loading...

10 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Untuk Memperoleh Laba Maksimal

Perkembangan jaman selalu menuntut adanya perubahan, begitu juga dengan bisnis. Dulu untuk menjual produk kita hanya bisa menjalankannya dengan offline alias dunia nyata, tetapi dengan adanya internet semuanya berubah. Sekarang kita bisa menggunakan taktik bisnis online untuk meningkatkan omset bisnis.

Ya kuncinya ialah internet, siapa yang tidak kenal dengan internet, di kala globalisasi ini semua hampir semua orang setiap hari bersentuhan dengan internet.

Tidak usah jauh-jauh, saya atau mungkin anda bangkit tidur saja sudah pegang smartphone baik itu hanya untuk cek email, update status atau cuma lihat isu terkini.

Seiring dengan pesatnya perkembangan jaman ini tentunya semua orang sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya internet sebagai media online.

Internet selain dipakai sebagai media hiburan, internet juga merupakan media bagi kita untuk mencari banyak sekali informasi yang berasal dari seluruh dunia, mulai dari bisnis, berita, animasi hingga jejaring sosial ibarat facebook, twitter dan google plus.

Ibaratnya apapun yang kita cari semua tersedia di internet.

Oleh lantaran itu kini banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan media internet untuk menjalankan bisnis mereka, supaya bisnis dan produk mereka sanggup dikenal masyarakat lebih luas dengan biaya yang lebih murah dan lebih efisien.

Perkembangan jaman selalu menuntut adanya perubahan 10 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Untuk Memperoleh Keuntungan Maksimal

Strategi bisnis online untuk meningkatkan omset bisnis anda

Untuk anda yang mulai terjun di bisnis online ini, baik itu berjualan secara online, menjadi publisher dan lain sebagainya dibutuhkan beberapa taktik bisnis online yang sempurna supaya tidak keliru dalam cara memasarkan dan membidik market untuk produk kita nantinya.

Berikut ini beberapa taktik bisnis online yang gampang dilakukan untuk meningkatkan omset bisnis anda melalui jaringan internet.

1. Tingkatkan pengetahuan anda


Karena anda akan menjalankan bisnis online, ada baiknya bagi anda untuk menambah pengetahuan bagaimana menjalankan dan mengelola bisnis online tersebut mulai dari pengenalan internet hingga cara berpromosi dan menjual produk anda, ikutilah pelatihan, seminar dan workshop-workshop baik offline maupun online yang berafiliasi dengan bisnis online.

Kalau anda merasa kesulitan untuk mengikuti pelatihan, andapun bisa mencar ilmu secara belajar sendiri melalui internet dengan mencari materi informasi seputar bisnis online. Hal ini akan lebih meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anda.

2. Fokus pada bidang anda


Jika anda ialah seorang yang bergerak pada bidang supplier atau produsen dari suatu produk fokuslah pada bidang anda tersebut. Anda bisa mencari reseller atau mereka yang mempunyai situs/komunitas yang bisa menjadi jalur distribusi produk anda di internet.

Anda juga tidak harus untuk menciptakan web atau situs e-commerce sendiri kalau budget dan kemampuan anda di bidang tersebut minim, anda bisa bekerja sama dengan situs-situs penyedia jasa jual beli ibarat bukalapak, tokopedia, Olx dan evoucher.

Contohnya anda bisa bekerja sama dengan evoucher dengan mendaftar ke situs resminya www.evoucher.co.id.

Di situs tersebut anda cukup melisting produk anda kemudian pihak evoucher yang akan menjualkan produk/jasa anda di internet. Anda cukup memperlihatkan penawaran terbaik produk anda, maka customer akan tiba kepada anda.

3. Bergabung dengan komunitas di internet


Anda mungkin sudah tidak absurd dengan namanya komunitas di banyak sekali social media, ibarat di facebook atau google plus. 

Ada banyak sekali komunitas yang tersebar di internet, ibarat komunitas pecinta pakaian, pecinta otomotif, penghobi olahraga, penghobi masakan dan lain sebagainya.

Cari dan bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan jenis bisnis anda. Setelah itu lakukan promosi. Anda harus berani menampilkan produk anda kepada anggota komunitas tersebut.

Buatlah promosi dan penawaran produk yang baik. Jangan melaksanakan promosi secara membabi buta di komunitas yang anda ikuti lantaran bisa dianggap spam dan kemudian anda dibanned oleh komunitas tersebut.

Semakin banyak yang mengenal produk anda, semakin banyak pula kemungkinan anda mendapat customer. Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang-orang yang anda temui di dunia maya tersebut sehingga tercipta kepercayaan. 

Dengan anda bergabung dengan beberapa komunitas maka peluang untuk meningkatkan omset bisnis anda semakin terbuka lebar lantaran produk bisnis anda semakin dikenal luas para pengguna internet di seluruh dunia

Ada satu hal lagi, anda mesti pengikuti peraturan yang ada di komunitas tersebut jangan sekali-kali anda melanggarnya.

4. Lakukan temu pribadi dengan anggota komunitas


Setelah anda bergabung dan melaksanakan promosi di komunitas, anda juga bisa mengikuti program temu pribadi anggota komunitas yang diadakan oleh mereka istilahnya kopdar (kopi darat), yaitu pertemuan para anggota komunitas di suatu tempat.

Dengan mengikuti kopdar anda akan lebih mengenal mereka dan bisa meminta evaluasi mereka terhadap produk yang anda tawarkan.

