5 Tips Memulai Bisnis Kuliner Mancanegara Beromset Ratusan Juta Setiap Bulannya
Siapa yang tidak kenal dengan KFC atau Mc Donald, dua waralaba kuliner aneh yang begitu terkenal di Indonesia, bahkan sudah diangap layaknya kuliner sehari-hari bagi sebagian masyarakat kita. Memang waralaba bisnis masakan mancanegara di Indonesia hingga ketika ini masih didominasi oleh para pewaralaba asing.
Baru segelintir pewaralaba lokal yang bisa bersaing diantara pewaralaba aneh salah satunya, Kebab Baba Rafi.
Anda mungkin tidak aneh dengan waralaba masakan khas Timur Tengah ini bukan ?
Ya, bisnis Kebab, salah satu kuliner khas Turki yang dirintis oleh Mas Hendi, seorang pengusaha asal Surabaya ini telah bisa membuka banyak sekali cabang di seluruh Indonesia dan di beberapa negara, menyerupai Malaysia, Singapura dan Arab Saudi.
Memang diantara beberapa bidang bisnis yang ada, bisnis masakan ialah salah satu jenis perjuangan yang menjanjikan margin profit yang besar dan imbal balik modal yang cepat jikalau dikelola dengan baik. Dan salah satu jenis bisnis masakan yang lagi menjamur ialah perjuangan masakan kuliner asing.
Zaman kini siapa yang tidak kenal dengan kuliner menyerupai Spaghetti atau Pizza, dua kuliner khas asal Italia. Atau mungkin anda juga termasuk penyuka kuliner khas asal Jepang menyerupai Teriyaki dan Sushi.
Saat ini untuk menikmati aneka masakan mancanegara sangatlah gampang sekali. Di sudut-sudut kota banyak gerai-gerai kuliner maupun restoran yang menyajikan aneka kuliner aneh tersebut.
Salah satu hal yang menciptakan kuliner mancanegara sangat digemari di samping terkenal akan kelezatannya juga dalam penyajiannya dikemas sangat menarik.
Makanan luar negeri biasanya mempunyai segmen penikmat tersendiri. Di samping mempunyai penggemar sendiri dari negeri asalnya juga tidak sedikit dari warga lokal yang sangat menyukai kuliner ini sehingga apabila bisnis masakan aneh ini digeluti mempunyai prospek yang potensial untuk dikembangkan.
Dampak dari manisnya bisnis masakan ala kuliner aneh ini menciptakan persaingan semakin ketat. Anda yang mau terjun di bisnis ini tidak hanya dituntut untuk bersaing dengan para pengusaha lokal tetapi juga para pengusaha aneh terjun di bisnis ini.
Untuk bisa menjalankan bisnis masakan khas luar negeri ini supaya kedepan bisa memenangkan persaingan pasar kuliner, saya ada beberapa tips yang semoga bisa membantu persiapan anda sebelum benar-benar terjun ke bisnis ini :
Langkah awal yang harus anda lakukan dalam membangun bisnis kuliner mancanegara adalah menentukan jenis kulinernya.
Ada begitu banyak pilihan masakan mancanegara yang bisa anda pilih. Apakah anda ingin terjun ke bisnis masakan khas Timur Tengah, Eropa atau Asia ? semua kuliner mempunyai keistimewaan dan keunikan rasa masing-masing.
Ada dua pertimbangan yang bisa anda jadikan pegangan dalam menentukan jenis kuliner aneh yang akan anda jalankan.
Skill anda
Kalau anda punya skill atau ketrampilan dalam mengolah salah satu masakan asing, contohnya anda andal menciptakan pizza, anda bisa mencoba menciptakan resto kuliner khas Italia tersebut.
Dengan mempunyai keahlian, akan mempermudah pekerjaan anda dalam menyajikan masakan yang istimewa bagi konsumen.
Target market anda
Anda bisa melihat sasaran potensial yang ada disekitar anda. Misalnya di lingkungan anda ternyata banyak ekspatriat dari Eropa anda bisa mencoba membuka resto atau gerai Pizza.
Kalau anda sudah melihat potensi dari sasaran market anda tetapi ternyata tidak punya keahlian, anda bisa berhubungan dengan orang yang punya keahlian di bidang tersebut atau anda bisa mempekerjakan seseorang.
Anda juga bisa melihat rujukan dari banyak sekali sumber mengenai seluk beluk jenis dan peluang pasar dari masing-masing masakan mancanegara tersebut, menyerupai banyak sekali varian dari masakan yang anda pilih.
