loading...

11 Cara Mempercepat Loading Blog Untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

Memberikan pengalaman pembaca blog yang baik salah satunya dengan cara mempercepat loading blog. Kecepatan loading blog yang ringan waktu di buka pengunjung baik eksklusif dari url atau melalui hasil pencarian berpotensi akan mendatangkan traffik yang luar biasa bagi blog anda.

Namun sebaliknya bila blog terasa berat dan lamban dikala diakses, maka blog anda besar kemungkinan akan ditinggalkan pengunjung dan berpindah ke blog lain dengan topik yang sama.
Salah satu faktor yang sangat disarankan oleh Google ialah kecepatan loading. Mesin pencari sendiri dalam mengindex blog untuk masuk halaman pertama di samping melihat dari sisi penyajian konten berkualitas juga sangat memprioritaskan kecepatan loading blog yang cepat dan ringan dari semua kata kunci yang dicari.

Jadi, biar blog anda baik dimata pengunjung dan juga mesin pencari perhatikan sisi kecepatan blog anda dan tambahkan sedikit optimasi Seo On-Page dan Off-Page di dalamnya.
Memberikan pengalaman pembaca blog yang baik salah satunya dengan cara mempercepat loading 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

Cara Cek Kecepatan Loading Blog

Banyak alat yang sanggup digunakan untuk mengecek kecepatan loading blog. Ada beberapa tool gratis untuk mengecek kecepatan loading blog, diantaranya :

Pagespeed insight
Memberikan pengalaman pembaca blog yang baik salah satunya dengan cara mempercepat loading 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

Think with Google
Memberikan pengalaman pembaca blog yang baik salah satunya dengan cara mempercepat loading 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

GTMetrix
Memberikan pengalaman pembaca blog yang baik salah satunya dengan cara mempercepat loading 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

Saya sendiri sering memakai pagespeed insight untuk tes kecepatan blog saya. Tool gratis dari Google ini mempunyai tingkat akurasi yang baik dan disertai saran solusi perbaikan yang sanggup anda lakukan.

Silahkan cek loading blog anda dengan salah satu dari 3 tool gratis diatas kini juga. Apabila anda memakai pagespeed insight, lihat score dan indikator yang anda peroleh.

Untuk memulai, masukkan url blog anda dikotak yang disediakan, kemudian klik Analyze.
Pagespeed Insights sendiri mempunyai 2 sajian utama, yakni saran meningkatkan secara optimal untuk Mobile dan Desktop. Bagian Mobile mempunyai 2 sub-menu yaitu Speed dan User Experience, sedangkan serpihan Desktop terdapat sub-menu Suggestions Summary.

Di Pagespeed Insights ini ada 3 elemen utama yang sanggup kita meningkatkan secara optimal yaitu Image, Javascript dan CSS.

Jika score yang anda peroleh memperlihatkan indikator hijau berarti blog anda telah memenuhi standar kecepatan yang disarankan tetapi kalau memperlihatkan indikator warna merah atau kuning, anda wajib waspada. Itu berarti kerja loading blog anda masih lamban dan butuh perbaikan.

Pada artikel kali ini saya akan memberi panduan yang sanggup anda terapkan biar loading blog anda lebih ringan dan cepat.

Trik Membuat Loading Blog Ringan dan Cepat

Loading halaman blog yang cepat ( versi desktop dan mobile) sangat disukai oleh mesin pencari dan pengunjung.

Dimata search engine, blog dengan loading yang ringan mempunyai struktur yang simpel untuk dirayapi. Bagi pengunjung, kecepatan proses loading menciptakan mereka tidak menunggu usang alih-alih justru menekan tombol close (x).

Nah, berikut ini trik yang sanggup anda lakukan, untuk kepuasan pembaca blog anda.

1. Matikan CSS default dari Blogger
Caranya dengan mereset css bawaan blogger, silahkan masuk ke Edit HTML, kemudian cari kode  <b:skin><![CDATA[  kemudian ganti instruksi tersebut dengan instruksi dibawah ini
&lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;&lt;!-- /* <b:skin><![CDATA[

2. Mematikan Java script bawaan Blogger yang berada diatas header
Caranya masuk ke Edit HTML , temukan instruksi </head>  kemudian ganti dengan instruksi dibawah ini
&lt;!--</head>--&gt;&lt;/body&gt;

3. Mematikan Java script Bawaan Blogger yang ada di atas instruksi </body>
Caranya di Edit HTML, temukan instruksi </body>  dan ganti dengan instruksi dibawah ini
&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

4. Kode Jquery harus asinkron
Hampir di semua template blog terdapat instruksi script jquery.  Jquery ialah library Javascript multiplatform yang dirancang biar menyusun client-side script pada file HTML menjadi lebih mudah.

Dengan syntax jquery, para pengembang template lebih simpel dalam merancang banyak sekali plugin berbasis JavaScript. Plugin inilah yang digunakan untuk menyusun abstraksi menyerupai interaksi animasi, dan imbas yang kompleks dari banyak sekali widget yang sanggup dikonfigurasi.

Namun begitu, biar loading blog menjadi lebih ringan dan cepat penempatan instruksi jquery pada template haruslah dibarengi dengan instruksi asinkron.

Silahkan menuju ke edit HTML blog anda, cari instruksi ini:
< script src='//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.1/jquery.min.js'/>
Tambahkan instruksi asinkron (tulisan warna kuning) untuk menambah kecepatan loading blog sampai instruksi menjadi menyerupai di bawah ini.
<script async='true' src='//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.1/jquery.min.js'/>

5. Kompreslah gambar anda
Gambar ialah visualisasi pendukung dan penguat sebuah konten. Gambar pun perlu dioptimasi biar artikel sanggup muncul di halaman pertama.

