loading...

10 Cara Untuk Mendapat Lebih Banyak Komentar Di Blog Anda

Salah satu indikasi suatu blog menarik bagi banyak pengunjung sanggup dilihat dari banyak sedikitnya komentar pada konten blog tersebut. Semakin banyak jumlah pembaca yang berkomentar, maka semakin terkenal blog tersebut.

Meskipun komentar bukanlah satu-satunya indikasi kepopuleran sebuah situs, tetapi kalau kita lihat di situs-situs atau blog yang populer, hampir semuanya mempunyai jumlah komentar dari pembaca yang sangat banyak.

Dengan banyaknya komentar memperlihatkan antusias dari pengunjung terhadap artikel yang ditulis. Antusiasme pengunjung sanggup berarti mereka terkesan, tidak sependapat, galau dan ingin bertanya lebih lanjut atau menambahkan info yang mereka miliki.

Melalui kolom komentar, maka akan terjalin interaksi baik antara pemilik blog dengan pengunjung atau pengunjung satu dengan pengunjung lainnya. Inilah salah satu kelebihan blog yaitu bersifat interaktif.

Namun, tidak semua blog sanggup mendapatkan banyak komentar. Banyak juga blog yang tidak menarik pembaca untuk berkomentar di postingan blognya.

Lalu bagaimana semoga pembaca tertarik untuk meninggalkan komentar?

Salah satu indikasi suatu blog menarik bagi banyak pengunjung sanggup dilihat dari banyak sed 10 Cara Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Komentar di Blog Anda

10 cara untuk menarik lebih banyak komentar pembaca blog Anda

Berikut ini saya rangkum 10 cara untuk mendapatkan lebih banyak komentar yang sebagian sudah saya terapkan pada blog saya.

#1. Minta pembaca untuk berkomentar di blog Anda

Anda mungkin pernah dengar orang berkata :

Kalau Anda tidak minta, kapan Anda akan mendapatkannya ?
Sudah meminta saja belum tentu kita mendapatkannya

Pernyataan diatas juga pas diterapkan di dunia blogging.

Kalau Anda ingin pembaca memperlihatkan komentar di postingan blog Anda, cobalah untuk meminta mereka berkomentar. Ajak pembaca untuk mengembangkan komentar ihwal topik yang Anda tulis di postingan Anda.

Jika Anda memintanya dengan santun, percayalah pembaca artikel Anda niscaya tidak akan segan-segan untuk memperlihatkan komentar di blog Anda.

Catatan : Anda tidak harus mengajak pembaca memperlihatkan komentar dalam setiap postingan yang Anda buat. Cukup berikan undangan pada beberapa postingan yang paling banyak dibaca pengunjung blog Anda.

Anda sanggup menelusuri konten apa saja di blog Anda yang banyak dibaca melalui Webmaster/Search Console. Anda sanggup menambahkan kalimat undangan berkomentar ibarat ini : “Bagaimana berdasarkan Anda? Suatu kehormatan bagi saya bila Anda mau mengembangkan pendapat disini di kolom komentar yang tersedia.”

#2. Ajukan pertanyaan untuk pembaca blog Anda

Memberikan pertanyaan kepada pembaca blog merupakan salah satu cara paling efisien untuk menjaring komentar di blog Anda. Ajukan pertanyaan sesuai dengan topik bahasan artikel Anda dan dengan bahasa yang santun.

Jangan patah semangat apabila Anda tidak mendapat tanggapn ibarat yang Anda inginkan. Setidaknya dengan adanya pertanyaan dari Anda, pembaca tahu bahwa Anda ingin berinteraksi lebih akrab lagi dengan pembaca.

Catatan : Ajukan pertanyaan yang sederhana saja sehingga semua pembaca Anda tahu jawabannya tanpa perlu mencari sumber acuan lain. Ingat, pertanyaan ini hanya untuk memancing visitor berkomentar bukan pertanyaan untuk kuis berhadiah.

Anda sanggup mengajukan pertanyaan seputar blog Anda, contohnya olok-olokan pertanyaan: “Apa alasan Anda membaca artikel di Panduaneka.com?”

#3. Jangan dipersulit pembaca untuk berkomentar

Sewaktu saya berkunjung ke beberapa blog, ketika akan meninggalkan komentar tidak jarang saya jumpai di kolom komentarnya yang mengharuskan mengisi password atau captcha.

