loading...

15 Taktik Menentukan Nama Domain Yang Sempurna Untuk Blog Baru

Mungkin anda pernah ditanya, Kalau boleh tahu, siapa nama anda ? Begitulah yang sering kita dengar dan kita ucapkan diucapkan ketika pertama kali berkenalan. Ya, nama menjadi penting kalau ingin mengenal dan dikenal. Begitu juga di internet, nama domain menjadi sangat penting.

Menurut situs Wikipedia, domain yakni nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer mirip web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs/blog mirip contohnya “panduaneka.com”. Nama domain kadang kala disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada ketika melaksanakan saluran ke server, selain juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Sebelumnya apakah anda tahu bahwa bergotong-royong alamat website yang biasa anda saluran mirip Google.com atau Facebook.com bergotong-royong terdiri dari deretan angka tertentu?

Deretan angka yang disebut IP ini yakni alamat server hosting daerah file website yang anda saluran disimpan.

 Perhatikan deretan  IP berikut ini:

  • 66.220.156.68 
  • 172.217.26.78 

Coba anda browser dan ketik angka-angka alamat IP di atas, maka anda sanggup mengakses Facebook dan Google.

Tetapi  sampai berapa banyak anda sanggup menghafal deretan angka-angka kalau ada begitu banyak website yang akan anda kunjungi.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka diciptakanlah domain untuk mempermudah pengguna internet mengkases suatu alamat website.

Sebagai ilsutrasi, sanggup kita ibaratkan mirip dalam kehidupan sehari-hari dimana nama domain yakni alamat suatu tempat. Jika kita ingin pergi ke suatu daerah tersebut maka kita harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu. Baru sesudah kita berada di daerah kita sanggup melihat dan mengetahui ada apa saja yang ada di alamat tujuan.

Maka dari itu untuk menghindari terjadinya salah daerah tujuan, nama domain itu bersifat unik dalam artian dihentikan ada nama domain dengan nama dan ekstensi yang sama persis.

Bahasa sederhananya, domain yakni nama unik untuk blog anda. Domain akan menjadi identitas anda  dan menjadi identitas blog anda.

Bayangkan kalau ada setiap hari ada 1000 orang yang menciptakan blog di internet, berdasarkan anda bagaimana caranya semoga pengunjung mau berkunjung ke blog anda ?

Tentunya disamping membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat, nama domain anda juga harus sanggup menarik orang lain, alasannya yakni nama domain yang menarik akan lebih simpel diingat dan sanggup menjadi tagline buat blog lain.

Contohnya kalau anda seorang blogger niscaya tidak abnormal dengan sugeng.id, juragancipir, maxmanroe dan panduanim. Ya keempatnya yakni referensi blog dengan nama domain yang sudah branded. Kalau mau cari sesuatu wacana dunia blog niscaya keempatnya menjadi rekomendasi buat blog lain.

Begitulah yang sering kita dengar dan kita ucapkan diucapkan ketika pertama kali berkenala 15 Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Blog Baru


Saatnya menentukan nama domain blog anda


Domain akan mempunyai dampak besar terhadap blog anda secara keseluruhan, baik di mesin telusur, social media dan lain-lain.

Hindari konotasi negatif pada nama domain Anda

Ingat....

Nama yakni gerbang pertama anda dikenal dan dikenang dunia

Terkadang menentukan nama domain hampir sama sulitnya dengan menentukan nama untuk anak kita.

Memang nama domain sanggup diganti, tapi niscaya akan banyak kuat mulai dari settingan hingga duduk masalah trafik pengunjung. Jadi, semenjak awal rencanakan nama domain anda dengan tepat.

Ini taktik yang saya lakukan dalam menentukan nama domain

1. Menetapkan niche blog

Untuk langkah pertama sebelum menentukan nama domain, menetapkan dulu hingga matang niche wacana apa blog anda. Kalau belum mempunyai citra ambil waktu anda untuk memutuskan kira-kira niche yang cocok untuk blog anda.

2. Menuangkan ide

Sekarang, tuliskan minimal 5-10 nama domain yang sudah usang anda pikirkan, sanggup sesuai niche yang anda tentukan atau tidak! Tulis saja, ini akan berkhasiat menjadi materi pertimbangan anda di langkah selanjutnya.

3. Memilih nama yang simpel diketik

Ingat, domain yakni nama blog anda di internet. Sampai ketika ini teknologi voice recognition masih belum musim sehingga kita masih perlu mengetik alamat domain secara manual, alasannya yakni itu pastikan nama domain anda simpel diketik.

Nama domain INIBLOGSAYA.COM niscaya akan lebih simpel diketik daripada INI-BLOGSAYA.COM, alasannya yakni tidak perlu tanda pemisah.