5. Perbanyak teman dan selalu update di social media


Social media ketika ini mempunyai peranan penting dalam bisnis, usahakan untuk memperbanyak teman dan selalu update status baik itu lewat facebook, twitter dan lain sebagainya sehingga terkesan anda ialah seorang yang aktif dan hal ini menciptakan anda semakin dikenal di social media.

6. Perbarui data situs/blog anda secara berkala


Sangat saya sarankan anda untuk mempunyai sebuah blog untuk bisnis anda lantaran anda bisa mendisplay banyak sekali produk anda dalam satu media sehingga akan memudahkan calon pembeli anda untuk mencari informasi ihwal produk anda tentunya hal ini bisa mendongkrak omset bisnis anda kalau blog dikelola dengan baik.

Kalau anda sudah mempunyai situs atau blog, sangat penting untuk memperbarui situs/blog anda tersebut.

Bisa seminggu sekali atau dua ahad sekali. Jangan hingga sebulan sekali. Terlalu lama, maka calon pembeli bisa jadi tidak tertarik untuk kembali mengunjungi situs anda.

Pasalnya, pengunjung harus terus mendapat proposal dan informasi terbaru dari toko anda.
Update tidak harus dalam bentuk besar-besaran. Hanya dengan menambahkan satu jenis barang gres sudah cukup.

Setiap perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran dan pengiriman barang harus diinformasikan dalam situs.

7. Miliki cukup produk dan foto barang


Memulai bisnis tidak harus dengan stok barang yang melimpah. Namun pastikan bahwa jumlahnya cukup, minimal untuk 5 kali update.

Jangan menampilkan semua produk sekaligus tapi sanggup anda bagi dalam beberapa kali update sehingga anda tetap bisa update barang meski produk anda belum terlalu banyak yang terjual.

Demikian juga dengan foto produk, cicillah foto produk-produk itu sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk terus berkarya dan menampilkan kreasi gres untuk produk anda.

8. Tampilkan deskripsi dan foto terbaik produk anda


Karena anda menjalankan bisnis online dimana calon pembeli tidak bisa melihat pribadi barang yang anda tawarkan, maka deskripsi dan foto produk menjadi sangat penting untuk anda perhatikan.

Deskripsi dan foto produk yang kurang menarik akan menciptakan calon pembeli tidak terpuaskan keingintahuannya ihwal produk anda atau malah jadi tidak tertarik lantaran menganggap barangnya biasa saja.

Fotolah produk anda dari banyak sekali sudut dan jarak.

Sediakan juga deskripsi dan foto versi mendetailnya supaya calon pembeli bisa mengetahui dengan pasti rupa barangnya. Kalau perlu berikan ornamen yang menarik pada produk anda sehingga akan menambah nilai jual produk tersebut.

9. Berikan nilai tambah produk anda


Dalam dunia bisnis sangat sulit kalau kita ingin menciptakan produk yang sama sekali berbeda atau bahkan belum ada sebelumnya.

Makara anda jangan fokus mencari sesuatu yang belum ada tetapi anda kembangkan produk yang sudah ada menjadi sesuatu yang berbeda.

Misalnya, anda boleh saja menjual pakaian sama ibarat yang lain, tapi tentu bisnis anda jadi tidak istimewakan ?

Tetapi kalau anda menjual pakaian khusus ukuran besar dengan motif-motif unik yang bisa menciptakan yang menggunakan pakaian terlihat menjadi langsing dan ditambah dengan delivery order bagi pembeli, maka bisnis anda bisa dikatakan berbeda dari yang lain.

Temukanlah keunikan dalam setiap jenis bisnis yang anda jalankan. Pemberian diskon dan pelayanan yang memuaskan juga bisa dijadikan nilai tambah produk anda. 

Dengan memberi nilai tambah dan keunikan pada produk bisnis anda, pasti akan sanggup mengikat calon pembeli anda dalam jangka panjang yang tentunya bisa meningkatkan omset bisnis anda secara kontinue.

10. Beri kejutan dan penawaran khusus


Untuk lebih mengikat konsumen dan pelanggan produk, kita harus sesekali harus memperlihatkan kejutan maupun penawaran khusus kepada konsumen kita.

Misalnya dengan memperlihatkan diskon khusus atau memperlihatkan suatu produk apabila konsumen dan pelanggan kita membeli produk kita dalam jumlah tertentu.

Hal ini akan menciptakan konsumen dan pelanggan anda merasa lebih diprioritaskan dan diperhatikan.

Sebagai kesimpulan goresan pena sederhana ini, saya sajikan infografis bagaimana cara meningkatkan omset pendapatan bisnis yang layak anda coba terapkan pada bisnis anda.

Perkembangan jaman selalu menuntut adanya perubahan 10 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Untuk Memperoleh Keuntungan Maksimal


Demikian beberapa taktik bisnis online yang bisa diterapkan untuk meningkatkan omset dalam bisnis anda. Saat ini bisnis online merupakan jembatan yang paling gampang dan paling murah yang sanggup menciptakan omset bisnis anda melesat dengan cepat.

PS : Jika anda suka dan ingin membuatkan artikel ini, silahkan SHARE kepada teman dan teman anda melalui tombol sosial media (Facebook, Twitter maupun Google plus) yang tersedia di bawah ini.

Anda juga bisa berpartisipasi dengan memperlihatkan komentar mengenai artikel ini melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Terima kasih

0 Response to "10 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Untuk Memperoleh Laba Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...