Hal ini mungkin dimaksudkan oleh pemilik blog untuk mengurangi spam lewat komentar blog, tetapi bagi saya langsung hal tersebut menciptakan saya menjadi enggan untuk memperlihatkan komentar di blog tersebut alasannya ribet. Bahkan saya pernah menjumpai sebuah blog yang mengharuskan untuk login terlebih dahulu hanya untuk berkomentar

Jika Anda ingin mendapatkan komentar dari pembaca Anda, lebih baik bila Anda memperlihatkan fasilitas bagi pembaca untuk berkomentar di blog Anda. Sebaiknya hilangkan fitur captcha, password atau metode lainnya yang hanya menciptakan pembaca blog Anda enggan memberi komentar.

Catatan : Di blog saya ini, Anda sanggup meninggalkan komentar dengan gampang tanpa harus memasukkan aba-aba huruf, captcha atau password apapun.

#4. Berikan feedback (komentar balasan) secepat mungkin

Saat pembaca blog memperlihatkan komentar di blog Anda, sebetulnya mereka ingin berinteraksi dengan Anda maupun dengan pembaca blog yang lain. Balaslah komentar-komentar di blog Anda sesegera mungkin.

Hal ini bertujuan semoga pembaca merasa komentar mereka mendapat respon dan dihargai oleh Anda. Di samping itu dengan membalas komentar sesegera mungkin juga semoga nantinya Anda tidak kerepotan ketika mendapati jumlah komentar di blog Anda ternyata sudah sangat banyak.

Catatan : Saya selalu berusaha dan mengupayakan untuk membalas komentar yang diberikan oleh pembaca blog ini. Ternyata hasilnya sangat baik, lambat laun komentar di blog ini meningkat jumlahnya.

#5. Berikan imbalan/insentif untuk setiap komentar di blog Anda

Memberikan imbalan bagi pembaca yang berkomentar di blog sanggup menjadi salah satu cara yang cukup berhasil untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda. Imbalan disini tidak berarti harus berbentuk bahan dan imbalan yang diberikan tidak harus yang mahal.

Imbalan yang sanggup Anda berikan contohnya dengan memperlihatkan do-follow backlink, kunjungan dan komentar balik atau hadiah ebook gratis. Yang penting yakni itikad baik Anda untuk memperlihatkan suatu bentuk apresiasi kepada pembaca blog Anda yang telah berkomentar.

Catatan : Di blog ini saya mencantumkan kunjungan balik kepada tiap situs yang pemiliknya memperlihatkan komentar di blog ini. Ke depan saya mentargetkan untuk memperlihatkan ebook gratis atau sejenisnya kepada pembaca yang berkomentar.

#6. Buatlah artikel dengan gaya santun

Sebenarnya ini hanya duduk kasus tenggang rasa dan rasa saling menghargai antara penulis dan pembacanya.

Gaya menulis yang santun terutama dalam tata bahasanya sedikit banyak sanggup memperlihatkan sugesti dan efek kepada pembaca untuk merasa dihargai dan tidak jarang mereka akan sukarela memperlihatkan komentar meskipun itu hanya sekedar ucapan terima kasih atas info yang telah diberikan oleh sang penulis

Catatan : Saya selalu berusaha dalam setiap pembuatan konten atau membalas komentar untuk menulisnya dengan santun, meskipun tentu saja evaluasi terhadap gaya penulisan seseorang sanggup berbeda-beda.

#7. Pancing rasa ingin tau pembaca

Cara lain untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog yakni dengan menciptakan artikel menggantung alias open-ended yang memancing rasa keingin tahuan pembaca.

Artikel jenis ini seperti tanpa kesimpulan dan masih menyisakan tanda tanya atau teka-teki yang belum terjawab. Sehingga pembaca ingin tau dan karenanya terpaksa bertanya di bab kolom komentar.

Namun, sebaiknya cara ini tidak Anda gunakan dalam semua postingan alasannya pembaca suatu ketika akan merasa bosan dan murka juga bila mereka setiap membaca artikel Anda selalu digantung tanpa adanya kepastian jawaban.

Catatan : Terus terperinci saya belum pernah mencoba memakai cara ini, tapi kalau Anda mau mencobanya silahkan saja dan bila berkenan hasilnya silahkan Anda laporkan di kolom komentar di blog ini.