4. Usahakan nama yang pendek

Kalau sanggup pendek kenapa harus diperpanjang….

Maksudnya, sederhanakan saja, buat yang sederhana. Dalam menentukan nama domain, jadikan ini sebagai pertimbangan anda.

Karena semakin pendek nama domain peluang untuk diingat orang juga akan semakin besar.
Ingat, nama merk terkenal biasanya hanya berisi 1-2 buah kata. Misalnya, Honda dan Coca Cola

5. Memilih nama yang simpel diucapkan & diingat

Ini yakni aturan alam, dimana sesuatu yang simpel disebut niscaya akan simpel diingat.

Semakin simpel nama domain anda disebutkan dan diingat dengan cepat, akan semakin baik.

Ini penting, khususnya bila blog anda belum begitu dikenal orang. Kecuali, bila blog anda sudah tersimpan dalam memori banyak orang. Contohnya, Google. Orang tidak akan bertanya, abjad O nya ada 1 atau 2 ?

Jangan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti dan dieja orang alasannya yakni akan mempersulit orang untuk menghafal dan mengetiknya.

6. Jangan berpatokan dengan kata kunci

Mungkin anda pernah membaca salah satu teknik meningkatkan secara optimal mesin pencari/SEO (Search Engine Optimization) yang pernah populer, yakni dengan meletakkan kata kunci yang terkenal pada nama domain, tapi hal ini sebaiknya jangan anda lakukan lagi bila anda belum berpengalaman, blog anda beresiko dieksekusi Google.

Bila anda ingin memasukkan kata kunci, sebaiknya jangan terlalu berlebihan sehingga justru menciptakan blog anda kurang ‘nge-hit’.

7. Jangan fokus harus mencari nama yang menarik

Kalau anda terpaku harus mencari nama yang menarik anda mungkin akan membuang banyak waktu. Karena ketika ini nama-nama yang keren hampir sudah dimiliki oleh orang lain.

Intinya yakni nama domain anda boleh terdengar keren tapi ini bukan suatu keharusan
.
Karena walaupun di awal domain anda tidak terlalu keren bahkan terdengar asing, pada hasilnya domain anda akan keren dan familiar juga seiring dengan semakin berkembangnya blog anda.

8. Sebaiknya jangan menggunakan angka dan simbol

Hal ini bergotong-royong tergantung selera anda. Ada yang beropini ini keren, tapi ada juga yang bilang jangan alasannya yakni terkesan kurang populer, namun semuanya kembali pada anda.

Bila memang harus menggunakan angka, pastikan angka tersebut mempunyai arti/cukup familiar bagi pengunjung. Misalnya Layarkaca21.com yang identik dengan bioskop 21

Contoh blog yang menggunakan angka antara lain yakni tutorial89.com

9. Memilih nama yang spesifik

Usahakan semoga nama domain anda cukup spesifik, khususnya bila anda ingin memasukkan kata kunci dalam domain blog anda. Misalnya PANDUANAGRIBISNIS.COM lebih spesifik daripada PANDUANBISNIS.COM, hal ini kalau blog anda memang menarget jenis spesifik.

10. Usahakan jangan menggunakan domain gratis 

Kalau anda memang 100% berniat terjun ke dunia blog maka saya sarankan untuk menentukan nama domain TLD terutama ekstensi .com

Memang anda sanggup menggunakan ekstensi gratis mirip blogspot.com tetapi hal ini sedikit mengurangi nilai keprofesionalan anda di mata pengunjung blog anda.

Anda sanggup mendapat domain TLD dengan harga murah berkisar antara 50.000 hingga 200.000 tergantung penyedia domain yang anda pilih. Manfaatkan event promo dan diskon untuk memperoleh potongan ketika membeli domain.

Sekarang sedang digalakkan promosi domain. ID di Indonesia, sebuah domain yang digagas pemerintah untuk kalangan masyarakat Indonesia, anda sanggup mendapat domain tersebut di penyedia domain mirip Niagahoster dan Rumahweb.

Tapi mohon diingat, ini saya sarankan untuk anda yang mempunyai dana lebih. Sebab, harga standar diluar promo domain .ID saja yakni sekitar Rp. 500.000 per tahun.

11. Memilih ekstensi yang tepat

Ekstensi domain yakni tipe domain, contohnya mirip .net, .com, .co.id, .id, dll.