Contohnya, ternyata pizza dan spaghetti itu di Italia mempunyai aneka varian menu, begitu juga dengan Sushi dari Jepang.
Jika memutuskan untuk menentukan salah satu jenis masakan aneh tersebut, pastikan anda betul-betul mengetahui resep dari kuliner yang akan disajikan dan coba meminta testimoni dari rekan-rekan anda mengenai masakan anda.
Seperti yang saya singgung di atas, anda harus menentukan sasaran calon konsumen anda.
Karena bisnis anda ialah masakan mancanegara tentunya sasaran utamanya ialah para ekspatriat atau warga negara aneh yang tinggal di Indonesia.
Lama berada di negeri orang tentunya menciptakan mereka rindu kuliner di negeri asalnya.
Para ekpatriat kebanyakan tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk menikmati kuliner yang sesuai dengan selera mereka dan tidak jarang memberi lebih apabila kuliner yang mereka santap memenuhi standar citarasa mereka.
Oleh sebab itu kalau anda berniat serius terjun di bisnis ini buatlah kuliner yang sesuai dengan standar di negara asal kuliner tersebut.
Mulai dari pemilihan materi baku hingga tahap penyajian semuanya harus memenuhi standar sesuai yang biasanya ada di negara asal para ekspatriat konsumen anda. Terlebih kalau anda bisa menunjukkan pelayanan ekstra, mereka akan loyal dengan masakan anda.
Kalau punya budget lebih anda bisa mendatangkan Chef atau andal masakan dari negara asalnya supaya citarasa dan penyajiannya sesuai dengan asal masakan tersebut.
Disamping itu dengan keberadaan chef yang didatangkan pribadi dari negara asal masakan tersebut akan menciptakan para ekspatriat konsumen anda lebih yakin dan percaya dengan keseriusan bisnis masakan anda.
Dalam bisnis restoran maupun gerai makanan, pemilihan lokasi yang strategis ialah kunci untuk menjaring konsumen sebanyak mungkin.
Karena sasaran konsumen anda ialah para ekspatriat maka pilihlah lokasi dimana banyak ekspatriat calon konsumen anda berada.
Pilihlah lokasi yang erat dengan perumahan dimana para ekspatriat tinggal atau kantor-kantor dimana mereka bekerja.
Para ekspatriat cenderung menyukai sesuatu yang simpel sehingga mereka tidak terlalu suka untuk menghabiskan waktu di perjalanan hanya untuk mencari kuliner kesukaan mereka.
Kesibukan kerja dan waktu yang terbatas menjadi alasan para ekspatriat enggan bepergian jauh. Pemilihan lokasi ini harus anda pertimbangkan sebelum membuka gerai.
Kalau ternyata anda tidak menemukan lokasi yang erat dengan perumahan atau kantor para ekspatriat itu berada, anda bisa mencari lokasi dimana para ekspatriat itu sering berkumpul.
Kalaupun anda tidak juga menemukan lokasi dimana para ekspatriat itu berkumpul, anda bisa menentukan lokasi yang gampang untuk dijangkau transportasi ataupun di sentra keramaian atau kemudahan umum menyerupai sentra perbelanjaan, bandara ataupun mall.
Usahakan desain gerai anda mencerminkan budaya khas asal masakan yang anda sajikan. Misalnya gerai atau resto anda menyajikan burger atau hotdog, anda bisa mendesain gerai anda dengan sentuhan western.
Sehingga diperlukan para ekspatriat konsumen anda akan terbawa suasana menyerupai seperti berada di negara mereka.
Satu hal lagi, jaga kebersihan resto atau gerai anda, sekali anda jorok, maka para konsumen akan pergi meninggalkan anda.
Dengan melaksanakan penemuan pada masakan diperlukan sanggup mengurangi kebosanan konsumen dengan produk masakan yang anda tawarkan.
Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan mengkombinasikan masakan aneh tersebut dengan masakan lokal.
Hal tersebut akan menunjukkan alternatif sajian gres bagi para konsumen supaya tidak cepat bosan. Selain itu, dengan adanya citarasa masakan lokal membuka peluang bagi anda untuk menggaet konsumen gres dari kalangan masyarakat lokal yang lebih banyak.
Demikian sedikit tips bagaimana mulai membuka bisnis masakan mancanegara, semoga bisa menjadi panduan anda sebelum terjun dalam bisnis tersebut.