#8. Berikan teladan komentar yang positif

Anda yakni cerminan bagaimana susila berkomentar di blog Anda sendiri.

Apabila Anda terbiasa membalas komentar dengan kesan negatif, tidak sopan, hirau tak hirau dan sekedarnya, maka susila itulah yang nantinya diikuti oleh pembaca blog Anda. Tapi sebaliknya, bila Anda selalu membalas komentar dengan tanggapan positif, penuh respek, santun dan rendah hati, maka susila itulah yang akan dipakai pembaca blog Anda.

Catatan : Dalam blog ini saya usahakan untuk membangun susila berkomentar yang baik, saling respek dan saling menghargai. Untuk itulah saya pergunakan moderasi untuk memfilter setiap komentar yang masuk semoga komentar yang dipublish benar-benar memberi imbas positif bagi saya dan juga bagi pembaca lainnya. 

#9. Buatlah kontes komentar terbanyak dan terbaik

Cara ini merupakan alternatif yang sanggup Anda lakukan bila cara-cara diatas kurang memperlihatkan hasil. Dengan mengadakan kontes komentar terbanyak dan terbaik dengan hadiah yang cukup menarik, maka pengunjung niscaya akan terduyun-duyun memperlihatkan komentar di blog Anda.

Untuk sanggup melaksanakan cara ini, tentu saja Anda harus mempunyai budget ekstra untuk memperlihatkan hadiah bagi pemenang kontes yang Anda adakan.

Agar evaluasi obyektif, sebaiknya Anda libatkan pembaca untuk menilai dan menentukan komentar terbaik dengan sistem polling.

Mengapa kontesnya harus kategori terbanyak dan terbaik ?

Karena kalau hanya terbanyak ujung-ujungnya hanya komentar spam yang didapatkan, sedangkan kalau hanya terbaik mungkin hanya sedikit komentar yang akan Anda dapatkan. Kaprikornus saran saya gabungkan dua kategori sekaligus : terbanyak dan terbaik

Catatan : Terus terperinci saya juga belum pernah menerapkan cara ini. Namun bukan tidak mungkin, suatu ketika nanti saya akan mengadakan kontes komentar terbaik di blog ini.

#10. Sering berkomentar di blog lain

Sering-seringlah untuk berkunjung dan berkomentar di blog orang lain, apalagi bila blog Anda masih gres dan mempunyai komentar yang masih sedikit.

Perkenalkan blog Anda dengan jalan blogwalking dan meninggalkan komentar ke situs-situs lain yang mempunyai topik sama dengan blog Anda.

Dengan jalan ini, percayalah lambat laun blog Anda niscaya akan mendapat komentar yang banyak.

Hukum timbal balik berlaku disini. Anda memberi, suatu ketika Anda akan menerima

Catatan : Meskipun tidak setiap hari, saya juga selalu menyempatkan diri melaksanakan blogwalking dan berkomentar kurang lebih di 10 blog yang berbeda.

Meskipun ketika ini mungkin blog Anda masih jarang yang berkomentar, tetapi bukan berarti blog Anda jelek. Kenyataannya blog-blog paling terkenal ketika ini sebetulnya hanya menarik paling banyak 1 persen dari seluruh pembacanya untuk berkomentar.

Jika Anda sabar dan konsisten menerapkan cara-cara diatas, yakinlah bahwa Anda ketika ini sedang membangun sebuah blog yang tidak hanya akan menarik lebih banyak komentar, namun juga akan membangun sebuah ikatan komunitas antara Anda dan pembaca blog Anda.

Ke-10 cara diatas hanyalah sekedar share beberapa cara yang pernah saya lakukan mengenai bagaimana cara mendapatkan lebih banyak komentar di blog.

Bagaimana berdasarkan Anda?

Apakah Anda mempunyai cara-cara lain yang lebih manis untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda?

Kalau Anda punya cara lain yang lebih manis atau hanya ingin sekedar mengembangkan info ihwal duduk kasus ini silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar yang tersedia.

Suatu kehormatan bagi saya, bila Anda mau membagikannya dengan saya dan pembaca blog ini.

Terima kasih atas atensi dan waktunya untuk membaca artikel ini hingga selesai

0 Response to "10 Cara Untuk Mendapat Lebih Banyak Komentar Di Blog Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...