Anda harus paham penggunaan jenis ekstensi domain yang berbeda-beda. Beberapa yang umum diantaranya :

  • .COM, untuk umum, komersil.
  • .NET, untuk penyedia layanan internet
  • .INFO, untuk penyedia informasi
  • .ORG, untuk organisasi
  • .CO.ID, untuk perusahaan di Indonesia (harus mempunyai CV/PT)
  • .SCH.ID, untuk sekolah di Indonesia
  • .GO.ID, untuk forum pemerintah
  • .MIL.ID, untuk militer
  • dll

Jangan hingga blog anda wacana blog tetapi menggunakan ekstensi SCH.ID untuk sekolah sehingga terasa kurang pas.

12. Gunakan situs penyedia nama domain

Seperti saya singgung pada salah satu poin di atas, kalau ketika ini anda sedang mencari nama domain yang “keren”, kemungkinan besar sudah dimiliki orang lain.

Nah, apabila anda masih kesulitan menemukan nama domain yang menarik, Anda sanggup menggunakan layanan beberapa situs untuk menciptakan nama domain. Situs-situs di bawah ini sanggup membantu anda mendapat banyak wangsit untuk nama domain blog anda.


13. Mengecek nama di situs Namecheckr

Sekarang yakni periode media sosial. Hampir tidak mungkin rasanya kalau ada orang yang menggunakan smartphone namun tidak menggunakan media sosial.

Contohnya blog saya ini termasuk “kecolongan”, alasannya yakni nama domain blog ini, ternyata mempunyai nama yang hampir sama dengan akun Twitter dan Youtube sudah dimilliki oleh orang lain. Bagi saya, ini bergotong-royong cukup mengkhawatirkan meskipun untuk nama blog atau website belum ada.

Makara sebaiknya anda pertimbangkan hal ini dengan cara menilik melalui website NameCheckr

Masukkan nama domain anda, kemudian pastikan nama domain anda belum ada yang menggunakan baik untuk blog maupun profil social media.

Mungkin ini akan sedikit merepotkan, namun dalam jangka panjang, pencegahan efeknya akan cukup bermanfaat bagi blog Anda.

Setelah anda pastikan nama domain anda belum dimiliki oleh orang, segeralah untuk mendaftar di social media ternama mirip Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, dan Youtube semoga nama domain anda tidak digunakan oleh orang lain sebagai profil social media mereka.

14.  Mengecek kepastian aturan nama domain

Poin ini sangat penting, alasannya yakni hubungannya dengan hukum. Salah langkah, Anda sanggup berurusan dengan hukum.

Periksa terlebih dahulu nama domain blog yang anda inginkan di website database merek dagang (trademark), contohnya seperti:

  • Dirjen Kekayaan Intelektual
  • USPTO.gov
  • WIPO
  • WIPO Indonesia
  • e-Status HKI

Untuk cek lebih gampangnya silahkan, buka Google.com dan coba cari nama domain anda. Bila belum ada, maka anda cukup beruntung sanggup menggunakan nama domain tersebut secara bebas.

15. Lebih cepat lebih baik

Tentukan nama dan beli domain segera. Bila anda kalah cepat dengan orang lain, maka domain keinginan anda sanggup diserobot orang lain.

Tips suplemen buat anda

- Coba cari gosip nama website orang lain

Anda sanggup mencari referensi beberapa nama website dengan memanfaatkan situs WHOIS yang digunakan untuk melihat gosip pemilik domain. Misalnya bila anda ingin mengetahui gosip nama/alamat/nomor kontak pemilik sebuah domain, anda sanggup menemukannya di situs Whois yang banyak tersedia di internet.

Di situs tersebut anda juga sanggup melindungi data anda semoga orang awam tidak sanggup menemukan data anda sebagai pemilik domain, Anda sanggup mengaktifkan layanan perlindungan WHOIS di daerah anda membeli domain.

- Jangan cuma tiru tapi modifikasi

Sebaiknya anda ciptakan nama blog anda sendiri.

Jika anda tetap ingin memalsukan nama blog atau merk orang lain, anda sanggup melaksanakan ATM, yaitu amati, tiru dan modifikasi.

15 langkah taktik di atas memang sedikit merepotkan. Namun saya pastikan ini hanya di awal saja.

Lebih baik repot sedikit di awal daripada anda kecewa di kemudian hari, kan?

Sebelum anda didahului oleh orang lain segera amankan nama domain kini juga. anda sanggup browsing di Google untuk suplemen referensi anda dan silahkan bertanya di kolom komentar kalau anda masih mengalami kesulitan.

PS: Jika anda suka atau merasa artikel wacana bagaimana cara menentukan nama domain ini bermanfaat, silahkan SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter dan Google+) yang kami sediakan.

Anda juga sanggup memperlihatkan komentar atau pertanyaan anda wacana isi artikel di cuilan komentar berikut ini. Hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi anda sehingga saya sanggup menciptakan artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih :)


0 Response to "15 Taktik Menentukan Nama Domain Yang Sempurna Untuk Blog Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...