loading...

10 Cara Menciptakan Artikel Disukai Google Dan Pembaca

Sebenarnya sudah bukan belakang layar lagi, kalau menjadi seorang blogger, kita sanggup mendapat uang dari blog dalam jumlah besar. Sehingga kalau kita perhatikan, hingga ketika ini terus bermunculan blogger-blogger gres yang mencoba peruntungan di dunia blogging baik memakai platform Blogger atau Wordpress.

Meskipun alasan tiap blogger sanggup berbeda-beda tetapi hampir sebagian besar alasan mereka terjun ke dunia blogging sebab memang faktor penghasilan yang besar. Banyaknya blogger-blogger sukses tentunya sanggup memperlihatkan evaluasi positif terhadap profesi blogger yang selama ini masih dianggap sebelah mata di kalangan masyarakat dan menjadi sebuah profesi yang sanggup ditekuni.

Di samping faktor penghasilan yang besar, ada beberapa laba menjadi blogger yang sanggup kita dapatkan, antara lain :
  • Lebih terampil dalam menulis
  • Menjadi gemar membaca
  • Memiliki jaringan yang luas
  • Wawasan menjadi berkembang
  • Lebih memahami bahasa pemrogaman dan coding
Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dan laba menjadi seorang blogger, silahkan baca 12+1 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger, dari Hobi hingga Menghasilkan Uang

Seperti yang saya utarakan di atas, fenomena munculnya blogger-blogger gres ini di satu sisi cukup baik bagi perkembangan profesi blogger yang mulai dilirik sebagai sebuah profesi yang menjanjikan tetapi pada sisi lain tentunya menciptakan persaingan antar blogger juga menjadi semakin ketat.

Banyak blogger yang berlomba-lomba ingin menjadi publisher Adsense dan berharap mulai mendapat uang dari blog.

Dan sebagai search engine nomor satu dan pemilik Adsense, pastinya Google tahu akan hal ini.

Google mulai menerapkan standar tinggi bagi para blogger yang ingin menjadi mitranya. Oleh sebab itu, dari tahun ke tahun Google terus memperbarui algoritmanya semoga konten yang disajikan benar-benar sesuai dengan apa yang dicari penggunanya.

Untuk mendapat peringkat yang tinggi dan masuk halaman pertama google, mau tidak mau Anda harus bersaing dengan blogger lain.

Ingat, setiap Anda publish artikel gres pada waktu yang sama puluhan bahkan ribuan artikel juga dipublish oleh teman-teman blogger yang lain.

Anda pasti sering mendengar istilah ini
Blog yaitu konten. Konten yaitu raja

Ya, Anda harus memperhatikan konten yang Anda buat semoga sanggup bersaing di SERP.

Tidak sanggup dipungkiri dari sisi SEO ketika ini kualitas konten menjadi faktor penting untuk sanggup bersaing di mesin pencari. Anda tidak sanggup lagi hanya mengandalkan backlink sebagai faktor utama peringkat mesin pencari yang semakin kesini semakin dikurangi peranannya oleh google.

Konten Anda harus sanggup disukai oleh google terlebih dahulu kalau ingin konten Anda masuk halaman pertama google

Lantas, bagaimana cara menciptakan artikel yang disukai oleh Google itu ? Berikut ulasannya
 kita sanggup mendapat uang dari blog dalam jumlah besar 10 Cara Membuat Artikel Disukai Google dan Pembaca

10 Cara menciptakan artikel yang disukai oleh Google

Langsung saja di sini saya ingin menyebarkan beberapa meningkatkan secara optimal yang perlu Anda lakukan untuk menciptakan artikel di blog Anda lebih disukai google dan menjadi SEO friendly untuk mendapat peringkat yang manis di SERP

1. Sisipkan keyword pada judul artikel

Dari sisi pembaca, untuk menarik minat visitor semoga mau membaca konten tentunya Anda harus menciptakan judul yang menarik. Judul yaitu gerbang dimana pembaca akan membaca atau tidak artikel Anda.

Dari sisi SEO semoga konten Anda lebih gampang ditemukan dan dirayapi oleh robot pencari sanggup dilakukan dengan meletakan keyword pada judul artikel. Sebaiknya letakkan keyword pada cuilan depan atau awal kalimat pada judul artikel.

2. Gunakan keyword pada permalink/URL

Salah satu teknik optimasi SEO on page yang penting untuk diperhatikan yaitu penggunaan permalink. Usahakan untuk meletakan keyword Anda pada permalink.

Untuk hal ini Anda tidak perlu terlalu galau sebab biasanya platform blog sudah menyesuaikan permalink secara otomatis sesuai judul artikel. Meskipun begitu Anda sanggup menyesuaikannya sendiri dengan memakai custom url sewaktu menciptakan konten.


Untuk lebih jelasnya mengenai permalink, Anda sanggup membacanya di Mengenal Istilah Permalink dan Cara Membuatnya SEO Friendly

3. Letakkan keyword pada deskripsi penelusuran

Satu hal yang terkadang dilupakan teman-teman blogger yaitu meletakkan keyword pada deskripsi penelusuran.

Mungkin hal ini tidak besar lengan berkuasa banyak tapi meletakkan keyword pada deskripsi penelusuran sanggup membantu meningkatkan CTR atau rasio klik-tayang blog Anda pada mesin pencari.

Untuk meletakkan keyword pada deskripsi penelusuran Anda harus mengaktifkan dahulu meta description.

