loading...

5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog Dengan Google Analytics

Saya rasa setiap blogger niscaya menginginkan performa blognya baik. Untuk melihat performa blog kita baik atau tidak, ada beberapa alat yang sanggup kita gunakan, salah satunya ialah Google Analytics.

Google Analytics merupakan tool yang sangat baik untuk menganalisa blog/website, namun ternyata masih banyak para blogger khususnya pemula yang belum memahami komponen-komponen atau fitur yang ada didalamnya, sehingga sering diabaikan.

Pada artikel kali ini, saya akan mengulas beberapa komponen penting dalam Google Analytics untuk mengukur performa blog. Saya akan mengulas perihal laporan standard Google Analytics, bagaimana memakai Google Analytics untuk meningkatkan pengunjung website dan menjalin kekerabatan dengan para pengunjung menurut komponen-komponen yang ada didalamnya.

Oh ya, ngomong-ngomong sebelum kita lanjut pembahasannya, apakah blog anda sudah didaftarkan ke Google Analytics ? Jika belum silahkan daftar dahulu. Kalau anda belum tahu caranya, silahkan baca Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Blog (Versi Terbaru) 
Saya rasa setiap blogger niscaya menginginkan performa blognya baik 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Mengukur performa blog dengan Google Analytics

Oke, saya anggap blog anda sudah didaftarkan ke Google Analytics, selanjutnya silahkan login ke Google Analytics dengan akun anda.

Apa yang anda dapatkan ? Deretan angka-angka dan data statistik yang bagi sebagian blogger malah dianggap membingungkan, termasuk saya dahulu.

Jangan galau dahulu, untuk membaca dan menganalisa data statistik yang disajikan Google Analytics, ada beberapa pertanyaan yang sanggup dijadikan landasan untuk menganalisa data-data tersebut.

Berikut ialah beberapa pertanyaan yang sanggup dicari jawabannya dengan Google Analytics:

  • Bagaimana cara mengetahui pengunjung blog atau website anda?
  • Bagaimana pengunjung menemukan blog anda?
  • Arikel atau posting apa saja yang disukai pengunjung situs anda?
  • Seberapa cepat susukan atau loading blog anda diakses pengunjung?
  • Apa yang sedang terjadi pada blog anda ketika ini?
  • Bagaimana meningkatkan pengunjung blog anda?

Sebetulnya ada banyak sekali informasi yang sanggup kita gali dari Google Analytics. Tapi dari aneka macam poin pengukuran di layanan gratis ini, ada 5 komponen yang sanggup jadi pertimbangan untuk menilai performa blog dan menjawab pertanyaan di atas. Untuk periode pemantauan sanggup dilakukan pada periode 30 hari atau 1 bulan.

1. Audience 

Di bab ini anda sanggup mempoleh tanggapan bagaimana cara mengetahui pengunjung blog atau website anda.

Umpamanya pada Audience > Overview anda sanggup melihat di bab Sessions memperlihatkan jumlah kunjungan ke situs, lazim dikenal dengan istilah jumlah visitor. Sementara Users lebih detail lain, merujuk pada jumlah orang yang mengunjungi blog anda (unique visitor).
Saya rasa setiap blogger niscaya menginginkan performa blognya baik 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Gambaran mudahnya, kalau anda mempunyai 600 Sessions dan 300 Users, maka artinya rata-rata pengunjung situs mengakses situs sebanyak 2 kali dalam periode tertentu.

Dari laporan audience juga, anda akan sanggup menemukan lokasi dari pengunjung blog anda, teknologi yang mereka gunakan untuk mengakses website dan informasi menarik lainnya.

Sebagai contoh, apakah blog anda sudah mobile friendly atau belum? Perlukah blog anda mobile friendly? Anda sanggup menemukannya melalui sajian Audience > Mobile > Overview untuk mengetahui perangkat apa yang paling banyak dipakai untuk mengakses blog anda.
Saya rasa setiap blogger niscaya menginginkan performa blognya baik 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Kemudian pada sajian Devices, anda akan melihat perangkat apa saja yang sering dipakai oleh visitor blog anda.

Anda ingin tahu kira-kira browser apa yang sering dipakai untuk mengakses blog anda? Anda sanggup menemukannya pada sajian Technology > Browser & OS, disana anda sanggup menemukan informasi mengenai browser yang sering dipakai pengunjung.
Saya rasa setiap blogger niscaya menginginkan performa blognya baik 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Sehingga anda sanggup mempertimbangkan untuk memasang redirect atau fitur anti AdBlock pada blog anda misalnya, kalau ternyata browser yang paling banyak dipakai ialah UC Browser yang terkenal dengan fitur anti AdBlocknya yang handal.