Baru segelintir pewaralaba lokal yang bisa bersaing diantara pewaralaba aneh salah satunya, Kebab Baba Rafi.
Anda mungkin tidak aneh dengan waralaba masakan khas Timur Tengah ini bukan ?
Ya, bisnis Kebab, salah satu kuliner khas Turki yang dirintis oleh Mas Hendi, seorang pengusaha asal Surabaya ini telah bisa membuka banyak sekali cabang di seluruh Indonesia dan di beberapa negara, menyerupai Malaysia, Singapura dan Arab Saudi.
Memang diantara beberapa bidang bisnis yang ada, bisnis masakan ialah salah satu jenis perjuangan yang menjanjikan margin profit yang besar dan imbal balik modal yang cepat jikalau dikelola dengan baik. Dan salah satu jenis bisnis masakan yang lagi menjamur ialah perjuangan masakan kuliner asing.
Zaman kini siapa yang tidak kenal dengan kuliner menyerupai Spaghetti atau Pizza, dua kuliner khas asal Italia. Atau mungkin anda juga termasuk penyuka kuliner khas asal Jepang menyerupai Teriyaki dan Sushi.
Saat ini untuk menikmati aneka masakan mancanegara sangatlah gampang sekali. Di sudut-sudut kota banyak gerai-gerai kuliner maupun restoran yang menyajikan aneka kuliner aneh tersebut.
Salah satu hal yang menciptakan kuliner mancanegara sangat digemari di samping terkenal akan kelezatannya juga dalam penyajiannya dikemas sangat menarik.
Makanan luar negeri biasanya mempunyai segmen penikmat tersendiri. Di samping mempunyai penggemar sendiri dari negeri asalnya juga tidak sedikit dari warga lokal yang sangat menyukai kuliner ini sehingga apabila bisnis masakan aneh ini digeluti mempunyai prospek yang potensial untuk dikembangkan.
Tips menjalankan bisnis masakan yang berprospek cerah
Dampak dari manisnya bisnis masakan ala kuliner aneh ini menciptakan persaingan semakin ketat. Anda yang mau terjun di bisnis ini tidak hanya dituntut untuk bersaing dengan para pengusaha lokal tetapi juga para pengusaha aneh terjun di bisnis ini.
Untuk bisa menjalankan bisnis masakan khas luar negeri ini supaya kedepan bisa memenangkan persaingan pasar kuliner, saya ada beberapa tips yang semoga bisa membantu persiapan anda sebelum benar-benar terjun ke bisnis ini :
1. Tentukan pilihan masakan apa yang akan anda jalankan
Langkah awal yang harus anda lakukan dalam membangun bisnis kuliner mancanegara adalah menentukan jenis kulinernya.
Ada begitu banyak pilihan masakan mancanegara yang bisa anda pilih. Apakah anda ingin terjun ke bisnis masakan khas Timur Tengah, Eropa atau Asia ? semua kuliner mempunyai keistimewaan dan keunikan rasa masing-masing.
Ada dua pertimbangan yang bisa anda jadikan pegangan dalam menentukan jenis kuliner aneh yang akan anda jalankan.
Skill anda
Kalau anda punya skill atau ketrampilan dalam mengolah salah satu masakan asing, contohnya anda andal menciptakan pizza, anda bisa mencoba menciptakan resto kuliner khas Italia tersebut.
Dengan mempunyai keahlian, akan mempermudah pekerjaan anda dalam menyajikan masakan yang istimewa bagi konsumen.
Target market anda
Anda bisa melihat sasaran potensial yang ada disekitar anda. Misalnya di lingkungan anda ternyata banyak ekspatriat dari Eropa anda bisa mencoba membuka resto atau gerai Pizza.
Kalau anda sudah melihat potensi dari sasaran market anda tetapi ternyata tidak punya keahlian, anda bisa berhubungan dengan orang yang punya keahlian di bidang tersebut atau anda bisa mempekerjakan seseorang.
Anda juga bisa melihat rujukan dari banyak sekali sumber mengenai seluk beluk jenis dan peluang pasar dari masing-masing masakan mancanegara tersebut, menyerupai banyak sekali varian dari masakan yang anda pilih.
Contohnya, ternyata pizza dan spaghetti itu di Italia mempunyai aneka varian menu, begitu juga dengan Sushi dari Jepang.