Sebaiknya anda baca juga : Cara Optimasi Gambar Postingan Agar SEO Friendly Secara Otomatis

Tiap gambar mempunyai muatan file dan format yang berbeda. Perhatikan kedua hal tersebut dikala memasang gambar di artikel anda.

Makin besar ukuran file dan resolusinya, daya muat blog juga semakin berat dan menciptakan lamban. Maka perlu untuk mengkompres gambar biar ukuran file jadi lebih kecil.
.
Untuk caranya, silahkan baca di artikel saya : 2 Cara Kompress Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar Tampilan

6. Minimalkan html template 
Untuk membantu meringankan kerja loading, HTML template kalau memungkinkan perlu diperkecil ukurannya. Banyak situs yang memperlihatkan layanan gratis untuk merampingkan HTML, diantaranya ialah HTML Compressor.

Selain mudah, hasil kompresinya akan tetap mempertahankan instruksi script orisinil pada template anda. Mereka hanya membuang kode-kode yang tidak dibutuhkan.

Catatan: Sebelum melaksanakan kompress, back up dulu template anda

  1. Silahkan, buka HTML Compressor 
  2. Dari Edit HTML, tekan tombol ctrl+A kemudian copy dan pastekan html template anda pada kotak source di halaman HTML Compressor. Selanjutnya klik Compress. Tunggu beberapa saat. 
  3. Setelah muncul hasil kompres, pilih select all, kemudian pastekan ke halaman html template anda.
  4. Pratinjau template, kalau tidak terjadi persoalan klik save/simpan. 

Yang perlu digaribawahi, cara ini tidak sanggup diterapkan pada semua template, jadi cara ini mungkin saja tidak sanggup diterapkan pada template yang anda gunakan.

7. Cukup gunakan satu script instruksi asinkron iklan pada template (khusus blog Adsense) 
Tips ini khusus buat publisher Adsense. Iklan, termasuk iklan Adsense merupakan salah satu penyebab lambannya loading halaman blog.

Andai dalam satu blog terpasang beberapa iklan Adsense maka instruksi asinkron akan dibaca satu persatu. Hal ini sanggup memperlambat daya muat loading blog.

Tapi tenang, ada cara untuk mengatasinya. Silahkan baca panduan caranya:   Satu Script Kode Asinkron Adsense Untuk Mempercepat Loading Halaman Blog

8. Memodifikasi css bundle blogger 
Bagi anda yang mengecek speed loading blog lewat pagespeed insight, dan menerima indikator warna merah atau kuning, kemungkinan besar akan menerima peringatan ini “Eliminate renderblocking JavaScript and CSS in abovethe-fold content”.

Peringatan itu pertanda bahwa ada script di konten paruh atas pada template yang menghalangi proses render. Salah satu nya ialah css bundle blogger.

Cara mengatasinya mudah:

1. Cari instruksi <b:skin>….</b:skin> di Edit HTML anda kemudian letakkan instruksi di bawah ini sebelum instruksi <b:skin>.
&lt;style
type=&quot;text/css&quot;&gt;
&lt;!-- /*
2. Simpan template, dan coba cek kembali skor kecepatan blog anda.

9 . Memasang widget seperlunya 
Keberadaan widget sangat penting dalam navigasi blog guna mempermudah pengunjung menemukan konten anda.

Tapi terkadang seorang blogger terlalu asyik memasang widget disana-sini yang bergotong-royong tidak terlalu penting. Hal ini tentu saja akan memperlambat loading blog itu sendiri. Anda harus menentukan widget apa saja yang sebaiknya dipasang.

Utamakan widget yang berfungsi sebagai navigasi yang memudahkan pengunjung menemukan artikel yang ada di blog.

Setidaknya ada 4 widget yang berdasarkan saya wajib ada dalam blog yaitu popular post, recent post, label dan arsip. Diluar keempatnya, saya rasa tidak mutlak harus anda pasang.

Konon, keempat widget tadi juga termasuk salah satu syarat yang harus ada pada sebuah blog biar cepat diterima waktu didaftarkan ke Google Adsense.

10. Tampilkan widget hanya di salah satu halaman blog 
Untuk lebih mempercepat dan memperingan loading blog, anda sanggup menampilkan widget pada salah halaman. Contohnya pada blog saya ini recent post hanya tampil pada halaman postingan saja sedang popular post hanya tampil pada homepage saja.

Cara ini sangat efektif mengurangi loading blog sebab widget tidak harus diload semua setiap membuka salah satu halaman. Alasan lainnya pada homepage biasanya sudah tampil postingan-postingan terbaru pada halaman depan sehingga tidak perlu ditambahi lagi widget recent post pada sidebar homepage.

Untuk panduannya, silahkan baca : Cara Menampilkan Widget Hanya di Homepage atau Halaman Posting

11. Cukup tampilkan 4-5 postingan pada homepage blog
Jangan terlalu banyak menampilkan postingan pada halaman utama blog anda cukup 5 postingan saja. Semakin banyak postingan yang tampil semakin banyak pula yang akan diload sebelum tampilan halaman terbuka. Maka, biasanya template style magazine mempunyai speed yang lebih lambat dibanding template yang simpel.

Penutup

Ingat, kini ialah abad mobile dimana semua dituntut untuk cepat. Tidak terkecuali blog. Blog yang lamban, kemungkinan besar untuk ditinggalkan dan dilupakan.

Jangan kecewakan pengunjung anda hanya gara-gara blog super lambat. Jika ingin menarik banyak pengunjung blog, mulai terapkan trik-trik di atas. Buat loading halaman web anda sekencang mungkin.

Apakah kini loading blog anda sudah kencang? Tolong beritahu saya lewat kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "11 Cara Mempercepat Loading Blog Untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...