Sebaiknya anda baca juga : Cara Redirect Otomatis UC Browser ke Google Chrome dengan Script Anti Adblock

Masih banyak informasi lain di sajian Audience yang sanggup anda analisa termasuk provider apa yang sering dipakai pengunjung anda.

2. Acquisition

Pada komponen ini sanggup anda pergunakan untuk mencari tanggapan pada pertanyaan bagaimana pengunjung menemukan blog anda.

Di bab ini anda sanggup melihat laporan perihal sumber traffic website yaitu sumber dari semua traffic dan yang berasal dari laporan.
Saya rasa setiap blogger niscaya menginginkan performa blognya baik 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

All Traffic 
Akan memperlihatkan informasi bagaimana pengunjung menemukan blog anda. Menu tersebut memuat semua informasi dari Direct, yaitu dimana seseorang pribadi mengetikkan URL blog anda di browser hingga dari mesin pencari termasuk Google dan Bing.

Referrals 
Berisi informasi laporan khsusus pengunjung yang tiba melalui sebuah link website lain ke situs anda.

Jika anda melaksanakan link building atau melaksanakan share blog anda di lembaga maka anda sanggup memakai informasi Referrals ini untuk melaksanakan analisa apakah yang anda lakukan tersebut mendatangkan traffic di situs anda atau tidak.

Jika anda memakai social media menyerupai facebook maka anda juga sanggup melihat informasi apakah mereka mengunjungi blog anda atau tidak.

Selain itu, kalau anda ingin menggali informasi lebih dalam mengenai traffic dari social media maka anda sanggup melihat laporan pada sajian Social. Menu social akan memperlihatkan perihal masing-masing social media yang mendatangkan traffic di blog anda.

Dengan menganalisa pada sajian Acquisition, kita sanggup melihat apakah kegiatan distribusi konten kita di media umum atau saluran lain cukup efektif atau tidak.  Disitu akan muncul sumber yang gampang dikenali menyerupai Facebook, LinkedIn, Google+, atau Twitter yang biasanya muncul sebagai t.co.

Terkadang juga kita menemukan sumber yang terlihat aneh, menyerupai .xyz. Sumber semacam ini sanggup kita abaikan saja, alasannya ialah sanggup dipastikan hanya upaya pembajakan traffic lewat aktivasi bot.

3. Behavior

Bagian ini menampilkan informasi perihal laman terpopuler atau yang paling banyak dikunjungi pada blog kita. Menu ini sanggup anda pakai untuk menjawab pertanyaan postingan apa yang paling disukai pengunjung blog anda. Menurut saya informasi ini penting untuk diketahui, semoga kita sanggup mempelajari tipikal laman (atau konten) yang disukai pengunjung blog kita.

Selain itu, dengan mengetahui laman terpopuler ini, kita sanggup mengoptimalkannya dengan meletakkan ajakan  (call to action) untuk bergabung sebagai pelanggan blog lewat metode subscribe, promosi event, dan sebagainya.

Anda sanggup melihat laporan mengenai postingan paling banyak diakses pengunjung pada sajian Behavior > Site Content > All Pages.

All Pages akan memperlihatkan informasi terkait dengan halaman dan postingan yang paling banyak dikunjungi di situs anda. Menu tersebut juga akan memperlihatkan informasi perihal waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di halaman tersebut, bounce rate (rasio pentalan) dan persentase exit dalam laporan standard.
Saya rasa setiap blogger niscaya menginginkan performa blognya baik 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Berikut sedikit klarifikasi perihal masing-masing informasi tersebut:

Pageviews/Unique Pageviews 
Merupakan informasi mengenai jumlah pengunjung blog anda. Pageviews ialah jumlah halaman blog anda diakses, unique pageviews ialah jumlah halaman situs anda diakses oleh unique visitor (pengunjung yang berbeda). Jadi, kalau satu orang pengunjung mengakses halaman pada situs anda dua kali, maka akan dihitung sebagai dua (2) pageviews dan dihitung satu (1) sebagai Unique Pageview.

Avg. Time on Page 
Adalah data perihal lamanya seorang pengunjung berada di halaman tersebut. Informasi ini akan mempunyai kegunaan untuk mengetahui halaman/postingan mana yang menarik bagi pengunjung anda sehingga meluangkan waktu yang usang di halaman tersebut.

Jika anda melihat rata-rata waktu yang dihabiskan di halaman tersebut hanya beberapa detik maka mungkin sanggup saja terjadi alasannya ialah artikel anda kurang menarik atau isi artikel pendek. Hanya anda sebagai pemilik blog yang mengetahui hal ini.

Bounce Rate 
Merupakan informasi yang memperlihatkan persentase dari pengujung blog anda yang mengunjungi satu halaman saja ketika mengakses situs anda. Misalnya, seorang pengunjung hanya mengakses satu halaman dan pribadi menutup browsernya tanpa membuka halaman lain di blog anda.