Jika memutuskan untuk menentukan salah satu jenis masakan aneh tersebut, pastikan anda betul-betul mengetahui resep dari kuliner yang akan disajikan dan coba meminta testimoni dari rekan-rekan anda mengenai masakan anda.
2. Menentukan sasaran pembeli
Seperti yang saya singgung di atas, anda harus menentukan sasaran calon konsumen anda.
Karena bisnis anda ialah masakan mancanegara tentunya sasaran utamanya ialah para ekspatriat atau warga negara aneh yang tinggal di Indonesia.
Lama berada di negeri orang tentunya menciptakan mereka rindu kuliner di negeri asalnya.
Para ekpatriat kebanyakan tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk menikmati kuliner yang sesuai dengan selera mereka dan tidak jarang memberi lebih apabila kuliner yang mereka santap memenuhi standar citarasa mereka.
Oleh sebab itu kalau anda berniat serius terjun di bisnis ini buatlah kuliner yang sesuai dengan standar di negara asal kuliner tersebut.
Mulai dari pemilihan materi baku hingga tahap penyajian semuanya harus memenuhi standar sesuai yang biasanya ada di negara asal para ekspatriat konsumen anda. Terlebih kalau anda bisa menunjukkan pelayanan ekstra, mereka akan loyal dengan masakan anda.
Kalau punya budget lebih anda bisa mendatangkan Chef atau andal masakan dari negara asalnya supaya citarasa dan penyajiannya sesuai dengan asal masakan tersebut.
Disamping itu dengan keberadaan chef yang didatangkan pribadi dari negara asal masakan tersebut akan menciptakan para ekspatriat konsumen anda lebih yakin dan percaya dengan keseriusan bisnis masakan anda.
3. Jangan asal pilih lokasi
Dalam bisnis restoran maupun gerai makanan, pemilihan lokasi yang strategis ialah kunci untuk menjaring konsumen sebanyak mungkin.
Karena sasaran konsumen anda ialah para ekspatriat maka pilihlah lokasi dimana banyak ekspatriat calon konsumen anda berada.
Pilihlah lokasi yang erat dengan perumahan dimana para ekspatriat tinggal atau kantor-kantor dimana mereka bekerja.
Para ekspatriat cenderung menyukai sesuatu yang simpel sehingga mereka tidak terlalu suka untuk menghabiskan waktu di perjalanan hanya untuk mencari kuliner kesukaan mereka.
Kesibukan kerja dan waktu yang terbatas menjadi alasan para ekspatriat enggan bepergian jauh. Pemilihan lokasi ini harus anda pertimbangkan sebelum membuka gerai.
Kalau ternyata anda tidak menemukan lokasi yang erat dengan perumahan atau kantor para ekspatriat itu berada, anda bisa mencari lokasi dimana para ekspatriat itu sering berkumpul.
Kalaupun anda tidak juga menemukan lokasi dimana para ekspatriat itu berkumpul, anda bisa menentukan lokasi yang gampang untuk dijangkau transportasi ataupun di sentra keramaian atau kemudahan umum menyerupai sentra perbelanjaan, bandara ataupun mall.
4. Perhatikan desain gerai anda
Usahakan desain gerai anda mencerminkan budaya khas asal masakan yang anda sajikan. Misalnya gerai atau resto anda menyajikan burger atau hotdog, anda bisa mendesain gerai anda dengan sentuhan western.
Sehingga diperlukan para ekspatriat konsumen anda akan terbawa suasana menyerupai seperti berada di negara mereka.
Satu hal lagi, jaga kebersihan resto atau gerai anda, sekali anda jorok, maka para konsumen akan pergi meninggalkan anda.
5. Berilah penemuan pada masakan anda
Dengan melaksanakan penemuan pada masakan diperlukan sanggup mengurangi kebosanan konsumen dengan produk masakan yang anda tawarkan.
Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan mengkombinasikan masakan aneh tersebut dengan masakan lokal.
Hal tersebut akan menunjukkan alternatif sajian gres bagi para konsumen supaya tidak cepat bosan. Selain itu, dengan adanya citarasa masakan lokal membuka peluang bagi anda untuk menggaet konsumen gres dari kalangan masyarakat lokal yang lebih banyak.
Demikian sedikit tips bagaimana mulai membuka bisnis masakan mancanegara, semoga bisa menjadi panduan anda sebelum terjun dalam bisnis tersebut.
0 Response to "5 Tips Memulai Bisnis Kuliner Mancanegara Beromset Ratusan Juta Setiap Bulannya"
Posting Komentar