksudnya ?

Salah dalam menentukan niche hanya akan menciptakan Anda kesulitan dalam menciptakan konten. Anda akan kehilangan pandangan gres menulis untuk blog Anda alasannya ialah tidak menguasai topik yang dipilih. Pada kesudahannya akan timbul rasa berat, bosan dan malas.

Kalau ini yang terjadi, biasanya yang muncul ialah blog tidak lagi terurus atau lari ke tindakan copas (copy paste) blog lain.

Saran terbaik, pilihlah niche yang spesifik sesuai dengan keahlian atau hobi Anda. Dengan begitu Anda akan lebih leluasa mengembangkan banyak sekali bahasan alasannya ialah Anda benar-benar menguasai niche tersebut.

Meskipun begitu, ada beberapa niche yang berpotensi mendapat banyak pengunjung dibanding niche lainnya. Kalau Anda mengincar ceruk dollar melalui Google Adsense Anda sebaiknya menentukan niche yang terbukti dibayar mahal oleh google Adsense.

Kalau selama ini Anda merasa sulit menulis konten dan blog tidak berkembang, mungkin Anda telah salah menentukan niche, maka sebaiknya Anda baca panduan bagaimana menentukan niche yang tepat di blog ini.

#4. Sering mengganti template

Saya yakin, hal ini paling sering dilakukan oleh blogger pemula termasuk saya dulu. Entah alasannya ialah bosan, tertarik dengan desain blog lain atau hal lainnya.

Sebenarnya hal ini masuk akal saja, tetapi kalau terlalu sering mengganti template efeknya sanggup menjadi jelek untuk peringkat blog di search engine alasannya ialah setiap ganti template akan dirayapi ulang oleh robot search engine dan ini sanggup menciptakan peringkat blog Anda menjadi turun.

Di samping itu sering mengganti template akan dianggap blog Anda tidak serius oleh pengunjung Anda alasannya ialah setiap berkunjung selalu berganti tampilan, sehingga terkesan tidak profesional.

Kalau Anda berniat ingin mendaftarkan blog ke Adsense, usahakan jangan mengganti template waktu blog direview oleh tim Google Adsense, kemungkinan besar pengajuan Anda akan ditolak.

Usahakan semenjak awal Anda sudah menentukan template yang ingin dipakai dan jangan diganti lagi. Buat Anda yang ingin cepat diterima Adsense, ada sebuah template yang saya rekomendasikan buat Anda, silahkan cek templatenya di artikel saya wacana template paling cocok untuk mendaftar Adsense

Kalaupun Anda ingin tetap mengganti template usahakan pada jam-jam dimana pengunjung biasanya jarang mengakses blog Anda dan selesaikan semua komponen yang perlu ada dalam template ketika itu juga.

#5. Mengubah-ubah tampilan/desain template

Masih kelanjutan dari poin di atas, mengubah-ubah tampilan blog hanya akan menciptakan Anda sibuk sendiri dan melupakan faktor paling penting dalam blog itu sendiri, yaitu memperkaya konten.

Yakinlah, bahwa template-template yang ada ketika ini entah dari default blogger atau dari para penyedia template sudah sangat baik dari segi desain. Dan satu hal lagi, orang berkunjung ke blog itu ingin mencari dan membaca konten Anda.

Termasuk dalam kategori mengubah-ubah tampilan blog yang juga tidak disarankan ialah memakai terlalu banyak widget yang tidak perlu. Di samping hanya akan memperlambat kecepatan loading blog, hal ini juga tidak disukai google yang menyukai tampilan web yang rapi dan sederhana.

Pilihlah widget-widget yang cukup penting bagi navigasi blog Anda. Untuk mengetahui widget apa saja yang sebaiknya di pasang pada blog silahkan simak artikel 6 widget yang wajib dipasang biar blog gampang diterima Adsense

#6. Melupakan user experience

Karena terlalu fokus pada tampilan blog, sering sekali kita malah melupakan faktor kenyamanan pengunjung yang ingin berkunjung.

Misalnya blog yang mempunyai tampilan yang “norak” dan terlalu ramai dengan banyak widget, gambar, atau animasi yang bersama-sama tidak perlu, sehingga menciptakan blog terasa lambat yang berakibat visitor menjadi enggan untuk berkunjung kembali.

#7. Melupakan meningkatkan secara optimal SEO pada konten

Ada yang beranggapan SEO sudah tidak terlalu penting pada kurun algoritma Google sekarang. Itu sah-sah saja bagi yang mempunyai anggapan menyerupai itu.

Tetapi yang perlu disadari oleh seorang blogger khususnya pemula ialah profesi blogger bukan hanya Anda tetapi ada ribuan bahkan mungkin jutaan blogger lain di luar sana.

Setiap Anda publish sebuah konten pada ketika yang bersamaan ada ratusan konten serupa yang juga dipublish oleh blogger pesaing Anda. Lantas, bagaimana konten Anda tersebut sanggup ditemukan orang syukur-syukur sanggup menjadi peringkat 1 di mesin pencari ?

Maka, Anda harus melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO baik On page maupun Off Page. Jangan membayangkan bahwa teknik SEO itu rumit menyerupai yang selama ini mungkin Anda bayangkan. Cukup lakukan beberapa meningkatkan secara optimal SEO sederhana, konten Anda akan merangkak naik di halaman mesin pencari dan gampang ditemukan orang.

Bagaimana cara meningkatkan secara optimal SEO sederhana itu ? Silahkan Anda baca selengkapnya dalam panduan SEO On Page dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO pada Blog

Niat, Fokus, dan Konsisten

Beberapa kesalahan diatas ialah yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula, tentunya masih ada lagi kesalahan-kesalahan lain yang mungkin saja selama ini dilakukan alasannya ialah tiap blogger niscaya punya pengalaman yang berbeda.

Apa yang saya uraikan diatas merupakan beberapa kesalahan yang pernah saya alami dan kemudian saya perbaiki bertahap hingga menyerupai kini ini.

Oleh alasannya ialah itu, sebelum Anda melanjutkan cita-cita menjadi blogger sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan diatas biar blog Anda sanggup berkembang dengan baik dan sanggup menjadi sumber penghasilan buat Anda.

Kalau Anda benar-benar ingin menjadi seorang blogger, niatlah semenjak awal kalau Anda ingin serius dalam bidang ini, kemudian fokus  dan konsisten pada apa yang Anda kerjakan.

Tulisan hanya untuk membuatkan pengalaman dan mengingatkan sebagai sesama blogger biar sama-sama maju berkembang dan sukses, alasannya ialah saya sendiri masih dalam tahap belajar.

Demikian sedikit goresan pena wacana kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula berdasarkan pengalaman langsung saya sebelumnya. Apabila ada salah kata dalam artikel ini yang menyinggung Anda saya mohon maaf.

0 Response to "7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Wajib Dibenahi Kini Juga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...