Semua informasi diatas sangat penting dan Avg. Time ialah hal yang paling penting untuk menilai artikel dari blog anda. Semakin usang pengunjung berada di artikel tersebut berarti artikel anda semakin bagus.

Secara umum, standarnya seseorang akan menghabiskan waktu hingga satu menit untuk 130 kata. Anda sanggup memakai parameter tersebut untuk mengambil kesimpulan apakah pengunjung membaca artikel anda secara keseluruhan atau hanya melewatinya sesudah beberapa waktu (scanning saja).

Kecepatan susukan sebuah blog juga sangat penting untuk diperhatikan. Anda harus memastikan pengunjung tidak menunggu waktu yang usang untuk mengakses blog anda. Anda sanggup melaksanakan test kecepatan blog anda dengan beberapa tools menyerupai Google Pagespeed Insight.

Pada sajian Behavior->Site Speed-> Page Timings anda akan mendapati tanggapan dari pertanyaan seberapa cepat blog anda itu sebenarnya. Di sajian tersebut  anda sanggup melihat seberapa usang waktu yang dibutuhkan untuk mengakses halaman situs anda.
Saya rasa setiap blogger niscaya menginginkan performa blognya baik 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Kalau blog anda ternyata loadingnya masih lamban, silahkan baca panduan cara mengatasinya di 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

4. Real Time

Menu Real Time di Google Analytics akan memperlihatkan informasi dan menjawabpertanyaan apa yang terjadi dengan blog anda ketika ini.

Pada sajian ini kita sanggup melihat siapa pengunjung yang sedang berada di blog anda ketika ini, apa yang mereka baca dan dari mana pengunjung tersebut berasal.

5. Conversion

Menu ini mempunyai kegunaan untuk mengatur dan mengukur seberapa efektif pengelolaan blog kita. Caranya pun mudah, kita tinggal memilih apa sasaran kita terkait kegiatan pengunjung. Apakah jumlah transaksi atau donasi? Partisipasi terhadap situs? Pendaftaran email? Atau engagement, menyerupai sebaran ke media sosial?

Menentukan sasaran sanggup menciptakan pengelolaan blog yang dilakukan lebih terarah dan mempunyai orientasi yang jelas, sehingga kita pun sanggup terus menyebarkan kualitas situs menurut data yang diketahui.

Bagaimana meningkatkan pengunjung blog anda?
Berdasarkan informasi yang anda sanggup dari beberapa sajian diatas, maka kini anda menganalisa bagaimana kinerja blog anda. Misalnya menurut informasi dari sajian Acquisition dan Behaviour anda sanggup mengetahui bagaimana pengunjung menemukan blog anda, maka anda sanggup mengetahui bagaimana meningkatkan trafik blog anda.

Jika anda menghabiskan waktu beberapa jam di Facebook dan dalam sebulan hanya memperlihatkan sedikit traffic  pada blog anda maka anda harus melaksanakan penilaian akan hal tersebut. Namun, kalau anda menghabiskan waktu beberapa menit saja di Google+ dan mendatangkan banyak traffic maka anda perlu menghabiskan banyak waktu lagi di Google+ untuk meningkatkan lebih banyak pengunjung.

Apakah ada artikel anda yang menarik pengguna social media? kalau ada, maka anda harus mencoba menciptakan artikel yang mempunyai keterkaitan atau mempunyai topik yang sama dengan artikel tersebut dan mempromosikannya di social media.

Memahami laporan Google Analytics sangatlah penting. Apa yang kami jelaskan pada 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics ini merupakan dasar untuk memahami Google Analytics. Semakin anda sering menggunakannya maka akan semakin paham dengan banyaknya informasi data yang anda dapatkan untuk meningkatkan kinerja dan trafik blog anda.

Demikian beberapa komponen yang penting ketika mengukur performa blog dengan Google Analytics. Melakukannya satu kali atau sesekali tidak cukup, sebaiknya anda memantaunya secara rutin, sanggup mingguan atau bulanan.

Hal ini mesti dilakukan secara konsisten untuk mendapat pembelajaran maksimal dari data hasil penjaringan Google Analytics. Memang ada banyak sajian dan pilihan informasi lain yang tersedia.

Tidak perlu pribadi berusaha memahami semuanya, lakukan secara bertahap, dengan fokus memahami pembaca kita ketika mengakses blog yang kita kelola.

Makin baik kita melakukannya, makin besar pula peluang kita menjaga minat pengunjung dan meningkatkan jumlahnya secara terus menerus.

Terima kasih sudah membaca hingga simpulan artikel ini, kalau berkenan silahkan share melalui media umum yang tersedia di bawah ini. Jika anda ada pertanyaan atau informasi lain mengenai isi artikel ini silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia.

0 Response to "5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog Dengan Google Analytics"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...