Caranya cukup gampang :
  • Silahkan masuh ke dasboard akun Blogger Anda
  • Pilih Search Preferences/Preferensi Penelurusan
  • Masuk ke Menu Meta tags dan pilih Yes 
  • Kemudian isi kolom yang tersedia dengan deskripsi blog Anda maksimal 150 kata.
  • Kemudian klik Save

4. Letakkan keyword pada paragraf pertama atau 100 kata pertama dalam artikel

Berapa banyak keyword density atau jumlah kata kunci dalam suatu post sesungguhnya masih simpang siur ada yang menyampaikan perlu ada yang tidak, tetapi berdasarkan saya yang paling penting yaitu keyword harus muncul minimal pada 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal keyword muncul akan semakin bagus.

5. Artikel lebih panjang lebih bagus

Panjang artikel sebaiknya mencapai 500 kata atau lebih banyak. Google menyukai artikel yang panjang dan diulas secara mendetail. Namun jangan asal panjang saja, tetapi juga harus memperlihatkan informasi yang padat.

Kalau memang topik yang Anda buat memang cukup diulas secara singkat, maka jangan dipanjang-panjangkan tanpa memperlihatkan informasi yang memadai. Hal tersebut hanya akan menciptakan pembaca Anda kecewa dan alhasil meninggalkan blog Anda

6. Pasang gambar yang relavan

Disamping konten yang relevan, google juga lebih menyukai konten yang dilengkapi dengan visual menyerupai gambar. Kaprikornus sebisa mungkin dalam pembuatan artikel usahakan untuk memuat minimal 1 gambar yang relevan. Sebenarnya tidak hanya google saja yang menyukai konten dengan gambar, pengunjung pun demikian.

Pembaca akan lebih tertarik dengan tampilan gambar terlebih dahulu apalagi kalau gambar tersebut memperkaya dan menambah informasi dari konten yang disajikan, menyerupai dalam bentuk infografis, atau foto positif suatu peristiwa.

Namun, dalam pemasangan gambar ini, hal paling penting yang dihentikan dilupakan yaitu memasang ALT Atribut semoga gambar lebih SEO Friendly dimata google.


Untuk meningkatkan secara optimal gambar dalam postingan, Anda sanggup membaca selengkapnya dalam artikel Cara Optimasi Gambar Postingan semoga SEO Friendly secara Otomatis

7. Pasang video yang relevan

Sama menyerupai memasang gambar, memasang video juga sesungguhnya bukan suatu keharusan, tetapi kalau ada video relevan yang dipasang di konten tersebut, maka akan memperlihatkan nilai tambah lebih pada artikel Anda.

Terlebih kalau Anda memasang video dari Channel Youtube Anda sendiri, tentunya Anda akan mendapat laba ganda. Anda sanggup mempromosikan video Anda di blog Anda, maka hasilnya akan lebih maksimal apalagi buat Anda Publisher Adsense.

8. Gunakan bullet point atau tabel

Jika artikel Anda memuat daftar sesuatu maka lebih baik divisualisasikan dengan memakai bullet point atau tabel daripada memakai text biasa. Karena robot mesin akan gampang merayapi dan mengganggap itu merupakan sebuah hal yang penting. Di samping itu, pembaca akan lebih gampang membaca dan memahami maksud dari daftar tersebut

9. Pasang internal link

Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel saya wacana backlink, internal link atau memasang link ke artikel lain yang relevan di blog kita merupakan hal yang cukup penting sebab sanggup membantu mesin pencari merayapi konten-konten di blog kita dan juga memudahkan pembaca menjelajahi isi blog kita.

10. Pasang juga external link

Meskipun ada beberapa blogger yang beropini memasang link keluar akan mengurangi kualitas artikel, tetapi berdasarkan saya justru akan menambah bobot artikel kita. Memasang link keluar sanggup menambah bobot nilai artikel kita, dengan syarat :
  • Link keluar yang dipasang harus relavan
  • Menggunakan atribut nofollow
  • Jangan memakai keyword sasaran sebagai anchor text
  • Memasang link ke blog/situs otoritas (contoh: Wikipedia)
Dengan memakai 10 cara di atas tentunya kita berharap konten kita akan disukai oleh Google dan sanggup menembus pageone search engine.

Namun, yang perlu diingat

Disukai Google itu bagus, tapi disukai oleh pembaca yaitu nomor satu.

Sekarang google sangat memperhatikan faktor UX (user experience) dalam menilai sebuah konten.
Tetapi, masih ada saja teman-teman blogger yang berusaha menciptakan artikel mereka semoga disukai oleh google, namun melupakan tujuan utama kenapa kita menciptakan artikel, yaitu untuk dibaca orang.

Kaprikornus buat Anda yang ingin artikelnya disukai oleh google, sebaiknya terlebih dahulu membuat artikel yang berkualitas dan disukai pembaca. Buatlah artikel yang berkualitas, lezat dibaca, dan diperlukan pembaca Anda.

Bagaimana cara menciptakan konten berkualitas itu ? Anda sanggup memulainya dengan mengenal jenis-jenis konten potensial bagi pembaca sebelum menciptakan artikel.

Kesimpulan

Membuat artikel yang disukai oleh google kalau boleh saya bilang sesungguhnya bukan hal yang sulit. Kalau artikel Anda disukai pembaca, pasti juga akan disukai Google.

Untuk melihat seberapa besar artikel yang Anda buat disukai orang, Anda sanggup mencoba untuk mempromosikan artikel blog di media umum atau tempat-tempat lain semoga semakin banyak yang membacanya.

Kalau ternyata artikel Anda dibaca dan dishare oleh banyak orang, berarti artikel Anda disukai pembaca dan Anda harus rajin menciptakan artikel serupa semoga blog Anda semakin dikenal.

Demikian sedikit ulasan mengenai tips menciptakan artikel yang disukai Google, semoga bermanfaat untuk Anda.

Jika ada komplemen informasi terkait artikel ini, silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

0 Response to "10 Cara Menciptakan Artikel Disukai Google Dan Pembaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...